Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Pagar Alam

ikan semah, Makanan Khas Kota Pagar Alam

Makanan Khas Kota Pagar Alam

Makanan Khas Kota Pagar Alam – Kuliner dan makanan khas suatu daerah menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Aspek itu juga yang dimiliki oleh Kota Pagar Alam, yakni salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Kota dengan julukan “Kota 1000 Air Terjun” ini selain menawarkan tempat wisata air terjun seperti Air Terjun Besemah Mingkik, Air Terjun Embun, Air Terjun Lematang Indah, kota ini juga menyediakan kuliner dan makanan khas yang hanya bisa dijumpai jika kalian berkunjung ke Kota Pagar Alam.

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai 6 kuliner dan makanan khas Kota Pagar Alam.

1. Kelicok

kelicok,Makanan Khas Kota Pagar Alam

Kelicok – Makanan Khas Kota Pagar Alam Foto: instagram.com/rina_susanti_maram/

Makanan khas Kota Pagar Alam yang pertama adalah kelicok. Berbahan dasar pisang dan ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus ini memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih. Kelicok memiliki tekstur yang khas yaitu legit dan lengket.

Kelicok termasuk jajanan pasar yang sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Pagar Alam. Cara memasaknya yang menggunakan kukusan dinilai lebih sehat dibandingkan makanan sejenis yang di goreng.

2. Nasi Ibat Daun,Makanan Khas Kota Pagar Alam

nasi ibat daun,Makanan Khas Kota Pagar Alam

Nasi Ibat – Kuliner Khas Kota Pagar Alam Foto: instagram.com/papa_aisha

Makanan Khas Kota Pagar Alam yang kedua adalah Nasi Ibat. Pada dasarnya, nasi ibat daun itu adalah jenis olahan beras yang dimasak dalam bungkusan daun pisang dengan tujuan untuk menambah aroma dan agar teksturnya lebih lembut.

Menu nasi ibat biasanya selalu hadir pada baik acara adat ataupun di acara keluarga sebagai sumber karbohidrat utama. Nasi ibat sangat cocok dikonsumsi dengan lauk khas Kota Pagar Alam lainnya seperti pindang kuah kuning.

Baca Juga ya :

3. Pindah Kuah Kuning Besemah

pindang kuning

Pindang Kuah Kuning Besemah – makanan Khas Kota Pagar Alam Foto: @nvsugrzan/

Lauk khas dengan bahan dasar ikan sungai seperti ikan patin, gabus, toman, atau baung ini mempunyai kuah yang berwarna kuning karena menggunakan kunyit, jahe, laos dan serai. Rasa pedasnya berasal dari cabai merah yang ditambahkan juga pada kuah kuningnya.

Pindang kuah kuning besemah dapat memanjakan lidah kalian dengan kayanya cita rasa rempah dan aroma yang menggugah selera. Masyarakat Kota Pagar Alam percaya bahwa mengonsumsi pindang kuah kuning besemah dapat berkhasiat bagi kesehatan tubuh karena penggunaan rempah-rempahnya.

4. Ikan Sema Masak Bambu

ikan semah

Ikan Semah Masak Bambu – Kuliner Khas Kota Pagar Alam Foto: instagram.com/dorisgawan/

Ikan memang menjadi sumber protein favorit yang sering digunakan oleh masyarakat Kota Pagar Alam untuk dijadikan lauk pelengkap nasi. Ikan sema masak bambu adalah salah satu olahan ikan yang sering dimasak dan dijajakan oleh warung atau rumah makan.

Penggunaan bambu untuk memasak menjadikan kuliner khas Pagar Alam ini menjadi sangat unik. Rasanya sangat lezat dan memiliki aroma yang sangat wangi. Bumbu dasar yang digunakan pada masakan ini terdiri dari bawang putih, laos, cabai merah, kunyit, jahe,  kemiri, dan sereh yang ditumbuk halus, lalu ditambahkan tomat ceri dan daun salam.

Bumbu dioles secara merata pada ikan, kemudian ikan  dibungkus dengan daun pisang dan dibiarkan sekitar 10-15 menit,  lalu dimasukkan dalam bambu untuk dimasak hingga matang di atas sumber bara api.

5. Gulai Pindang

gulai pindang, Makanan Khas Kota Pagar Alam

Gulai Pindang – Kuliner Khas Kota Pagar Alam Foto: instagram.com/kakherd/

Olahan ikan lainnya yang khas dari Kota Pagar Alam yaitu gulai pindang. Masakan gulai biasanya dimasak dengan bahan yang ditumbuk sampai halus, tetapi gulai pindang ini bumbunya berasal dari bahan yang diiris kasar namun berukuran tidak terlalu besar.

Seluruh bumbu dimasukkan ke dalam air mendidih lalu ditambahkan ikan dan dimasak hingga matang. Cita rasa gurih gulai masih sangat terasa di hidangan pindang ini.

6. Nasi Samin

nasi samin

Nasi Samin – Kuliner Khas Kota Pagar Alam Foto: instagram.com/yusufirawan79

Nasi samin sebenarnya adalah nasi dengan rempah-rempah yang terdiri dari cengkeh, kapulaga, dan kayu manis. Yang unik adalah penambahan nanas untuk menambah cita rasa dari olahan nasi ini.

Baca juga ini ya :

 

Leave a Reply