Pantai

5 Pantai Keren di Pulau Belitung

sumber-tribunnews.com

1. Pantai Tanjung Kelayang

sumber-tribunnews.com

Alamat

Pantai Tanjung Kelayang berlokasi di Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

Ada apa aja dan bisa ngapain aja

Pantai Tanjung Kelayang memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan mulai dari hijaunya pepohonan kelapa dan cemara, pasirnya yang berwarna putih, ombaknya yang tidak terlalu kencang, dan terdapat batu yang bentuknya menyerupai kepala seekor burung. Nah nama “Kalayang” sendiri merupakan nama dari salah satu burung yang ada disana.

Pengunjung juga bisa memandangi 3 pulau kecil yang berada di sekitar pantai tersebut. Kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti Berenang, berlayar, diving, wisata kuliner, memancing, dan juga snorkeling.

Rute menuju kesana

Jakarta-Pelabuhan Tanjung Priok-Pelabuhan Tanjung Pandan-Jalan Kemuning-Jalan Pattimura-Jalan raya Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang-Jalan Pantai Tanjung Kelayang-Pantai Tanjung Kelayang.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket Rp 8.000 per orang.

2. Pantai Nyiur Melambai

sumber-triptrus.com

Alamat

Pantai Nyiur Melambai berlokasi di Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Bangka Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Ada apa aja dan bisa ngapain aja

Pantai ini dinamakan Nyiur Melambai karena banyak pohon kelapa yang tumbuh disana. Dan daunnya seakan-akan melambai menyambut kedatangan para pengunjung.

Pasirnya berwarna putih serta lembut, jejeran wisata kuliner, panggung pertunjukkan kesenian khas Belitung, dan ada sarana wall climbing yang bisa kamu nikmati disana. Menariknya, disini juga terdapat lapangan voli pantai.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 dan buka selama 24 jam

3. Pantai Tanjung Tinggi

sumber-id.wikipedia.org

Alamat

Berlokasi di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.  Letaknya tidak begitu jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak 31 km dari Kota Tanjung Pandan.

Ada apa aja dan bisa ngapain aja

Tahukah kamu bahwa pantai ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film laskar pelangi karena pesona dan keindahan alamnya yang menarik hati. Bahkan orang-orang menyebutnya dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi. Disini terdapat ikan dan lamun, terumbu karang, pasirnya yang putih, ratusan batu granit, serta ombak yang tenang.

Namun bagi yang suka diving, harap berhati-hati karena disini terdapat ubur-ubur yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Fasilitas disini lengkap, ada warung makan, toilet, perahu karet, dan juga ban pelampung.

Rute menuju kesana

Tanjung Pandan-Pelabuhan Tanjung Pandan-Pertigaan Tanjung Binga-Pantai Tanjung Tinggi

Harga Tiket Masuk

Tidak ada biaya alias gratis

4. Pantai Penyabong

sumber-travel.detik.com

Alamat

Belokasi di Padang Kandis, Membalong, Kabupaten Belitung, Kepualauan Bangka Belitung

Ada apa aja dan bisa ngapain aja

Nama “Penyabong” sendiri memiliki arti yaitu “Penghubung”. Diberikan nama tersebut karena batu-batu granit disini saling terhubung.  Pemandangan yang indah juga seperti dikelilingi pepohonan hijau dan bukit-bukit, batuan granit besar, ombak yang besar, dan pasir yang putih menjadikan pantai ini banyak dikunjungi wisatawan.

Pengunjung bisa menikmati suasana alam yang indah seperti melihat Pulau Belatuk nan mempesona, menaki batu granit yang terhubung satu sama lain, serta melihat pemandangan Batu Baginde.

Rute menuju kesana

Dalam waktu kurang lebih 1,5-2 jam perjalanan dari Kota Tanjung Pandan, kamu akan sampai di pantai Penyabong dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk sekitar Rp 8.000 dan buka setiap hari selama 24 jam.

5. Pantai Batu Berlayar

sumber-pedomanwisata.com

Alamat

Berlokasi di Pulau Batu Berlayar, Belitung, Provinsi Bangka Belitung

Ada apa aja dan bisa ngapain aja

Disini terdapat pemandangan batu granit besar menjulang keatas, biota laut seperti ikan-ikan cantik dan bintang laut, pasir bewarna putih serta ombak tenang berwarna biru.

Menurut cerita zaman dahulu, terdapat sebuah batu yang mirip dengan layar perahu nelayan, sehingga pantai ini dinamakan Pantai Batu Berlayar.

Disini kamu bisa berfoto, memancing ikan, menikmati jajanan pinggir pantai, dan pastinya menikmati keindahan pantai dengan cara berenang atau hanya sekedar bermain air.

Rute menuju kesana

Dari Tanjung Kelayang, pengunjung hanya butuh waktu sekitar 15 menit dan bisa menggunakan perahu untuk menyebrang laut.

Harga Tiket Masuk

Tidak dikenakan biaya alias gratis.

Leave a Reply