Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Pantai

6 Tempat Wisata di Bengkayang

6 Tempat Wisata di Bengkayang 1

6 Destinasi Wisata Terbaik di Bengkayang. Foto by wisato.id

Tempat wisata di Bengkayang – Keindahan alam di Indonesia tidak pernah ada habisnya. Indonesia memiliki ribuan destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para turis lokal ataupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan adalah destinasi wisata di Kabupaten Bengkayang.

Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu kabupaten yang cukup strategis di provinsi Kalimantan Barat. Bengkayang merupakan kabupaten yang menjadi perbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Tepatnya berdekatan dengan kota Serawak. Wisata apa saja yang wajib dikunjungi di sini? Berikut adalah 6 tempat wisata di Bengkayang.

Baca juga ya :

Daftar tempat wisata di Bengkayang

1. Pulau Randayan

Tempat wisata pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Randayan. Pulau ini terletak di Desa Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Bengkayang, Kalimantan Barat. Objek wisata ini memiliki keindahan panorama bawah air yang tidak kalah dengan yang ada di Raja Ampat. Meskipun kalah populer, namun keindahan taman bawah airnya boleh diadu.

6 Tempat Wisata di Bengkayang 2

Pulau Randayan. Foto by borneochannel.com

Di Pulau Randayan ini kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling dengan leluasa karena pulau ini tak berpenghuni dan masih sedikit dikunjungi oleh wisatawan. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kelengkapan fasilitas di pulau ini cukup baik kok. Kamu bisa menyewa villa yang disediakan jika kamu ingin menikmati keindahan Pulau Randayan lebih lama.

2. Pantai Samudra Indah

6 Tempat Wisata di Bengkayang 3

Pantai Samudra Indah. Foto by Pontinesia.com

Pantai merupakan destinasi wisata yang banyak disukai oleh para wisatawan. Jika kamu berkunjung ke Bengkayang, maka wisata pantai yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Samudra Indah ini. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan hamparan pasir putih luas dan bersih.

Daya tarik lainnya adalah, di pantai ini kamu juga akan disuguhkan dengan bebatuan besar di pinggir pantai. Kamu bisa berswafoto atau sekadar duduk santai di atas bebatuan sembari menikmati matahari tenggelam.

3. Bukit Jamur

Tempat wisata populer lainnya di Bengkayang adalah Bukit Jamur. Eits ini bukan bukit yang dipenuhi oleh jamur ya. Itu hanya penamaan saja. Bukit Jamur terletak di Desa Belangko, Kecamatan Bengkayang.

6 Tempat Wisata di Bengkayang 4

Bukit Jamur. Foto by Secercah.web.id

Dari atas bukit ini kamu dapat menikmati keindahan pepohonan dengan leluasa. Melihat keindahan dari ketinggian memang sangat menarik untuk dilakukan. Terlebih bagi kamu yang menyukai tantangan. Sensasi seperti berada di negeri di atas awan akan kamu rasakan ketika berada di puncak bukit. Deretan awan putih di pagi hati bertebaran layaknya kapas yang mengambang. Pemandangan inilah yang akan membayar semua lelah perjalanan kamu menuju puncak bukit.

Baca juga ya :

4. Mimiland

Jika kamu ingin mengajak keluarga berlibur, maka Mimiland adalah tempatnya. Mimiland merupakan objek wisata yang memang dirancang khusus untuk berwisata bersama keluarga. Objek wisata ini berinteraksi langsung dengan pantai yang sangat indah untuk dinikmati bersama keluarga.

Di Mimiland, kamu dapat mengajak keluargamu untuk bermain dengan puas di area bermain yang disediakan. Jika sudah puas bermain, kamu bisa langsung menikmati keindahan pantai yang berada di tepinya.

5. Air Terjun Riam Merasap

6 Tempat Wisata di Bengkayang 5

Air Terjun Riam Merasap. Foto by backpackerjakarta.com

Kunjungan wisata wajib lainnya di Bengkayang adalah Air Terjun Riam Merasap. Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat menarik. Air terjun ini berlokasi di Desa Batang Air, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang.

Air terjun Riam Merasap terbagi menjadi beberapa bagian ait terjun yang tentunya membuat kamu terpana. Tebing dan bebatuan yang menjulang tinggi dengan penataan alam yang sempurna menambah keindahannya. Selain itu, lokasi wisata ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang yang membuat suasana lebih dingin dan sejuk.

6. Pulau Lemukutan

Pulau ini sebenarnya masih kurang populer di telinga para pelancong. Meskipun demikian, Pulau Lemukutan memiliki keindahan penorama alam yang sangat luar biasa. Meskipun Pulau Lemukutan adalah pulau yang berpenghuni, kamu tetap bisa menikmati berbagai aktivitas wisata yang ada di pulau ini.

Bagi para penyuka snorkeling, kamu disarankan untuk mencoba snorkeling di pulau ini. Sebab keindahan panorama bawah lautnya sangat memesona untuk dinikmati. Aktivitas lainnya yang dapat kamu lakukan di Pulau Lemukutan adalah duduk santai di pinggir pantai yang memiliki ombak kecil, atau berlarian kecil sembari menunggu matahari terbenam di ufuk barat.

Leave a Reply