Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Ikan Senangin Bakar, Makanan Khas Kuala Tungkal

Ikan Senangin Bakar, Makanan Khas Kuala Tungkal - jambi.tribunnews.com

Makanan Khas Kuala Tungkal – Tanjung Jabung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi dengan ibu kota bernama Kuala Tungkal. Kota yang cukup besar ini memiliki berbagai jenis kuliner khas yang menggugah selera.

Makanan utama yang khas daerah ini adalah makanan laut (sea food). Sebagian besar sajian yang spesial berisi ikan dan udang yang begitu segar. Kalau soal rasa tidak usah diragukan karena semua orang pasti menyukainya.

Simak 6 kuliner dan makanan khas Kuala Tungkal kabupaten Tanjung Jabung Barat yang mirip dengan kuliner Muara Bulian berikut ini.

1. Ikan Malung Bakar

Ikan Malung Bakar, Makanan Khas Kuala Tungkal

Ikan Malung Bakar, Makanan Khas Kuala Tungkal – food.detik.com

Ikan Malung Bakar adalah salah satu kuliner tau Makanan Khas Kuala Tungkal yang pertama yang haru skalian coba. Ikan malung adalah salah satu ikan unik yang hanya hidup di Tanjung Jabung Barat.

Keunikan dari ikan malung terletak pada gelembung atau pelampung ikan yang ada di perut. Gelembung ini disebut pelupo. Bentuknya panjang dan berwarna putih gading transparan.

Uniknya, gelembung ini tidak dibuang saat membersihkan ikan. Bahkan, pelupo paling banyak dicari karena orang-orang Tionghoa memakainya untuk dijadikan obat. Harga gelembung ini jauh lebih mahal daripada ikannya, yaitu sekitar Rp 2-7 juta per kilogram. Gelembung ini banyak diekspor hingga ke negeri tirai bambu (China).

Selain memiliki gelembung, ikan ini sangat besar bisa mencapai 1 meter. Ikan ini bisa diolah menjadi berbagai makanan, tetapi ikan malung bakar paling digemari oleh masyarakat setempat. Ikan malung bakar sangat cocok untuk santap siang. Jika dimakan dengan nasi, rasanya yummy.

Ikan yang panjang ini perlu dibakar di arang yang ukurannya khusus. Bahkan, proses memasaknya bisa memakan waktu hingga 2 jam. Daging ikan ini sangat empuk dan enak, tetapi harus berhati-hati dengan duri kecil di dalam dagingnya.

2. Pangi Udang Ketak, Makanan Khas Kuala Tungkal

Pangi Udang Ketak, Makanan Khas Kuala Tungkal

Pangi Udang Ketak, Makanan Khas Kuala Tungkal – cookpad.com

Jambi khususnya Tanjung Jabung Barat tidak hanya memiliki ikan malung yang unik dan langka. Ternyata daerah ini juga memiliki udang ketak yang langka karena hanya ada di perairan Jambi.

Udang ini kerap dimasak menjadi berbagai makanan dan digemari oleh masyarakat setempat. Salah satu menu masakan yang paling digemari adalah Pangi Udang Ketak. Rasanya begitu khas dan unik. Siapapun yang mencicipi pasti akan ketagihan. Tak heran jika Pangi Udang Ketak juga menjadi salah satu Makanan Khas Kuala Tungkal.

Baca juga ya :

3. Ikan Senangin Bakar

Ikan Senangin Bakar, Makanan Khas Kuala Tungkal

Ikan Senangin Bakar, Makanan Khas Kuala Tungkal – jambi.tribunnews.com

Ikan senangin adalah ikan khas Tanjung Jabung Barat. Olahan Ikan senangin yakni dengan cara dibakar. Ikan Senangin Bakar jug amenjadi salah satu Makanan Khas Kuala Tungkal yang haru skalian coba.

