Danau, Air Terjun, Alam

5 Tempat Wisata di Kuantan Singingi yang Paling Hits

Tempat Wisata di Kuantan Singingi

Tempat Wisata di Kuantan Singingi - riauonline

Tempat Wisata di Kuantan Singingi – Kuantang Singingi merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Riau, Indonesia. Kabupaten ini memiliki ragam budaya, salah satu diantaranya adalah perahu Beganduang yakni atraksi budaya dan perayaan masyarakat Kuantan ditandai dengan parade sampan tradisional yang dihiasi dengan berbagai ornamen dan warna-warna yang menarik.

Tak hanya itu, Kuantan Singingi ternyata juga memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dari tempat wisata lain di Indonesia. Nah, berikut adalah 5 tempat wisata di Kuantan Singingi yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Dijamin bisa membuatmu senang dan segar kembali.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Paling Seru di Kabupaten Bengkalis

1. Air Terjun Patisoni

air terjun patisoni, Tempat Wisata di Kuantan Singingi

air terjun patisoni, Tempat Wisata di Kuantan Singingi – instagram/tripriau

Kuantan Singingi memiliki cukup banyak pariwisatan air terjun, salah satu contohnya adalah Air Terjun Patisoni. Air terjun ini terletak di tengah kawasan hutan karet dan sawit, tepatnya di Desa Seberang Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik yang berjarak sekitar 22 km dari pusat Kota Teluk Kuantan.

Air terjun patisoni memiliki ketinggian sekitar 50 meter yang terdiri atas 3 tingkat dan masing-masing tingkat jaraknya sekitar 10 meter. Di bawahnya terdapat waduk yang cukup luas yakni sekitar 8-10 meter persegi. Debit air yang cukup besar dan segarnya air yang jatuh dari atas, cukup menantangmu untuk berenang di bawahnya. Namun, kamu harus tetap waspada. Sebab, waduk yang berada di bawah curahan air terjun ini sangatlah dalam.

Walaupun jarak tempuh ke Tempat Wisata di Kuantan Singingi ini alias ke Air Terjun Patisoni bisa dikatakan cukup jauh dan terletak di tengah hutan, kamu masih bisa pergi kesana menggunakan motor. Tidak sulit, bukan?

2. Air Terjun Anak Sungai Kandi

Air Terjun Anak Sungai Kandi

Air Terjun Anak Sungai Kandi- wisato

Masih tetap dengan Tempat Wisata di Kuantan Singingi, berikutnya adalah Air Terjun Anak Sungai Kandi. Air terjun ini juga disebut dengan Air Terjun Kelelawar karena terletak di di Desa Sungai Kelelawar, Kecamatan Kuantan Mudik.

Air Terjun Anak Sungai Kandi memiliki dua tingkat dengan ketinggian 20 meter untuk tingkatan pertama dan 3 meter untuk tingkatan kedua. Panorama indah dan lingkungan yang masih alami, bisa kamu nikmati di air terjun ini.

Kamu juga bisa dengan leluasa mengeksplornya karena pengunjung yang datang tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan jarak tempuh selama 3 jam melewati hutan karet hanya bisa dilalui dengan jalan kaki karena Medan tempuhnya sulit untuk di jangkau.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jailolo Malmahera Barat

3. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai – riauonline

Selanjutnya Tempat Wisata di Kuantan Singingi adalah Air Terjun Guruh Gemurai yang terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik. Air terjun ini memiliki 7 tingkat, namun wisatawan lebih menyukai di tingkat pertama karena memiliki kolam alami yang dapat digunakan untuk mandi dan berenang. Selain itu, juga terdapat bebatuan yang menambah keeksotisan tingkat pertama air terjun ini.

Berbeda dengan dua air terjun di atas, air terjun Guruh Gemurai merupakan air terjun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebab, jarak tempuh dan medannya sangat mudah untuk dijangkau dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan.

Tidak sampai disitu, air terjun ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi wisatawan seperti area parkir, kamar mandi dan toilet, tempat ibadah serta pentas terbuka yang dapat disewa untuk menggelar event atau acara-acara tertentu. So, kamu wajib mengunjungi air terjun ini.

4. Danau Rawang Udang

danau Rawang Udang

danau Rawang Udang – tempo

Selain air terjun, Tempat Wisata di Kuantan Singingi juga memiliki wisata air lainnya, yakni danau Rawang Udang. Danau ini terletak di Desa Talontam Benai, Kecamatan benai yang berjarak sekitar 12 km dari pusat Kota Teluk Kuantan. Sejak dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1999, Danau Rawang Udang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jarak tempuhnya pun cukup dekat dengan pusat kota serta bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Selain pemandangan indah yang mengelilingi danau ini, terdapat pula beberapa fasilitas lain yang bisa kamu nikmati. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya, berbagai macam wahana permainan air, aneka permainan anak, MCK, panggung terbuka, kafetaria, mushollah, area parkir serta yang lain. Nah, sepertinya danau ini bisa masuk ke dalam daftar tempat wisatamu selanjutnya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Rengat Indragiri Hulu

5. Hutan Kota Pulau Bungin

Puas menikmati indahnya wisata air, kali ini Tempat Wisata di Kuantan Singingi  akan menyuguhkan tempat wisata asri yang tak kalah indah, yakni Hutan Kota Pulau Bungin yang terletak di pusat kota Teluk Kuantan.

Hutan yang dijadikan sebagai kawasan terbukan hijau ini menjadi tempat wisata yang cukup murah bagi wisatawan. Selain itu, rindangnya pepohonan juga dijadikan sebagai tempat untuk mengurangi populasi.

Jika pergi ke hutan ini, kamu bisa menikmati segarnya udara yang dihasilkan oleh pohon-pohon jati besar dan tinggi yang tumbuh di kawasan hutan tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas lain seperti tempat duduk di beberapa titik, jogging track untuk yang ingin berolahraga, serta area outbond. So, kamu bisa berwisata sekaligus berolahraga.

Nah, itulah 5 tempat wisata di Kuantan Singingi yang wajib masuk ke dalam daftar tempat wisatamu selanjutnya.

Leave a Reply