Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Binjai

Makanan Khas Kota Binjai

Makanan Khas Kota Binjai - Sumber : instagram jamies.cafe

Binjai merupakan kota yang ada di Sumatera Utara yang memiliki banyak sekali kuliner khas yang mampu menggoyang lidah Anda. Makanan khas kota Binjai terkenal karena racikan rempahnya sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Penasaran? Simak ulasan 6 kuliner dan makanan khas kota Binjai berikut.

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Binjai

1. Tau Kua Heci

Makanan Khas Kota Binjai

Tau Kua Heci, Makanan Khas Kota Binjai – Sumber : Indonesian-medan-food

Namanya mungkin terdengar sedikit asing di telinga Anda, tetapi sebenarnya kuliner yang satu ini merupakan makanan khas kota Binjai. Tau Kua Heci adalah makanan peranakan khas Tionghoa yang banyak dimodifikasi sehingga cita rasanya menyatu dengan lidah masyarakat Binjai.

Nama Tau Kua Heci sendiri berisikan tahu yang dipadukan dengan aneka lauk yang terbuat dari bahan dasar udang kemudian disiram dengan kuah yang menyegarkan. Rasa kuah dari makanan ini lebih dominan pada perpaduan antara saus tomat dan bumbu – bumbu tambahan.

Tak lupa sebagai bahan pelengkap ditambahkan tauge dan kangkung yang telah direbus. Kuliner khas Binjai ini sangat cocok dinikmati selagi hangat. Tak perlu merogoh kocek lebih dalam, karena seporsi Tau Kua Heci bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 18.000,- – Rp 30.000,- di warung pinggir jalan kota Binjai. Salah satu kedai yang menjual menu ini beralamat di jalan Anggur No. 64, Brahrang Binjai.

2. Rambutan Binjai

Makanan Khas Kota Binjai

Rambutan Binjai, Makanan Khas Kota Binjai – Sumber : samudrabibit

Kota Binjai sudah lama dijuluki sebagai kota rambutan karena salah satu kekayaan alamnya berupa pohon buah rambutan. Namun, buah rambutan Binjai ini memiliki rasa dan tekstur yang khas seperti rasanya yang manis, daging yang kenyal namun renyah dan dagingnya sangat mudah terlepas dari bijinya.

Tidak jarang buah rambutan Binjai dijadikan oleh – oleh ketika berkunjung ke kota Binjai yang per kilonya dihargai Rp 19.000,-.

3. Mie Sop Ayam Baruna

Makanan Khas Kota Binjai

Mie Sop Ayam Baruna, Makanan Khas Kota Binjai – Sumber : instagram yusnita.erni.9

Kuliner ketiga kota Binjai adalah Mie Sop Ayam Baruna. Sebenarnya tidak berbeda dengan mie kuah pada umumnya, hanya saja kuliner ini menggunakan banyak sekali rempah yang ditambahkan saat proses peracikan kuahnya menghasilkan kuah yang segar dan terasa sekali ayamnya.

Cita rasa yang khas inilah yang menjadikan alasan mie sop ayam baruna menjadi makanan khas kota Binjai yang melegenda.Dalam seporsi mie sop ayam baruna berisikan mie kuning,  bihun, daging ayam suwir kemudian disiram dengan kuah kaldu berempah segar yang menjadi letak kenikmatan makanan yang satu ini.

Bagi Anda yang suka pedas, bisa juga ditambahkan sambal di atasnya. Seporsi mie sop ayam baruna bisa dinikmati hanya dengan harga Rp 8.000,- saja per porsinya. Sebuah warung yang menjual menu ini ada di Jl. Meranti, Jatinegara, Kecamatan. Binjai.

4. Ifumie Binjai

Makanan Khas Kota Binjai

Ifumie Binjai, Makanan Khas Kota Binjai – Sumber : instagram jamies.cafe

Dilihat dari penampilannya, sekilas makanan ini mirip dengan cap cai. Memang proses memasak ifumie bisa dibilang mirip dengan cap cai. Namun, bedanya pada ifumie ditambahkan mie kuning yang sebelumnya sudah digoreng dan nantinya mie ini akan disiram dengan tumisan sayuran.

Sajian ifumie Binjai bisa dijumpai di warung – warung dan rumah makan dengan harga yang berbeda – beda. Agar semakin nikmat, tidak jarang mereka juga menambahkan isian seperti udang, jamur dan brokolli. Untuk menikmati mie yang nikmat ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 20.000,00 saja.

Baca Juga :

Jelajahi 6 Makanan khas Nanga Pinoh Kabupaten Melawi

Cobain 5 Makanan Khas Bengkayang yang nikmat

5. Tahu Balek

Makanan Khas Kota Binjai

Tahu Balek, Makanan Khas Kota Binjai – Sumber : detik

Tahu Balek adalah sebuah menu yang selalu laris diburu pelancong setiap berkunjung ke kota Binjai. Jajanan ini banyak dijumpai di pusat oleh – oleh dan rumah makan yang ada di Kota Binjai.

Cara membuatnya adalah tahu yang telah digoreng sebelumnya dibelah dan dibalik yang kemudian diisi dengan adonan bakso ayam. Sebelum dinikmati dengan sambal TB yang khas, tahu balek harus digoreng garing sehingga rasanya garing di luar dan lembut di bagian dalamnya.

Rasa yang gurih dan garing ini membuatnya sangat cocok dijadikan cemilan saat berkumpul dengan keluarga.  Tahu Balek bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 25.000,00 per porsinya.

6. Es Campur Kalimantan

Makanan Khas Kota Binjai

Es Campur Kalimantan, Makanan Khas Kota Binjai – Sumber : fattummyid

Berlibur ke kota Binjai mungkin tidak seru jika tidak mencicipi kuliner legendaris yaitu es campur Kalimantan. Dalam segelas es campur Kalimantan dibuat dari campuran tape ubi, lengkong, cendol, kacang merah yang disusun dalam gelas dan tak lupa ditambahkan es serut dan sirup gula merah menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Segelas es campur Kalimantan bisa dinikmati dengan harga Rp 10.000,-. Di kota Binjai ada salah satu warung es campur Kalimantan yang sangat terkenal. Warung ini ternyata sudah berdiri lebih dari 50 tahun.

Warung es campur Kalimantan sendiri terletak di Jalan Sudirman No. 35. Bangunan warung tampak seperti sebuah kedai tua yang masih dijaga sehingga bisa tetap eksis hingga saat ini.

Saat ini, makanan khas Binjai sudah jarang ditemui karena banyaknya kuliner dari daerah lain yang masuk ke kota Binjai. Namun, Anda masih tetap menikmati kuliner – kuliner khas Binjai di atas pada alamat – alamat yang tertera. Beberapa menu memang masih banyak dijual mayoritas rumah makan dan warung di kota rambutan ini.

Leave a Reply