Dalam Bahasa inggris, ikan ini disebut Indian Salmon atau Giant/Fourfinger Threadfin. Ikan ini begitu besar, bahkan ketika disajikan setelah dibakar, satu kepala ikan ini saja sudah memenuhi setengah piring besar. Sebenarnya ikan senangin bisa dimasak dalam bentuk apa saja sesuai selera, tetapi masyarakat setempat lebih menyukai ikan senangin bakar.

Bumbu gurih pedas yang dioleskan pada ikan sebelum dibakar menjadikan cita rasa makanan ini begitu unik. Selain itu, ikan bakar ini disajikan dengan sambal mentah. Benar-benar lezat, siapapun pasti menyukainya.

4. Tapai Ketan Hitam

Tapai ketan Hitan, Makanan Khas Kuala Tungkal

Tapai ketan Hitan, Makanan Khas Kuala Tungkal – faktualnews.co

Tapai ketan hitam adalah menu yang biasa disajikan ketika Idul Fitri. Para tamu yang datang berkunjung ke rumah-rumah orang bugis yang ada di kampung nelayan Kuala Tungkal akan disuguhi makanan ini.

Tapai ketan hitam disebut Gambang oleh mereka. Tapai akan disajikan berkuah yang rasanya manis karena telah dicampur bersama ragi yang berkualitas. Tapai ketan Hitan juga masuk kedalam daftar Makanan Khas Kuala Tungkal Jambi yang wajib kamu cicipi.

5. Buras khas Bugis

Buras Khas Bugis, Makanan Khas Kuala Tungkal

Buras Khas Bugis, Makanan Khas Kuala Tungkal – katalogkuliner.com

Orang-orang Suku Bugis di Kampung Nelayan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) kerap menyediakan makanan khas sukunya ketika lebaran. Salah satu makanan khas yang disajikan adalah Buras atau mereka menyebutnya Burasa.

Jika dilihat sekilas, Burasa ini sangat mirip Lemper. Jika orang-orang di daerah lain, khususnya Pulau Jawa biasanya menyediakan ketupat ketika lebaran maka orang-orang Bugis justru menyajikan burasa. Burasa terbuat dari beras pulen yang dimasak dengan santan kelapa, lalu dibungkus dengan daun pisang.

Bentuknya unik, yaitu persegi panjang. Tidak seperti buras pada umumnya. Burasa ini biasanya dimakan bersama kari ayam dan makanan lainnya yang biasa disajikan ketika lebaran. Meski Burasa ini makanan orang bugis namun Burasa juga masuk menjadi salah satu Makanan Khas Kuala Tungkal yang wajib kalian coba.

6. Kue Bingke

Kue Bingke, Makanan Khas Kuala Tungkal

Kue Bingke, Makanan Khas Kuala Tungkal – idntimes.com

Kue Bingke yang kerap disebut Kue Bingka ini adalah salah satu Makanan Khas Kuala Tungkal, Tanjung Jabung barat Jambi. Makanan ini selalu ada ketika bulan Ramadhan. Warga setempat sangat gemar memakan kue ini saat berbuka puasa.

Berbuka puasa memang seharusnya dengan makanan dan minuman manis sehingga kue dengan rasa manis dan tekstur lembut ini sangat cocok untuk dicicipi.

Kelebihan lainnya dari kue ini adalah aromanya yang begitu menggoda untuk dicicipi. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue bingke antara lain tepung beras dan bahan campuran lain yang menjadi rahasia sehingga rasanya begitu khas.

**

Itulah 6 kuliner dan makanan khas Kuala Tungkal kabupaten Tanjung Jabung Barat yang harus dicoba ketika berada di sana. Jambi memang tidak besar, tetapi kuliner khasnya begitu beragam sehingga sangat cocok untuk menjadi wisata kuliner di Jambi.

Pantang pulang sebelum kenyang adalah motto yang paling pas ketika mengunjungi Jambi, khususnya Tanjung Jabung Barat.

Leave a Reply