Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka Foto:Gogonesia.com

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka Foto:Gogonesia.com

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat – Kabupaten Bangka adalah salah satu daerah yang ada di provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik, namun juga terdapat kuliner dan makanan khas dari Kabupaten Bangka yang wajib dicicipi oleh kalian.

Berikut ini adalah ulasan mengenai 6 Kuliner dan Masakan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka yang harus kalian coba, ketika berkunjung ke Kabupaten Bangka.

6 Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Kabupaten Bangka

1. Kopi Tung Tau dan roti khas Tung Tau di Bangka

Kopi Tung Tau dan roti khas Tung Tau di Bangka Foto:jelajahnusae.com

Kopi Tung Tau dan roti khas Tung Tau di Bangka Foto:jelajahnusae.com

Jika kalian pecinta nikmatnya kopi,kalian wajib berkunjung ke Kopi Tung Tau dan roti Khas Tung Tau Bangka. Warung Kopi Tung Tau telah melegenda dan terkenal bagi masyarakat Belitung. Warung kopi Tung Tau telah berdiri sejak tahun 1938 dari nama sang penggagas yaitu Mr.Fung Tung Tau.

Baca juga ya :

Tempat ini memiliki interior jaman dulu,sehingga kalian bisa bernostalgia Belitung tempo dulu. Diwarung Kopi Tung Tau kalian bisa bisa memesan menu kopi susu, kopi O, lalu ditemani roti bakar atau roti isi khas restoran ini.

Harga Dan Jam Buka Warung kopi Tung Tau

Untuk harga satu cangkir Kopi O dihargai 7.000-8.000 rupiah saja, sedangkan untuk roti panggang berkisar 11.000-14.000 rupiah saja tergantung rasa yang diinginkan. Kalian juga dapat membeli kopi Tung Tau bubuk kemasan untuk oleh-oleh dengan harga  35.000 rupiah  per 225 gram. Warung Kopi Tung Tau ini memiliki banyak cabang di Bangka serta jam buka 24 jam di sebagian gerai.

2. Lempah Kuning Bangka

Lempah Kuning Bangka, Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat Foto:Fimlea.com

Lempah Kuning Bangka, Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat – Foto:Fimlea.com

Kuliner khas ke 2 yang wajib kalian cicipi ketika berada di Bangka adalah Lempah Kuning Bangka. Kuliner ini bisa ditemukan diseluruh restoran dan rumah makan di Pulau Bangka, Bangka Belitung.

Lempah Kuning Bangka adalah masakan berkuah berbahan dasar utama Ikan atau daging sapi yang dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat seperti kunyit, lengkuas, bawang dan cabe rawit serta terasi,ditambah potongan buah nanas. Sensasi segar, pedas, asam dan manis bercampur menjadi satu ketika mencicipi Lempah Kuning Bangka.

Harga Lempah Kuning Bangka

Untuk satu porsi Makanan Lempah Kuning Bangka dibanderol dengan harga 25.000 rupiah saja. Salah satu warung makan Lempah Kuning Bangka ada di Jl.Budi Mulya Pasar Induk Kota Pangkalpinang.

3. Tenggiri Bakar, Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat yang Lezat

Tenggiri Bakar, Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat -  Foto:cookpad.com

Tenggiri Bakar,Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat – Foto:cookpad.com

Kuliner Khas yang ke 3 yang wajib kalian cicipi adalah Tenggiri Bakar. Kuliner Tenggiri Bakar dapat dengan mudah dijumpai di Daerah Bangka. Tenggiri Bakar adalah masakan berbahan dasar utama ikan tenggiri yang dibakar dengan bumbu halus dan kecap.

Harga Dan Tempat Kuliner Tenggiri Bakar

Jika kalian ingin mencicipi Tenggiri Bakar kalian bisa mampir ke Mr Adox. Rumah makan yang buka malam hari ini terletak di Jalan Alexander Raya. Untuk harga 1 porsi Tenggiri Bakar berkisar 50.000-80.000 rupiah saja.

4. Otak-otak Tenggiri Khas Sungai Liat

Otak-otak Tenggiri Foto:cookpad.com

Otak-otak Tenggiri Foto:cookpad.com

Kuliner yang khas dari Bangka selanjutnya adalah Otak –Otak Tenggiri. Otak-Otak Tenggiri memiliki rasa gurih dan lezat.Otak-Otak Tenggiri adalah makanan khas yang terbuat dari daging ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang, biasanya disajikan dengan cara dibakar, digoreng, dipanggang dan disajikan dengan kuah asam pedas.

Jika ingin merasakan otak-otak kaki lima dengan rasa nikmat dan tak menguras kocek, kamu bisa mendatangi Lapangan Merdeka Bangka. Namun, kalau kamu ingin bawa pulang ke kota asal, maka bisa berkunjung ke Otak-Otak Alse yang biasa dijadikan sentra oleh-oleh kuliner Bangka. Untuk harga otak-otak tenggiri berkisar 3.000-4.000 rupiah per bijinya.

5. Pempek Khas Sungai Liat Bangka

Pempek Bangka Foto:cookpad.com

Pempek Bangka Foto:cookpad.com

Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat selanjutnya adalah Pempek. Sekilas tak ada beda antara pempek Bangka dan Palembang. Namun, jika ditelaah lebih jauh  maka akan ditemukan letak perbedaaanya.

Kalau di Palembang cuko dihirup, di Bangka seperti di lokasi lain pempek disajikan di piring lalu dituang cuko. Salah satu tempat untuk mencari Pempek Pempek Ami di Jalan Jenderal Sudirman Pangkal Pinang, sajian pempek khas Bangka dengan dua macam cuko, pedas dan manis.

6. Kerupuk Getas, Oleh Oleh Khas Sungai Liat

Kerupuk Getas Bangka Foto:Tokopedia.com

Kerupuk Getas Bangka Foto:Tokopedia.com

Kuliner dan Makanan Khas Sungai Liat yang terakhir adalah Getas. Getas adalah makanan semacam kerupuk oleh-oleh khas Bangka, dari olahan ikan tengiri memiliki rasa gurih dan nagih.

Tidak sulit mencari getas, karena ada banyak toko oleh-oleh yang menjajakan aneka kerupuk yang buka dari pagi hingga jam 18.00 malam waktu setempat.  Harga untuk sebungkus kerupuk Getas berkisar 44.000-50.000 rupiah saja

***

Sumber: kompas.com, travelkompas.com, tripadvisor.com

 

 

 

 

 

Leave a Reply