Kuliner

6 Kuliner Khas Bengkayang yang wajib kalian coba

Kuliner Khas Bengkayang

Kuliner Khas Bengkayang - mengenalbengkayang.com

Kuliner Khas Bengkayang – Bengkayang adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat. Di Kalimantan masih sangat kental budaya Nusantara. Tempat wisata di Bengkayang juga sangat menarik, pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tempat wisata di Bengkayang. Jangan lupa baca ya artikel tersebut untuk menambahkan rekomendasi tempat wisata yang kalian akan kunjungi ketika berlibur ke Bengkayang.

Selama liburan di Bengkayang pasti kita juga tertarik untuk mencicipi makanan khas Bengkayang. Artikel kali ini kita akan membahas makanan khas Bengkayang yang sangat terkenal dan enak. Kuliner khas Bengkayang memilik cita rasa yang enak karena resepnya sudah turun-menurun. Banyak makanan khas Bengkayang yang bisa kalian jadikan oleh-oleh setelah liburan. Ini dia makanan khas Bengkayang yang wajib kalian nikmati, yaitu :

1. Pakating, Kuliner Khas Bengkayang yang lezat

pakating Kuliner dan Makanan Khas Bengkayang

Pakating, Kuliner Khas Bengkayang – mengenalbengkayang.com

Makanan khas Bengkayang ini terbuat dari buah kelampai atau tapos yang di fermentasi. Namun jika buah kelampai tidak ada biasanya diganti dengan buah karet karena kedua buah tersebut mirip tapi buah kelampai bentuknya agak lonjong. Pakating memiliki cara pembuatan yang amat sangat rumit dan memakan waktu lama. Dan Pakating biasanya dimasak dengan daun ubi yang di tumbuk dan dimasukan ke bambu untuk dibakar agar ciptakan cita rasa yang nikmat.

2. Bontok’ng (Sungki)

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkayang

Sungki, Kuliner Khas Bengkayang – foto mengenalbengkayang.com

Kuliner Khas Bengkayang selanjutnya adalah Bontok’ng atau Sungki. Makanan ini bisa menjadi pengganti nasi karena terbuat dari beras dan mirip seperti lontong sehingga lebih cepat kenyang juga. Walaupun mirip seperti lontong namun ternyata cara pembuatannya dan penyajiannya berbeda. Beras direndam kemudian dimasukan ke dalam bambu untuk dimasak.

Dan setelah matang Bontok’ng disajikan dengan sayuran. Ciri khas dari Bontok’ng adalah rasanya yang lembut, gurih, dan wanginya. Namun pada umumnya masyarakat Bengkayang menyajikan Bontok’ng hanya dalam acara-acara tertentu, seperti acara adat istiadat ataupun acara gawai padi. Makanan khas Bengkayang ini pada acara gawai padi yang paling sering disajikan di Suku Dayak Bekati Rara.

3. Kerabu Asam, Kuliner Khas Bengkayang yang menyegarkan

Kerabu Asam Kuliner dan Makanan Khas Bengkayang

Kerabu Asam, Kuliner Khas Bengkayang – foto wisato.id

Kali ini adalah kuliner khas Bengkayang yang sangat menyegarkan, yaitu Kerabu Asam dimana yang menyegarkannya terdapat sambal manga muda. Sangat unik bukan ?. Sambalnya sendiri membuat sensasi rasa pedas manis dan rasa asam yang menjadi satu. Sangat cocok dimakan dengan nasi hangat.

4. Kue Merke, Kue Tradisional khas Bengkayang

kue marke Kuliner dan Makanan Khas Bengkayang

Kue Mark, Kuliner Khas Bengkayang – foto wisato.id

Kue Marke adalah Makanan atau Kuliner khas Bengkayang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Jenis makanan ini adalah kue, yang akan membuat ketagihan karena rasanya unik dan renyah. Cocok dijadikan sebagai cemilan dan kue Merke sangat terkenal di Bengkayang. Makanan wajib dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca juga:

5. Kue Kantong Semar

6 Kuliner dan Makanan Khas Bengkayang

Kue Kantong Semar, Kuliner Khas Bengkayang – estrelaputri.wordpress.com

Kue Kantong Semar adalah salah satu Kuliner Khas Bengkayang yang paling sering dicari wisatawan. Makanan ini juga menjadi primadona di Bengkayang sehingga sangat cocok juga dijadikan oleh-oleh.

Kue tradisional Kantong Semar ini terbuat dari ketan, santan kelapa, garam dapur, dan daun pandan lalu dibungkus dengan kantong semar. Setelah itu dikukus hingga matang. Namun ada juga adonan lainnya dibuat dengan berisikan beras ketan putih dengan inti kelapa muda dan gula merah sehingga rasanya menjadi lebih manis.

Kue Kantong Semar ini biasanya disajikan ketika acara adat pernikahan dan Gawai Dayak. Serta bagi umat Islam, kue ini juga biasa dijadikan makanan untuk berbuka puasa.

6. Pekasam Ikan

pekasam ikan, Kuliner dan Makanan Khas Bengkayang

Pekasam Ikan, Kuliner Khas Bengkayang – wisato.id

Makanan khas Bengkayang ini merupakan olahan ikan segar. Ikan segar tersebut digoreng dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas Bengkayang. Pekasam Ikan juga adalah olahan makanan fermentasi. Unik ya ikan segar dioleh dengan cara fermentasi. Nasi hangat menjadi pasangan yang cocok ketika menyantap Pekasam Ikan. Pekasam Ikan sangat cocok menjadi makanan penambah selera karena rasanya yang sangat enak.

Nah itulah, 6 Makanan Khas Bengkayang. Pasti kalian penasaran ingin coba kan ?

Sebenarnya masih banyak makanan khas Bengkayang lainnya yang wajib kalian coba, seperti Bubur Gunting, Rujak Ebi, Tempoyak, Tumpi, Lemang, dan Lempok Durian juga terkenal dan dapat dijadikan oleh-oleh. Jika perut kenyang hati juga akan senang dan liburan kalian akan semakin lengkap, tidak ada salahnya kalian mencicipi semua kuliner di Bengkayang.

Leave a Reply