Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kuantan Singingi

6 Kuliner dan Makanan Khas Kuantan Singingi

gelamai, Makanan Khas Kuantan Singingi - Sumber: diskopdagrin.kuansing.go.id

Seiring berkembangnya zaman, kuliner dan makanan khas Kuantan Singingi mulai terguusur keberadaannya. Hal ini dapat dilihat dari sekian banyaknya rumah makan yang ada di Kuantan Singingi, Riau hanya sekitar 1 atau 2 rumah makan saja yang menyediakan kuliner dan makanan khas Kuantan Singingi.

Padahal kuliner dan makanan khas Kuantan Singingi terkenal sangat enak dan dapat menggugah selera bagi siapa saja yang menikmatinya. Nah, mari kita rangkum apa saja 6 kuliner dan makanan khas Kuantan Singingi di bawah ini!

1. Konji Gisal

koni gisal Kuliner dan Makanan Khas Kuantan Singingi-konji

Konji Gisal, Makanan Khas Kuantan Singingi – Sumber: lifestyle.okezone.com

Konji gisal adalah kuliner dan makanan khas dari daerah Kabupaten Kuantan Singingi tepatnya ada di daerah Kecamatan Gunung Toar. Konji Gisal terbuat dari sejumlah bahan makanan, seperti tepung beras, gula pasir, dan santan kelapa.

Cara membuatan konji seperti berikut yaitu, sebelum dimasak, tepung beras dan santan kelapa diaduk sampai rata. Setelah itu, adonan diletakan di dalam cetakan tradisional yang terbuat dari bahan besi seng yang sudah dilubangi.

Setelah itu, adonan tersebut diletakkan di atas bahan cetakan sambil ditekan-tekan sedemikian rupa sampai keluar dari lobang dan akan berbentuk panjang seperti mie lidi. Kemudian direbus dengan santan sampai matang dan siap untuk disantap.

2. Galamai

Galamai, Kuliner dan Makanan Khas Kuantan Singingi

Galamai, Makanan Khas Kuantan Singingi – Sumber: republika.co.id

Galamai adalah salah satu makanan ringan dengan bahan dasar tepung beras ketan, gula aren, dan santan yang berasal dari daerah Kuantan Singingi namun, masyarakat juga biasa menggunakan gula pasir sebagai ganti gula aren. Jika di daerah lain, makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol.

Hampir semua suku yang di Indonesia memiliki jenis makanan ringan seperti ini. Makanan galamai ini biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan dan pesta adat lainnya serta menjelang hari raya namun di pusat oleh-oleh, makanan galami tersebut juga disediakan dan sudah dikemas.

Cara membuat galamai yaitu tepung beras ketan dimasak bersama santan kelapa dengan menggunakan gula tebu dengan menggunakan kuali yang sangat besar. Makanan galamia ini biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan dan pesta adat lainya.

Galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama. Hasil dari masakan ini berbentuk makan yang bewarna hitam mengkilat dan terasa manis.

 3. Lomang

6 Kuliner dan Makanan Khas Kuantan Singingi-loman

Lomang, Makanan Khas Kuantan Singingi – Sumber: flickr.com

Lomang adalah kuliner dan makanan khas Kuantan Singingi dengan bahan-bahan yang begitu mudah yaitu beras ketan, santan, dan sedikit garam. Bambu menjadi alat memasak lomang tidak sembarangan bambu. Bambu yang dipakai memiliki ciri-ciri kulit bambu tipis, banyak debu rittopnya. masih muda, dan sedikit panjang.

Meskipun begitu, di berbagai daerah cara memasaknya berbeda juga. Beras ketan di cuci kemudian dimasukkan ke dalam bambu, setelah itu diisi dengan santan kelapa. Kemudian bambu ditutup dengan daun pisang. Api yang digunakan tidak terlalu panas, agar lomang masak dengan sempurna.

Menikmati lomang disesuaikan dengan selera. Dapat dinikmati dengan rendang, gula, atau dinikmati langsung.

Baca Juga ya :

4. Kue Pinyaram, Makanan Khas Kuantan Singingi

Kue Pinyaram, Makanan Khas Kuantan Singingi

Kue Pinyaram, Makanan Khas Kuantan Singingi – Sumber: cookpad.com

Kue pinyaram adalah kuliner dan makanan khas Kuantan Singingi dan umumnya kue pinyaram ini dibuat saat menyambut hari raya dan perayaan khusus. Kue pinyaram dibuat dari campuran gula aren, tepung beras putih, dan santan.

Cara membuat kue pinyaram dengan cara digoreng menggunakan kuali yang sekaligus dipakai sebagai cetakan. Rasa dari kue pinyaran ini cukup beragam yaitu original, durian, dan pisang.

Kue pinyaram ini terlihat mirip dengan kue cucur khas Betawi dan bahan-bahan yang digunakan kurang lebih hampir sama.

5. Wajik Takiak

6 Kuliner dan Makanan Khas Kuantan Singingi-wajik

Wajik Takiak, Makanan Khas Kuantan Singingi – Sumber: resepcaramemasak.info

Wajik adalah makanan khas yang umum di Riau namun masing-masing daerah di Riau mempunyai khas tersendiri untuk makanan wajik ini seperti di Muaralembu salah satu kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi namanya makanan wajik ini unik yaitu wajik takiak.

Kalau kamu berkunjung ke Riau sambil menikmati wisata Riau dan kebetulan sedang berada di Kuantan Singingi, kamu wajib mencoba wajik takiak ini.

6. Kue Talam Cik Minyak

6 Kuliner dan Makanan Khas Kuantan Singingi-kue

Kue Talam Cik Minyak, Makanan Khas Kuantan Singingi – Sumber: cookpad.com

Kue talam cik minyak adalah kuliner dan makanan khas Kuantin Singigi lainnya yang harus kalian coba. Di bulan puasa, kue talam cik minyak menjadi salah satu menu buka puasa yang cukup populer. Kue talam cik minyak umumnya dibuat dengan bahan baku tepung-tepungan.

Tepung-tepungan termasuk karbohidrat sederhana yang mempunyai nilai indeks glikemik yang tinggi. Kue talam cik minyak ini sejenis kue lapis yang terdiri dari lebih 5 lapisan. Bahan untuk membuat kue talam cik minyak adalah tepung beras, tepung tapioka, tepung maizena, gula merah, santan, garam, dan daun pandan.

Tepung beras, tapioka, dan gula merah dibuat adonan dan direbus lalu dituangkan sehingga membentuk 4 lapisan. Kemudian tepung maizena dan santan direbus dan dituangkan pada lapisan paling atas. Garam dan daun pandan sebagai pelengkap dalam setiap adonan.

Leave a Reply