Alam, Daftar Wisata, Pantai, Pengetahuan, Pulau

5 Tempat Wisata di Parit Malintang Padang Pariaman

Pulau Pieh Parit Malintang Padang

Pulau Pieh Parit Malintang Padang - foto Sumber : Legaleraindonesia.com

Tempat Wisata di Parit Malintang – Padang Pariaman adalah nama kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat dan merupakan salah satu dearah yang terbesar di bumi Minang. Padang Pariaman juga merupakan satu dari tiga daerah di Provinsi Sumatera Barat yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai Wilayah Metropolitan Palapa, bersama dua derah lainnya yaitu Kota Padang dan Lubuk Alung.

5 Tempat Wisata di Parit Malintang Padang Pariaman 1

Namun dibalik itu semua Kabupaten yang dijuluki sebagai Kota Tabuik ini juga menyimpan keanekaragaman wisata yang melimpah dan menarik untuk dijelajahi, salah satunya adalah Parit Malintang. Parit Malintang adalah salah satu Nagari (Desa) yang berada di Padang Pariaman dan merupakan ibukota dari Kota Tabuik ini.

Memiliki luas 1395 Km², wilayah Parit Malintang dan sekitarnya mempunyai beraneka ragam wisata alam atupun budaya yang sayang untuk dilewatkan jika sedang berada di Padang Pariaman. Tempat wisata itu antara lain adalah :

  1. Pantai Tiram
Parit Malintang

Parit Malintang – Sumber : Paketwisatapadang.com

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi di kawasan Parit Malintang adalah Pantai Tiram yang berada di daerah Ulakan Tapis. Selain suasana pantai yang menyejukkan mata, di Pantai Tiram ini juga terkenal dengan kuliner gulai kepala ikan yang menggugah selera dengan harga yang ramah di kantong. Makan siang dengan gulai kepala ikan di Pantai Tiram ini sepertinya bisa jadi pilihan ketika sedang berkunjung ke Padang Pariaman.

Datang kala sore di Pantai Tiram juga bukan merupakan pilihan yang salah. Menikmati suasana pantai dengan suara deburan ombak dan pepohonan yang diterpa angin sembari melihat matahari perlahan tenggelam menjadi hal yang menarik untuk dihabiskan bersama keluarga ataupun kolega terdekat.

  1. Pulau Pieh

Ingin merasakan sensasi suasana pantai yang masih cukup alami ? mungkin harus coba berkunjung ke Pulau Pieh yang masih berada di daerah Ulakan Tapis seperti Pantai Tiram.

Pulau Pieh Parit Malintang Padang

Pulau Pieh Parit Malintang Padang – foto Sumber : Legaleraindonesia.com

Pulau Pieh ini awalnya adalah pulau yang dikelola secara pribadi dan turun temurun oleh keluarga Basyiruddin yang bertempat tinggal di Ulakan Tengah. keistimewaan yang dimiliki oleh Pulau Pieh ini adalah keanekaragaman biota laut serta flora dan faunanya. Jajaran terumbu karang yang indah mudah ditemui di sini, selain itu pasir putih bersih dengan pohon nipah dan kelapa yang berjajar menjadi tambahan keindahan yang membuat Pulau Pieh ini layak untuk dikunjungi.

Jika beruntung, di pulau ini wisatawan juga bisa melihat fauna khas Pulau Pieh yang beragam. Mulai dari Elang laut, Dara laut, Penyu Hijau, Penyu Sisik ataupun Burung Raou.

 

  1. Masjid Tapakis (Masjid Raya Syekh Burhanuddin)
5 Tempat Wisata di Parit Malintang Padang Pariaman 2

  Sumber : Situsbudaya.id

Jika gemar dengan wisata bangunan bersejarah dan ikonik, maka Masjid Tapakis di Ulakan Tapakis tidak boleh dilewatkan. Masjid Tapakis adalah masjid yang dibangun sejak tahun 1670 dan merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia.

Masjid Tapakis ini juga sudah terdaftar resmi menjadi cagar budaya di Provinsi Sumatera Barat sehingga terawat dengan sangat baik. Selain itu bentuk arsitekturnya yang indah dan megah membuat masjid menjadi satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Parit Malintang, Padang Pariaman.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini  didesain untuk disiapkan sebagai tempat evakuasi apabila terjadi bencana tsunami di Padang Pariaman. Masjid Tapakis ini berukuran sangat luas dan mamu menampung hingga 3000 jamaah.

  1. Pantai Sunur
Sumber : Sippa.ciptakarya.pu.go.id

Sumber : Sippa.ciptakarya.pu.go.id

Daerahnya yang berada di dekat laut memang menjadikan Parit Malintang Padang Pariaman ini menjadi primadona bagi pecinta wisata bahari. Satu lagi pantai yang memiliki pemandangan apik dan layak untuk coba dikunjungi di Padang Pariaman adalah Pantai Sunur.

Ciri khas dari Pantai Sunur ini adalah pasirnya yang berwarna abu-abu kehitaman dan memiliki banyak pohon cemara yang menciptakan suasana rindang. Jadi berada di Pantai Sanur saat siang hari ketika matahari sedang terik-teriknya bukan menjadi masalah.

Di pantai Sunur ini juga sudah banyak terdapat warung-warung yang menjajakan makanan. Dan makanan yang dijajakan disini didominasi oleh olahan laut. Selain rasanya yang enak, bahan makanan yang digunakan pun dijamin fresh dan berkualitas.

Sama seperti pantai kebanyakan. Melihat sunset dari Pantai Sunur ini juga menjadi kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan.

 

  1. Surau Bintungan Tinggi
 Sumber : Wikipedia

 Sumber : Wikipedia

Di tanah minang memang banyak sekali tersebar bangunan masjid tua bersejarah yang menjadi bukti penyebaran agama islam di bumi Minangkabau. Selain masjid tapakis yang sudah disebutkan diatas tadi, di daerah Parit Malintang terdapat juga masjid tua yang kaya akan cerita sejarah, yaitu Surau Bintungan Tinggi.

Berbeda dengan Masjid Tapakis yang sudah melewati beberapa kali tenovasi, bangunan Surau Bintungan tinggi ini masih tidak banyak berubah dari bentuk aslinya, dengan komponen bangunan dari kayu dan atapnya dari ijuk.

Surau Bintungan Tinggi didirikan oleh tokoh penting penyebar agama islam di daerah Padang Pariaman yaitu, Syekh Abdurahman yang juga punya nama lain Syekh Bintungan Tinggi. Menurut sejarah, Surau ini dahulu sangat ramai dikunjungi oleh banyak orang yang ingin menuntut ilmu agama islam dibawah kepemimpinan Syekh Abdulrahman.

Bangunan Surau Bintungan Tinggi ini juga sudah terdaftar sebagai cagar budaya di wilayah Padang Pariaman.

 

**

Itulah tadi 5 tempat wisata yang berada di Parit Malintang Padang Pariaman yang direkomendasikan untuk dikunjungi apabila sedang berada di Padang Pariaman ataupun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ini menjelajahi Padang Pariaman ataupun sekedar ingin tahu potensi Wisata yang berada di Padang Pariaman, khususnya daerah Parit Malintang dan sekitarnya.

 

Leave a Reply