6 Wisata Kuliner dan Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Wisata Kuliner dan Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Asam Oedas ikan Baung, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Asam Oedas ikan Baung, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu - Sumber: cookpad.com

Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan HuluRokan Hulu adalah salah satu kabupaten yang ada di kota Pasir Pengaraian, Provinsi Riau. Kabupaten Rokan Hulu mempunyai luas 7.449.85 kilometer persegi. Rokan Hulu dikenal sebagai daerah negeri seribu suluk karen Rokan Hulu  kaya akan nilai-nilai keagamaannya yang kuat dan menjunjung tinggi rasa keagamaan.

Makanan Khas Rokan Hulu

Makanan Khas Rokan Hulu

Sumber:travel.tribunnews.com

Makanan khas Rokan Hulu merupakan makanan yang menjadi ciri khas dari Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Di Rokan Hulu mempunyai beberapa makanan khas yang rasanya tidak kalah dengan makanan yang ada di berbagai daerah lainnya. Makanan Rokan Hulu termasuk makanan yang paling dicari oleh para wisatawan.

Berikut  Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu yang enak dan mempunyai banyak keunikan saat disantap serta menjadi makanan yang paling dirindukan saat jauh dari Kabupaten Rokan Hulu.

1. Sambal Lado Pokek Asam Durian

Sambal Lado Pokek Asam Durian, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Sambal Lado Pokek Asam Durian, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu – Sumber: cookpad.com

Sambal lado pokek asam durian sangat terkenal di Rokan Hulu, kamu bisa menanyakan ke tempat-tempat jualan nasi di sekitaran Rokan Hulu, namun sammbal lado pokek asam durian yang sangat terkenal ini susah ditemui di Rokan Hulu.

Sambal lado pokek asam durian sangat menjaga rasa dan ciri khasnya, sambal lado pokek asam durian dibuat dari bahan-bahan seperti santan, 100 gr cabai, ikan teri, lonjor petai sesuai selera anda, bawang merah, 4-5 sendok durian yang sudah diasamkan, dan garam secukupnya. Sambal khas Rokan ini juga menjadi Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu yang wajib kamu coba tentunya.

Cara membuatan sangat mudah, kamu bisa membuatnya di rumah. Pertama yang kamu lakukan adalah haluskan cabai, garam, dan bawang, lalu masak sampai mendidih sambil diaduk perlahan santan, cabai, dan asam durian tunggu sampai hampir kering lalu masukkan ikan teri dan petai yang sudah di kupas kulitnya. Kemudian masak lagi sampai kering.Sambal lado kokek durian siap dimakan.

2. Asam Pedas Ikan Baung

Asam Pedas Ikan Baung, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Asam Pedas Ikan Baung, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu – Sumber: cookpad.com

Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu selanjutnya adalah Asam pedas ikan baung.  Asam pedas ikan baung dibuat dari ikan baung yang segar dan  masih baru. Ikan baung dipilih dalam masakan asam pedas karena memiliki daging yang empuk dan enak saat dimasak dengan asam pedas.

Asam Pedas Ikan Baung tentunya berbahan dasar Ikan Baung yakni jenis ikan yang banyak ditemukan disungai Rokan. Selan teksturenya yang lembut dan juga rasa ikan yang gurih, ikan jenis ini sangat pas bila dibuat asam pedas dan tambahan potonga nanas.

Baca Juga ya :

3. Ongol-ongol Khas Rokan Hulu

Ongol-ongol Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Ongol-ongol Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu – Sumber: tokopedia.com

Ongol-ongol adalah salah satu Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu selanjutnya yang wajib kalian coba. Makanan ini adalah sejenis makanan yang terbuat dari tepung sagu dan ditambah gula merah.

Ongol-ongol sangat cocok di jadikan untuk oleh-oleh dan makanan untuk bersantai. Ongol-ongol termasuk makanan yang terkenal di Rokan Hulu. Cara pembuatan ongol-ongol sangat mudah, pertama panaskan air.

Setelah mendidih, masukkan gula merah dan tunggu sampai larut pada air. Selanjutnya saring tepung sagu dan masukkan ke dalam wajan yang berisi larutan gula merah, lalu aduk perhalan sampai mengental. Setelah mengental, masukkan ke atas talam dan potong kecil-kecil. Ongol-ongol dipindahkan ke piring siap disajikan.

4. Anyang Pangkek

Anyang Pangkek, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu

Anyang Pangkek, Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu – Sumber: m.tribunnews.com

Makanan Khas Pasir Pengaraian Rokan Hulu yang cukup populer di tengah masyarakat adalah salah satunya anyang pangkek. Anyang pangkek menggunakan 2 bahan baku utama yang itu pangkek artinya rotan dan pakis. Sekilas anyang pangkek terlihat seperti urap, tapi bedanya urap menggunakan kelapa parut sedangkan anyang pangkek menggunakan santan.

Leave a Reply