Taman

Taman Benyamin Sueb, Destinasi Cagar Budaya Di Jakarta

Taman Benyamin Sueb

Taman Benyamin Sueb - foto ig @mustika_organization

Taman Benyamin Sueb – Bagi Anda Yang Tinggal Di Jakarta, Pasti Anda Tidak Asing Lagi Dengan Sebuah Taman Yang Cukup Terkenal Seperti Taman Langsat, Taman Cattelya, Taman Menteng, Taman Kodok Atau Taman Senopati.

Nah Kota Jakarta Memiliki Sebuah Taman Baru Yang Cukup Unik Dan Khas Yang Juga Baru Diresmikan Tahun 2019 Silam Yang Bernama Taman Benyamin Sueb.

Tentang Benyamin Sueb

Benyamin Sueb

Benyamin Sueb – foto ig @oretoretclement

Sekedar informasi bahwa Benyamin Sueb merupakah seorang artis yang sangat terkenal di masanya. Banyak film yang dibintangi oleh beliau dan berhasil mendulang kesuksesan sehingga melambungkan nama beliau.

Almarhum Benyamin Sueb lahir pada tahun 1939 dan wafat di tahu 1995. Beliau juga terkenal sebagi pribadi yang selalu memperkenalkan budaya betawi.

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa sebenarnya beliau memiliki sebuah mimpi. Mimpi tersebut adalah untuk membangun sebuah tempat yang nanti akan digunakan sebagai wadah kreatifitas bagi para seniman betawi.

Beliau berharap tempat tersebut nanti bisa berperan sebagai sarana untuk memperkenalkan dan memperkenalkan budaya betawi ke seluruh Indonesia.

Dengan begitu, budaya betawi akan terus ada dan terjaga sehingga tidak akan pernah menghilang dari Indonesia. Meskipun Pada akhirnya cita-cita dari almarhum Benyamin Sueb bisa terwujud.

Baca juga :

Taman Benyamin Sueb

Taman Benyamin Sueb – foto ig @mustika_organization

Tempat untuk mengembangkan dan memperkenalkan budaya betawi tersebut berupa sebuah taman yang disebut sebagai Taman Benyamin Sueb.

Taman Benyamin Sueb diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan pada 22 September 2019.

Ketika pertama kali diresmikan, Taman Benyamin Sueb langsung mendapat banyak respon positif dari masyarakat, terutama mereka yang memang sudah mengidolakan sosok Benyamin Sueb.

Jadi, ketika tempat ini sudah dibuka sebagai lokasi wisata, banyak wisatawan yang langsung datang ke sini karena mereka ingin mengenang seperti apa sosok Benyamin Sueb.

Keindahan Taman Benyamin Sueb

Keindahan Taman Benyamin Sueb

Keindahan Taman Benyamin Sueb. foto: new.detik.comTamad

Perlu anda tahu bahwa Taman Benyamin Sueb sebenarnya digunakan sebagai wadah bagi para seniman, pusat informasi seni dan budaya, serta komunitas, untuk berkumpul dan mengenalkan budaya betawi.

Tidak jarang di sini anda juga bisa meliaht beberapa pertunjukan budaya yang diselenggarakan oleh para seniman atau komunitas tersebut.

Selain itu, di Taman Benyamin Sueb anda juga bisa melihat sebuah gedung yang berdiri kokoh. Gedung tersebut sebenarnya merupakan bekas gedung Kodim 0505 yang telah berstatus cagar budaya miliki pemerintah DKI Jakarta. Kemudian, oleh pemerintah bangunan tersebut kemudian disulap sebagai museum.

Taman Budaya Betawi Benyamin Sueb

Taman Budaya Betawi Benyamin Sueb – foot ig @sahat_simarmata

Lalu kira-kira apa yang ada di dalam museum tersebut? Sesuai namanya, di dalam bangunan ini anda bisa melihat koleksi barang-barang maupun karya milik almarhum Benyamin Sueb. Bahkan museum ini juga dinamakan sebagai museum Benyamin Sueb.

Anda bisa melihat beberapa barang peninggalan almarhum secara jelas. Selain itu, anda juga bisa mengenal lebih dekat beliau melalui karya-karyanya dan mungkin saja bisa menjadi salah satu inspirasi anda untuk terus berkarya sehingga bisa seperti beliau.

Di sini anda akan menemukan beberapa koleksi seperti baju pentas, jam tangan, sepatu, kaset, kostum, lukisan, sampai dengan piagam penghargaan yang berhasil dimenangkan oleh beliau.

Sebuah lokasi yang tidak boleh anda lewatkan, terutama anda yang mengidolakan beliau dan ingin mengenang dan mengenal beliau lebih dalam.

Taman Benyamin Sueb, Tempat Pertunjukkan Budaya

Taman Benyamin Sueb, Tempat Pertunjukkan Budaya

Taman Benyamin Sueb, Tempat Pertunjukkan Budaya, foto: idntimes.com

Selain berfungsi  sebagia lokasi wisata bersejarah, ternyata Taman Benyamin Sueb oleh pemerintah DKI Jakarta juga disulap sebagai lokasi atraksi kesenian khas Betawi.  Sektiar seminggu setelah peresmian Taman Benyamin Sueb, taman ini langsung dijadikan sebagai tempat untuk menggelar pertunjukkan seni.

Di sini orang-orang yang hadir juga bisa bernostalgia dengan band-band yang membawakan lagu ciptaan beliau.

Beberapa lagu terkenal Benyamin Sueb yang dinyanyikan antara lain: Di sini Aje, Markonah, Malem Minggu, Juki.

Untuk band-band yang pada waktu itu mendapatkn kesempatan menyanyikan lagu-lagu tersebut seperti Biang Kerok Band, Sueb Band, dan Comel Band.

Adapun lokasi yang dijadikan sebagai tempat pertunjukkan seni adalah teras gedung bekas Kodim tersebut.

Tentunya acara seperti ini akan diusahakan  untuk digelar secara rutin guna semakin memperkenalkan budaya betawi ke semua orang, khususnya para pemuda yang sekarang mulai terpengaruh oleh budaya-budaya dari luar yang berpotensi memberikan dampak negatif.

Jalan-Jalan di Taman Benyamin Sueb

Jalan-Jalan di Taman Benyamin Sueb

Jalan-Jalan di Taman Benyamin Sueb, foto: indozone.id

Pada hari biasa, taman ini merupakan lokasi yang cocok untuk jalan-jalan sambil menikmati keindahan taman yang hijau dan sejuk.

Kemudian anda juga bisa masuk ke museum Benyamin Sueb jika ingin melihat koleksi barang-barnag peninggalan beliau.

Sebuah tempat wisata bersejarah yang sekaligus sebagai salah satu wisata edukasi terbaik di Jakarta.

 

Leave a Reply