Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kisaran Asahan

anyang pakis, Makanan Khas Kisaran Asahan

anyang pakis, Makanan Khas Kisaran Asahan

Makanan Khas Kisaran Asahan – Ketika kalian berwisata ke Sumatera Utara jangan lupa untuk berkunjung ke daerah Kisaran, Kabupaten Asahan. Kabupaten yang mayoritas penduduknya adalah suku Melayu Asahan didominasi oleh tempat wisata air seperti Danau Teratai, Air Terjun Unong Sisapa, Air Terjun Ponot, Pelabuhan Bagan Asahan, dan Arung Jeram Sungai Asahan.

Selain tempat wisata yang menarik, Kabupaten Asahan juga memiliki keanekaragaman kuliner yang dapat menggoyang lidah. Berikut kami akan memberikan rekomendasi mengenai 6 kuliner dan makanan khas Daerah Kisaran Kabupaten Asahan yang wajib kalian coba.

1. Anyang Pakis, Makanan Khas Kisaran Asahan

anyang pakis Makanan Khas Kisaran Asahan

Anyang Pakis, Kuliner Khas Kisaran Asahan – Foto: instagram.com/rindu.medan/

Makanan Khas Kisaran Asahan yang pertama adalah anyang pakis. Berbahan dasar tumbuhan paku yakni pakis dan ditambah dengan sayuran lainnya seperti tauge, kacang panjang, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan daun pepaya yang direbus.

Sekilas hidangan ini seperti halnya urap yang sama ditaburi oleh parutan kelapa yang dibakar namun anyang pakis memiliki aroma yang khas. Aroma yang wangi dan segar dari anyang pakis berasal dari daun jeruk, bawang merah, serai dan ketumbar.

Makanan sehat ini bisa disantap dengan atau tanpa nasi dan bisa dengan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional yang ada di daerah Kisaran, Kabupaten Asahan.

2. Lemang

lemang, Makanan Khas Kisaran Asahan

lemang, Makanan Khas Kisaran Asahan – Foto: instagram.com/lemang.sg/

Kuliner khas adat Melayu ini berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan santan lalu dimasak dalam sebilah bambu yang sebelumnya telah ada daun pisang didalamnya. Hal unik terletak pada saat memasak lemang, lemang akan dibakar dalam bambu dengan posisi tegak lurus ke arah sumber bara api.

Makanan Khas Kisaran Asahan ini memiliki cita rasa gurih yang berasal dari santan. Lemang biasanya disantap dengan sesuatu yang manis seperti selai dan sarikaya. Hidangan khas ini juga dapat dinikmati dengan makanan gurih lainnya seperti rendang dan telur ayam.

Baca juga ya :

3. Bika Ambon

 

bika ambon, Makanan Khas Kisaran Asahan

bika ambon, Makanan Khas Kisaran Asahan – Foto: instagram.com/twinskitchenmedan/

Makanan Khas Kisaran Asahan selanjutnya adalah Bika Ambon. Nama ambon pada bika ambon diambil dari nama jalan Ambon yang ada di Sumatera Utara. Makanan yang berasa manis dan bertekstur legit ini telah menjadi panganan khas di daerah Sumatera Utara termasuk daerah Asahan.

Adonan bika ambon terdiri dari tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, garam, telur dan ditambahkan ragi agar bisa mengembang dan terfermentasi dengan baik. Aroma wangi dari bika ambon berasal dari penambahan daun pandan dan daun jeruk. Hidangan ini sangat cocok sebagai teman minum teh atau kopi.

4. Sayur Gurih Tauco

sayur gurih tauco, Makanan Khas Kisaran Asahan

Sayur Gurih Tauco, Kuliner Khas Daerah Kisaran Kabupaten Asahan – Foto: instagram.com/ciba_biru/

Sayur dengan kuah kental ini salah satu makanan favorit di daerah Asahan. Protein dari udang dan daging sapi dilengkapi juga dengan sayur nangka muda, buncis, dan tempe yang dipotong dadu. Makanan Khas Kisaran Asahan ini bis amudah dijumpai diwarung makan ditepi jalan.

Kuah kental beraroma khas dan gurih terbuat dari tauco dan santan yang dicampur dengan gula, garam, jahe, lengkuas, cabai dan merica untuk menambah sensasi pedas. Sayur gurih tauco ini sangat nikmat jika disajikan dengan nasi putih hangat ataupun lontong.

5. Miso Asahan

miso asahan, Makanan Khas Kisaran Asahan

Miso Asahan , Kuliner Khas Daerah Kisaran Kabupaten Asahan – Foto: dimanaja.com

Miso asahan merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal di Kabupaten Asahan. Miso pada dasarnya adalah hidangan berbahan dasar mie putih atau kuning yang disiram kuah khas panas.  Miso dilengkapi dengan suiran ayam kampung dan kerupuk berwarna merah.

Kuah kaldu ayam menjadikan miso ini memiliki rasa lezat dan gurih serta kaya rempah karena kuahnya terdiri dari bawang putih, merica, dan kemiri. Kalian sudah bisa mencicipi miso Asahan hanya dengan membayar Rp 12.000,-

6. Ikan Bakar Asahan

ikan bakar, Makanan Khas Kisaran Asahan

Ikan Bakar Asahan, Kuliner Khas Daerah Kisaran Kabupaten Asahan – Foto: instagram.com/masakjajan/

Kuliner yang sering dicari di Kabupaten Asahan diantaranya adalah ikan bakar. Ikan bakar disajikan secara segar dan dibakar dengan bumbu kecap manis dan cabai rawit dengan sensasi pedas manis. Makanan Khas Kisaran Asahan ini akan lebih nikmat bila disantap dengan anyang pakis dan nasi putih.

Kalian bisa menikmati aneka jenis ikan bakar segar dengan membayar mulai Rp 20.000,-. Ikan yang disediakan biasanya adalah ikan gurami, bawal, sembilang, nila, senangin, dan pari.

Baca juga ini ya :

 

Leave a Reply