6 Kuliner dan Makanan Khas Selatpanjang Pulau Meranti - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Selatpanjang Pulau Meranti

6 Kuliner dan Makanan Khas Selatpanjang Pulau Meranti

Sumber: thespruceeats.com

Selatpanjang merupakan ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Indonesia. Kota Selatpanjang adalah Ibu kota Kecamatan Tebing Tinggi yang terletak di bagian pesisir utara Pulau Tebingtinggi dan memiliki wilayah seluas 45,44 kilometer persegi dan jumlah penduduk sebanyak 76.763 jiwa (Susnas 2010).

Kota Selatpanjang berjulukan sebagai kota sagu karena daerah ini termasuk salah satu Kawasan Pengembangan Ketahanan Pangan Nasional karena penghasil sagu terbesar di Indonesia. Sebelum pemekaran wilayah pada tahun 2009, Kota Selatpanjang berada dalam wilayah Kabupaten Bengkalis.

Sejarah

 6 Kuliner dan Makanan Khas Selatpanjang Pulau Meranti

Sumber: soewandy-nge.blogspot.com

Kota Selatpanjang adalah pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti. Dahulu salah satu bandar paling sibuk dan terkenal perniagaannya dalam Kesultanan Siak. Selatpanjang sejak dahulu telah terbentuk masyarakat heterogen, terutama suku Melayu dan Tionghoa.

Faktor inilah yang kemudian menjadikan Selatpanjang menjadi wilayah perdagangan dan lalu lintas barang barang maupun manusia dari China ke Indonesia dan sebaliknya.

Geografi

 6 Kuliner dan Makanan Khas Selatpanjang Pulau Meranti

Sumber: id.wikipedia.org

Selatpanjang terletak di bagian utara Pulau Tebing Tinggi, secara geografis terletak antara 0° 48′ 36″ – 1° 2′ 24″ Lintang Utara, dan 102° 25′ 12″ – 103° 0′ 0″ Bujur Timur. Selatpanjang sangat strategis karena dekat dengan negara tetangga.

Selatpanjang ada di jalur pelayaran dan perdagangan internasional Selat Malaka di Malaysia dan Singapura dan secara tidak langsung sudah menjadi daerah Hinterland Kawasan Free Trade Zone Batam dan Tanjung Balaikarimun sekaligus juga berada Kawasan Segitiga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia-Malaysia-Singapore.

Karena letaknya, Selatpanjang menjadi salah satu daerah yang berpotensi untuk mengembangkan ekonomi. Kota Selatpanjang terletak di Pulau Tebingtinggi di mana daerah pulau ini merupakan daratan rendah dan sebagian wilayahnya masih terdiri dari daerah rawa-rawa dan hutan bakau.

Karena Selatpanjang menjadi tempat peleburan tradisi dan budaya sehingga kuliner dan makanannya pun beragam. Yuk simak kuliner dan makanannya!

Kuliner

Mie Sagu

 6 Kuliner dan Makanan Khas Selatpanjang Pulau Meranti

Sumber: shopee.co.id

Mie Sagu adalah kuliner dan makanan khas Selatpanjang dan dikenal luas di Indonesia bahkan luar negeri. Mie sagu berwarna agak bening, tekstur kenyal, dan ukurannya lebih besar. Penyajian mie sagu ini sudah beragam, tetapi pada umumnya penyajiannya digoreng dengan taburan kucai, tauge, udang, dan ikan teri.

Mie Sultan

 6 Kuliner dan Makanan Khas Selatpanjang Pulau Meranti

Sumber: miesultan.blogspot.com

Leave a Reply