Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Melonguane Talaud

Makanan Khas Melonguane Talaud

Makanan Khas Melonguane Talaud

Makanan Khas Melonguane Talaud – Kabupaten Talaud merupakan pemekaran dari kabupaten kepulauan sangihe dan terbagi dalam 19 kecamatan, 11 kelurahan dan 142 desa. Ibu Kota Melonguane di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Selain wisata alam yang indah, di sini juga terdapat kuliner yang unik dan pastinya mengunggah selera.

Yuk simak, berikut makanan khas Melonguane Kepulauan Talaud yang bisa kalian coba saat berkunjung ke kota cantik ini :

1. Mie Cakalang

Kuliner Mie Cakalang Makanan Khas Melonguane Talaud

Mie Cakalang, Makanan Khas Melonguane Talaud – Foto: pesona.travel

Makanan Khas Melonguane Talaud yang pertama adalah Mie Cakalang. Olahan Mie Cakalang berbeda dengan mie pada umumnya, di sini terdapat potongan kecil ikan cakalang yang dimasak secara bersamaan dengan mie.

Mie Cakalang juga dilengkapi dengan sayuran berupa taoge, sawi, yang ditaburi daun bawang, bawang goreng dan tak lupa ikan cakalang fufu di atasnya. Rasanya yang nikmat dan sedap yang dihasilkan dari perpaduan mie dengan ikan cakalang membuat siapa saja yang memakan kuliner ini akan ketagihan.

2. Pampis

pampis Makanan Khas Melonguane Talaud

Pampis, Makanan Khas Melonguane Talaud – Foto: pomacikitchen.com

Pampis merupakan salah satu Makanan Khas Melonguane Talaud yang wajib kalian coba. Pampis sendiri adalah masakan berbahan dasar ikan cakalang yang disuwir kemudian diberi bumbu khas Manado. Olahan pampis bisa menggunakan beraneka jenis ikan, sebaiknya gunakan ikan yang berdaging tebal dan berduri sedikit seperti ikan tongkol.

Cara masaknya yaitu ikan tongkol utuh digoreng atau dibumbui. Untuk bumbunya terdiri dari daun jeruk, batang serai, daun pandan, daun bawang, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, jahe, kunyit, garam dan gula. Pampis tongkol lebih nikmat disantap dengan nasi putih hangat, rasanya yang sedap dan lezat tanpa ada aroma amis karena menggunakan jeruk nipis sebagai penghilang bau amis pada ikan.

Baca Juga ya :

3. Sup Brenebon (Sup Kacang Merah)

download-1

Sup Brenebon, Foto: Inatonreport.com

Sup Brenebon merupakan kuliner khas Indonesia Timur dan juga kuliner ini termasuk kedalam Makanan Khas Melonguane Talaud. Supp Brenebon ini berasal dari adanya pengaruh masakan Belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia Timur. Brenebon dalam pengucapan lokal Manado yang berasal dari bahasa belanda yakni bruine bonen. Kata bruine berarti warna coklat, sedangkan kata bonen berarti kacang.

Sup Brenebon terbuat dari: Iga sapi, air, kacang merah, wortel, bawang merah, bawang putih, jahe, kayu manis, cengkeh, pala, daun bawang, seledri, lada, garam, gula dan minyak. Proses masaknya dengan merendam kacang merah selama 3 jam. Panaskan minyak kemudian tumis bahan di atas hingga harum.

Masak kacang merah yang sudah ditiriskan bersama iga sapi, jahe, kayu manis, biji pala dan cengkeh. Tambahkan air masak kembali hingga iga sapi setengah empuk. Lalu masukan bumbu yang sudah ditumis ke dalam air rebusan iga, dan tambahkan garam, gula, lada kembali masak hingga matang. Siap disajikan bersama sepotong roti tawar atau nasi putih hangat. Rasa kuah khas rempah yang lezat dan gurih.

4. Kue Bangket Sagu

kue-bagea-kenari-kue-sagu-foto-resep-utama

Kue Bangket Sagu, Foto: Cookpad.com

Jika anda mencari kuliner khas kepulauan talaud untuk dijadikan oleh-oleh, salah satunya yang terkenal yaitu kue bangket sagu. Bahan utama pembuatan kue ini pastinya terbuat dari sagu. Kue ini mudah dijumpai di Desa Rainis, harganya cukup terjangkau kisaran Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

Kue Bangket sagu selain memiliki teksture yang lembut dan rasanya manis juga memiliki rasa yang lezat apalagi sebagai pendamping cemilan pagi hari. Oh ya Kue Bangket Sagu ini juga masuk kedalam daftar Makanan Khas Melonguane Talaud yang sayang untuk dilewatkan.

5. Kue Bagea, Makanan Khas Melonguane Talaud yang tiada duanya

kue bangea Makanan Khas Melonguane Talaud

Kue Bagea, Makanan Khas Melonguane Talaud – Foto: manadopedia.com

Kue Bagea khas Sulawesi Utara, rasanya yang renyah, gurih dan manis ditambah aromanya khas rempah-rempah. Untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas kabupaten talaud sangat tepat. Kue ini terbuat dari tepung sagu dicampur gula merah, kayu manis dan pala. Setelah itu adonan dicetak lalu dibungkus dengan daun enau atau daun lontar, kemudian dipanggang hingga kering.

Kue Bagea bisa anda dapatkan di pusat oleh-oleh di Manado. Terdapat varian rasa seperti manis dan asin, harganya pun cukup terjangkau. Kue asal Manado ini memiliki khas tersendiri yakni dicampur dengan kacang kenari. Sajian kue bagea cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi saat bersantai atau berkumpul bersama orang terkasih.

Baca Juga ya :

6. Halua Kenari

46410302-302976293654890-5140796378782822763-n-4630e8470704e9bcdb6621b6132da1e3

Halua Kenari, Foto: idntimes.com

Halua kenari merupakan cemilan yang terbuat dari kacang kenari kupas, dimasak bersama gula merah dan dibentuk. Cemilan manis khas Manado sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, karena tahan lama dan awet.

Halua kenari masuk kedalam daftar kuliner atau Makanan Khas Melonguane Talaud  Sulawesi Utara yang wajib dicoba. Halu bentuknya mirip seperti gula-gula kacang. Rasanya manis dan gurihnya kacang kenari membuat cemilan satu ini banyak diminati. Aroma kenari yang kental dan sangat harum pada cemilan ini, sehingga membuat susah berhenti ngunya terus.

Cemilan ini sangat pas dinikmati bersama secangkir teh atau kopi sambil menikmati keindahan alam sekitar halaman rumah atau dimana pun. Halua kenari mudah ditemukan di pusat oleh-oleh di Manado.

Leave a Reply