Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Bitung yang Lezat

makanan khas kota Bitung

makanan khas kota Bitung

Makanan khas kota Bitung sangat banyak. Semuanya sangat mengundang selera dan harganya terjangkau. Maka dari itu, rugi jika datang ke tempat ini tetapi tidak mencicipi kuliner khas-nya.

makanan khas bitung

Nah, untuk kamu yang sedang ke Bitung dan ingin mencicipi makanan yang lezat. Silakan lihat daftar list di bawah. Ini merupakan kuliner khas Bitung yang nikmat dan murah. Ini dia list-nya:

1. Halu Kenari

Halu Kenari

Makanan khas kota Bitung yang pertama adalah Halu Kenari. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar kacang kenari. Maka dari itu, selain rasanya lezat juga menyehatkan.

Halu kenari adalah kue kering yang dibuat dari kacang kenari yang dilapisi dengan gula jawa atau gula merah. Setelah itu dimasukkan ke dalam adonan dengan menggunakan bumbu khusus.

Makanan ini tidak hanya lezat tetapi juga murah meriah. Satu porsinya dijual dengan harga Rp10.000 rupiah saja. Nah, jika ingin mencicipinya silakan beli digerai oleh-oleh yang ada di Bitung.

2. Panada

Panada

Makanan khas Kota Bitung yang kedua adalah Panada. Ini sejenis hot dog tetapi tidak membuat tenggorokan serak. Karena minyak goreng yang digunakan disaring terlebih dahulu sampai kering.

Panada adalah makanan Minahasa termasuk Manado dan Bitung. Kuliner ini sudah ada sejak Portugis menjajah daerah ini. Maka dari itu, wajar kalau sampai saat ini, kuliner tersebut masih tetap dipertahankan.

Kue panada adalah roti goreng isi. Yang mana di dalamnya dimasukkan ikan cakalang cincang dan bawang yang harum. Setelah itu baru dibungkus dengan roti yang digoreng terlebih dahulu.

3. Pala Manis

Pala Manis

Kuliner selanjutnya yang rugi jika tidak dinikmati saat ke Bitung adalah Pala Manis. Sesungguhnya makanan ini sama dengan manisan yang lainnya. Tetapi Pala Manis ala Bitung dan Manado lebih kental dan lebih berasa manisnya.

Kudapan ini juga makanan khas Minahasa bahkan sudah diekspor ke manca negara dalam bentuk kue kering kemasan. Maka dari itu, makanan dari pala yang dilumuri gula ini tetap dilestarikan sampai saat ini.

Perbedaan pala manis Bitung dengan daerah yang lain adalah penggunaan jenis gula. Yang mana di daerah lain biasanya menggunakan gula pasir. Sedangkan pala manis di Bitung menggunakan gula aren.

4. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Kuliner khas yang selanjutnya ini sangat unik. Namanya saja lucu yaitu Kacang Goyang tak ubahnya tarian dangdut saja. Sekalipun demikian kuliner ini rasanya sangat nikmat. Selain itu bentuknya juga lucu dan warna-warni.

Kacang goyang adalah kuliner yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. Bahkan pada acara-acara adat dan acara resmi lain, sudah banyak yang menyuguhkan makanan ini.

Ini tak lain disebabkan masyarakat masih banyak yang membuatnya. Bahkan generasi muda di Bitung juga diajarkan untuk membuat makanan ini.

Kacang goyang terbuat dari tepung terigu yang di dalamnya dilapisi dengan kacang atom yang renyah. Nah, di bagian luarnya dilapisi dengan gula warna-warni.

Warna-warna inilah yang membuatnya penganan terlihat unik dan memancing selera. Apalagi perpaduan rasa gurih kacang dengan gula yang lezat, semakin membuat lidah bergoyang.

5. Dodol Amurang

Dodol Amurang

Kuliner khas Bitung yang selanjutnya adalah Dodol Amurang. Ini juga tergolong makanan tradisional di Bitung dan Manado yang rugi jika tidak dinikmati. Apalagi harganya murah serta bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Dodol Amurang dibuat dari gula aren yang dipadatkan. Setelah itu dibaurkan dengan beras ketan halus agar memiliki tekstur yang renyah.

Setelah itu baru diberikan sedikit santan serta kayu manis sebagai penyedap rasa. Tambahan kacang cincang juga tidak dilupakan. Karena makanan inilah yang sejatinya membuat dodol Amurang berbau harum.

Jika semua bahan terkumpul, baru dodol dimasukkan ke dalam daun kelapa. Jika sudah terbentuk dengan rapi, baru dilakukan pengukusan selama satu jam saja.

Nah jika kebetulan ke Bitung, dan menemukan makanan ini, langsung dibeli saja. Harganya murah kok tidak sampai Rp6.000 rupiah saja per-kuenya.

6. Shasibi

Shasibi

Kuliner khas Bitung yang terakhir adalah Shasibi. Ini adalah kuliner yang dibuat dari ikan tuna segar. Uniknya makanan ini dihidangkan dalam keadaan mentah. Hanya dilumuri dengan bumbu tertentu saja.

Jika dilihat dari bentuk pengolahan, makanan ini sama dengan Shasimi yang merupakan makanan khas Jepang. Tentunya dari segi rasa berbeda karena ikan yang digunakan juga berbeda.

Itulah beberapa makanan khas kota Bitung yang nikmat, lezat dan harganya murah. Silakan cicipi masakannya lalu nikmati keindahan alamnya yang juga mempesona dan sangat mengagumkan.

Leave a Reply