Kuliner, Pengetahuan

6 Kuliner dan Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Ayam Tangkap, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Ayam Tangkap, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya - masakapahariini.com

Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya – Sebagai bangsa yang kaya, Indonesia memiliki beragam aspek yang membuat setiap daerah di tiap-tiap pulau memiliki kekuatan serta ciri khasnya masing-masing. Mulai dari keindahan alam, tradisi dan budaya yang terus lestari, hingga dari segi kuliner.

Sebagai kebutuhan yang paling mendasar, makanan atau kuliner juga memiliki peran penting dalam membangun sebuah budaya pada suatu tempat. Salah satu yang menarik adalah makanan khas yang berada di Provinsi Aceh.

Berdasarkan sejarahnya, Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi tempat berkumpulnya beragam suku, etnis, dan ras, mulai dari India, Arab, Cina, Siam, Belanda, hingga Spanyol.

Tentunya dengan setiap orang mewakili tradisinya masing-masing, terjadi campuran bumbu pada perkembangan kuliner kuliner yang menyebar ke seluruh provinsi hingga menjadi ragam hidangan yang khas.

Di dalam pemerintahan Provinsi Aceh, ada satu nama kabupaten yang menawarkan kuliner khas mengguggah selera dan seluruh warga Indonesia perlu mengetahuinya. Dulu dikenal dengan nama Negeri Meureudu pada zaman Kerajaan Aceh, Pidie Jaya termasuk berada di kawasan dataran rendah.

Sempat menjadi pemasok logistik pada zaman kerjaan di masa lampau, pertanian, perkebunan, dan peternakan merupakan salah satu sumber ekonomi di kawasan ini,

Daftar Kuliner atau Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Dengan sumber daya alam yang melimpah, tentu kualitas bahan makanan khas Meureudu akan dapat menghasilkan cita rasa yang sangat nikmat. Berikut adalah 6 kuliner khas yang bisa ditemukan di Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.

1. Kue Adee Meureudu

Kue Adee Meureudu, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Kue Adee Meureudu, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya – pegimakan.id

Sesuai dengan namanya, Kue Adee Meureudu merupakan kuliner khas Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Kue tradisional ini dibuat dari campuran adonan tepung terigu dan singkong. Perpaduan dua elemen tersebut menghasilkan tekstur yang legit serta gurih saat masuk ke dalam mulut.

Sejatinya, makanan khas ini biasa dihidangkan untuk tamu yang sedang berkunjung ke kediaman warga. Namun banyak juga yang kini menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tempat asal.

2. Eungkot Keumamah

6 Kuliner dan Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya 3

tripzilla.id

Berada di dataran rendah, akses menuju pesisir pantai sangatlah mudah di Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Oleh karena itu, ikan pun menjadi salah satu bahan makanan pokok di dalam kehidupan masyarakatnya. Salah satu olahan ikan yang terkenal adalah Eungkot Keumamah. Kuliner khas ini menggunakan ikan tongkol atau ikan tuna untuk memasaknya.

Ikan tersebut dipotong kecil lalu disuwir dan dimasak dengan santan serta rempah khas Aceh. Rasa gurih dan pedas merupakan cita rasa otentik dari hidangan ini. Kabarnya, masakan ini pun merupakan makanan pokok untuk para pejuang di zaman penjajahan dahulu.

Baca juga ya :

3. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Ayam Tangkap, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya – masakapahariini.com

Kalau mendengar namanya, mungkin tidak asing lagi bagi beberapa orang. Namun masih banyak yang belum mengira jika makanan ini merupakan Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Ya, inilah Ayam Tangkap.

Jika dilihat sekilas, Ayam Tangkap ini sama seperti hidangan ayam goreng lainnya. Memang, jenis makanan ini masuk ke dalam kategori ayam goreng, namun yang membedakannya adalah setelah digoreng ayam tersebut lalu dibaluri oleh sambal ijo yang diolah menggunakan bahan dan rempah asli Aceh.

4. Kue Timphan

Kue Timphan, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Kue Timphan, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya – baca.co.id

Kue Timphan merupakan salah satu dari banyaknya kue tradisional khas Aceh yang harus dicoba. Kue ini pun bisa ditemui di Meureudu dan kini juga sudah termasuk salah satu Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

Kuliner ini atau Kue Timphan ini menggunakan pisang raja sebagai bahan utamanya. Sedangkan untuk adonannya menggunakan tepung ketan yang diisi dengan parutan kelapa muda dan srikaya yang menambah rasa manis alami.

5. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Kuah Pliek U, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya – negerikuindonesia.com

Namanya akan terasa unik bagi orang asing yang mendengarnya. Namun ternyata, Kuah Pliek U ini merupakan kuliner khas yang sangat lezat. Hampir mirip dengan gulai, namun hidangan ini dipenuhi dengan bahan makanan vegetarian.

Di dalam mangkuk hidang Kuah Pliek U, Anda akan menemukan nangka muda, papaya muda, daun melinjo, kacang panjang, kacang tanah danbuah melinjo. Namun ada juga yang memasukan udang ke dalam hidangannya bagi Anda yang memang suka makanan laut. Tak heran kelezatan Kuah Pliek U menjadikanya sebagai salah satu Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya yang wajib kalian coba.

6. Kuah Sie Itek, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Kuah Sie Itek, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Kuah Sie Itek, Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya – tripadvisor.com

Makanan khas Aceh lainnya atau Makanan Khas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya yang perlu kalian coba  adalah Kuah Sie Itek. Jika diterjemahkan nama makanan tersebut berarti kuah bebek. Untuk menghidangkannya, olahan bebek harus dibaluri dengan 20 rempah khas Aceh.

Kuah Sie Itek ini juga hadir dengan dua varian. Pertama adalah varian masak meurah yang berwarna merah dan menggunakan cabai sebagai bumbu utamanya. Lalu ada masak puteh yang membuat hidangan ini terkesan mirip dengan opor.

Leave a Reply