Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

kuliner dan makanan khas Batusangkar Tanah Datar

Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar – Batusangkar Tanah Datar adalah sepetak tanah di Provinsi Sumatera Barat yang terkenal dengan wisata kuliner yang lezat. Bahkan kuliner dan makanan khas Batusangkar Tanah Datar menjadi pilihan para turis ketika mengunjungi tempat ini.

Di bawah ini akan dijelaskan kuliner apa saja yang menjadi khas Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Sumatera barat. Silakan di-list lalu masukkan ke dalam daftar pencarian kamu ketika mampir ke kota ini. Berikut kuliner yang dimaksud:

1. Pangek Simawang

Pangek Simawang, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

Pangek Simawang, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

Kuliner khas Batu Sangkar atau Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar yang pertama adalah Pangek Simawang. Ini merupakan jenis masakan lokal yang masih tetap dilestarikan sampai saat ini.

Pangek Simawang adalah makanan yang menggunakan ikan Sasau khas Danau Singkarak sebagai bahan utama. Sedangkan yang menjadi kuahnya diambil dari berbagai rempah seperti ketumbar, asam kandis, bawang merah, cabai dan bawang putih.

Salah satu keunggulan pangek simawang adalah rasanya sangat gurih dan lezat. Bukan hanya karena bumbu gulai asam manisnya yang cetar di lidah, daging ikannya juga empuk dan lembut.

Nah, jika tertarik untuk mencicipi kuliner pangek simawang silakan mampir ke Batu Sangkar Tanah Datar. Karena di sini banyak restoran hingga kaki lima yang menjajakan kuliner ini.

2. Sate Didong

Sate didong, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

Sate didong, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar – tribunews.com

Sate didong adalah Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar yang sangat populer dan viral. Padahal bahan kuliner hanya daging sapi biasa yang ditaburi bawang di atasnya. Mungkin yang unik adalah sate ini dilumuri dengan kuah kuning yang harum dan memiliki cita rasa mantap.

Sate didong tidak hanya disukai masyarkat sekitar saja tetapi juga turis yang datang dari kota lain. Hal ini disebabkan oleh cita rasa sate yang empuk dengan guyuran kuah yang nikmat dan lezat.

Oleh sebab itu, terasa rugi sekali jika sedang ke Batusangkar Tanah Datar tetapi tidak mencicipi makanan ini. Apalagi harganya murah dan dijual di lapak kaki lima hingga depot-depot sederhana.

Baca Juga ya :

3. Pangek Ikan Sasau

Pangek ikan sasau, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

Pangek ikan sasau, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar – foto mediaharapan.com

Pangek ikan sasau merupakan salah satu kuliner khas Batusangkar atau Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar yang menjadi buruan para turis dan pelancong asing. Alasannya sederhana karena makanan ini memiliki rasa lezat dan aromanya memancing selera.

Pangek ikan sasau adalah kuliner berkuah yang menggunakan ikan sasau khas Danau Singkarak sebagai bahan utama. Sedangkan yang menjadi kuah atau sausnya hasil racikan dari bumbu jahe, lengkuas, cabe giling dengan daun kemangi dan serai.

Uniknya adalah pangek ikan sasau tidak menggunakan santan dan gula berlebihan. Sehingga aman di konsumsi oleh siapa saja, baik anak muda maupun orang yang sudah tua.

Jika ingin menikmati ikan segar sasau sekaligus telurnya silakan cicipi saja pangek ikan sasau khas Batusangkar. Pasti rasanya maknyus bikin kamu ketagihan untuk terus mengkonsumsinya tanpa henti.

4. Dadiah

dadiah, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

dadiah, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar – foto dimanaja.com

Kuliner dan Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar yang berikutnya adalah dadiah. Ini merupakan kuliner yang disukai oleh banyak orang tidak hanya orang Sumbar tetapi juga masyarakat dari luar daerah.

Dadiah adalah kuliner khas yang menggunakan susu murni sebagai bahan utama. Olahan susu kerbau yang sebelum dikonsumsi dimasukkan terlebih dahulu ke dalam tabung bambu. Maka dari itu, tidak hanya rasanya yang lezat, aromanya juga mantap.

Biasanya dadiah dihidangkan bersama ampiang dan gula enau yang terkenal manis dan legit. Dikonsumsi langsung juga tidak mengapa dan tidak mengurangi kelezatan rasanya.

Dadiah merupakan kuliner incaran para turis mancanegara. Ini tidak lain akibat rasanya yang memang tidak ditemukan pada jenis makanan di daerah wisata populer yang lainnya.

5. Randang Baluik

Randang Baluik, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

Randang Baluik, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar -okezone.com

Randang Baluik atau rendang belut adalah Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar yang juga top dan diminati. Sesuai dengan namanya, randang baluik dibuat dari ikan belut segar yang diolah bersama rempah-rempah tertentu.

Makanan khas ini dianggap hampir punah karena tidak banyak yang melestarikannya. Bahkan di Batusangkar sendiri hanya ada beberapa kecamatan yang masih menjaga kelestarian  kuliner ini.

Alasannya mungkin karena cara mengolah randang baluik yang agak sulit dibandingkan makanan yang lain. Bahkan durasi waktu memasaknya bisa mencapai seharian penuh.

6. Lemang Tapai

lemang tapai, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar

lemang tapai, Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar – foto traveltribunews.com

Kuliner khas Batusangkar yang terakhir adalah lemang tapai. Ini merupakan Makanan Khas Batusangkar Tanah Datar yang masih tetap lestari sampai saat ini. Lemang tapai adalah makanan yang terbuat dari ketan putih yang dimasak dengan cara tertentu. Yaitu makanan dimasukkan ke dalam tabung bambu lalu dipanaskan di atas perapian sedang.

Sedangkan toping untuk lemang tapai adalah ketan hitam yang dikukus dalam waktu lama. Biasanya sebelum dikukus ketan dibungkus dulu dengan daun pisang dan dicampurkan dua ragi.

Itulah beberapa kuliner dan makanan khas Batusangkar Tanah Datar yang rasanya lezat dan mengenyangkan. Semuanya bisa dijadikan “buah tangan” ketika mampir ke tempat ini untuk berwisata.

Leave a Reply