6 Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai

Subbet, Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai

Subbet, Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai -Subbet. Foto: rasasayange.co.id

Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai – Kembali lagi dalam edisi kuliner, kali ini seringjalan.com akan membahas tentang 6 makanan khas Tuapejat. Bagi yang belum tau, Tuapejat adalah ibukota dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

Suku di mentawai

Suku di mentawai – foto pedomanbengkulu.com

Olahan makanan di Tuapejat kebanyakan menggunakan bahan baku berupa sagu dan keladi, karena kedua tanaman itu tumbuh subur di tanah Tuapejat. Meski kini bahan makanan pokok masyarakat Tuapejat telah beralih ke beras, namun sagu dan keladi masih banyak digunakan dalam makanan – makanan khas Tuapejat.

Daftar Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai yang Wajib Kamu Coba

Berikut ini daftar makanan khas Tuapejat, Kepulauan Mentawai yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berlibur kesini.

1. Obuk

Obuk adalah salah satu kuliner khas Tuapejat atau Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai yang diolah dari tepung sagu. Obuk adalah sagu yang dimasak di dalam bambu.

obuk, makanan khas mentawai

obuk, makanan khas mentawai – foto okezone.com

Obuk terbuat dari gumpalan tepung sagu basah yang diparut dengan alat yang terbuat dari bilah-bilah bambu, sehingga tepungnya menjadi halus. Kemudian, olahan tepung tersebut dimasukkan dalam ruas bambu yang kecil dan tipis dengan diameter sekitar tiga sentimeter.

Selanjutnya, bambu berisi sagu dibakar di atas perapian sekitar 10 menit, setelah matang, bambu dibelah dan sagu di dalamnya siap dihidangkan bersama lauk. Biasanya, dihidangkan dengan makanan berkuah seperti sup ayam atau sup ikan karang panas-panas.

2. Kapurut

Kapurut, Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai

Kapurut, Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai- Foto: merahputih.com

Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai dari Olahan tepung sagu lain yang tak kalah enaknya adalah Kapurut. Kapurut adalah olahan tepung sagu yang dimasak dalam daun sagu.

Tepung sagu yang basah dicampur parutan kelapa dan dibalut dengan daun sagu yang runcing serta memanajang. Lalu, dibakar di dekat perapian. Rasanya agak keras dibandingkan Obuk. Biasa dimakan untuk sarapan pagi bersama teh manis atau kopi.

Baca juga ya :

3. Subbet, Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai

Selain tepung sagu, makanan olahan keladi juga sangat populer di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Disini, masyarakat menyebut keladi dengan nama Gete’. Salah satu makanan yang terbuat dari keladi adalah Subbet.

Subbet, Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai

Subbet, Makanan Khas Tuapejat Kepulauan Mentawai -Subbet. Foto: rasasayange.co.id

Subbet keladi terbuat dari keladi yang direbus atau dipanggang dalam bambu dan kemudian dihancurkan. Kemudian, keladi tersebut dicampur dengan kelapa parut dan dibulatkan. Selanjutnya, digulingkan lagi dalam kelapa parut.

Leave a Reply