Daftar Wisata

5 Tempat Wisata Di Kisaran Asahan

Tempat Wisata Di Kisaran Asahan

Air Terjung Pongo. Tempat Wisata Di Kisaran Asahan Gambar oleh alamasahan.com

Ada cukup banyak tempat wisata di Kisaran Asahan yang mungkin membuatmu tertarik mengunjungi kota ini. Terletak di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, kota Kisaran memiliki keunikan alam tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Kota Kisaran merupakan kecamatan yang juga menjadi ibu kota kabupaten Asahan yang terbagi menjadi dua bagian: kisaran barat dan kisaran timur. Masing-masing bagian memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri.

Tempat wisata di Kisaran Barat yang cukup terkenal adalah Masjid Agung H. Ahmad Bakri sedangkan Kisaran Timur terkenal dengan adanya Universitas Asahan (ASA)-nya.

Tapi selain tempat-tempat diatas, terdapat beberapa tempat wisata di Kisaran Asahan lainnya yang harus kamu kunjungi jika datang ke kota Kisaran ini. Mulai dari wisata kulinernya yang sangat lezat sampai dengan wisata alamnya yang menawarkan panorama keindahan sendiri.

Dan berikut 5 Tempat Wisata di Kisaran Asahan paling recomended untuk kamu yang ingin ke kota Kisaran:

1. Air Terjun Ponot Kisaran Asahan

Tempat wisata di Kisaran Asahan yang pertama dan paling populer adalah Air Terjun Ponot yang terletak di desa Tangga, Asahan.

Air Terjun Ponot merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia yang memiliki ketinggian mencapai 250 meter yang terbagi menjadi tiga undakan.

Tempat Wisata Di Kisaran Asahan

Air Terjung Pongo. Tempat Wisata Di Kisaran Asahan Gambar oleh alamasahan.com

Untuk mencapai air terjun ini kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 500 meter dari tempat parkir. Jalannya menanjak namun tangga sehingga tidak akan sulit mencapai Air Terjun Ponot ini.

Bagi sebagian orang jalan menanjak menuju Air Terjun Ponot cukup melelahkan. Namun jika sudah sampai atas kamu pasti akan berdecak kagum akan keindahan alami Air Terjun Ponot ini.

Air Terjun Ponot ini adalah tempat wisata alam yang bisa kau kunjungi bersama keluarga karena selain menawarkan keindahannya biaya masuk kawasan wisata ini juga gratis. Kamu hanya perlu membayar sewa parkir Rp20.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor.

Baca juga:  Inilah 10 Gunung Tertinggi Di Pulau Sumatera

2. Taman Hutan Kota Kisaran

Tempat wisata Kisaran Asahan selanjutnya adalah Taman Hutan yang terletak di Kisaran Barat. Taman Hutan Kota ini merupakan tempat wisata yang sedang hits beberapa waktu terakhir.

Salah satu acuan jika kamu mau berkunjung ke Taman Hutan Kota Kisaran adalah Alun-Alun Kota Kisaran dan Masjid Agung. Taman ini ada disebelah Alun-Alun persis. Tidak sulit kan menemukannya?

Taman Hutan Kota Kisaran

Taman Hutan Kota Kisaran – foto portalwisata.co.id

Sama dengan Taman Kota di tempat lainnya, di taman ini kamu juga bisa menikmati banyak fasilitas umum. Mulai dari fasilitas untuk berolahraga, danau buatan dibagian dalam taman, sampai dengan fasilitas untuk tempat bermain anak.

Taman Hutan Kota Kisaran ini adalah tempat yang cocok untuk kamu yang ingin refreshing sejenak dari pekerjaan yang banyak menyita waktu. Berjalan santai bersama keluarga atau pasangan disore hari sambil menikmati pemandangan yang asri di sekitar taman adalah pilihan yang tepat melepas penat akibat lelah bekerja.

3. Pancur Napitu

Tempat Wisata Di Kisaran Asahan yang ketiga adalah Pancur Napitu. Tempat Ini adalah wisata air terbaru yang bisa kamu kunjungi jika sedang datang ke kota Kisaran. Wisata air yang baru dibuka tahun 2017 ini adalah tempat wisata di sekitar Kisaran Asahan yang kini populer dikalangan traveler.

Pancur Napitu, temapt wisata di asahan

Pancur Napitu, temapt wisata di asahan – foto travellingyuk.com

Pancur Napitu berbentuk seperti kolam alami dengan ukuran yang cukup besar. Daya tarik Piccur Napitu ini ada pada airnya yang biru jernih dan menyegarkan. Saat melihatnya kamu pasti tidak akan sabar untuk mandi.

Awalnya Pancur Napitu merupakan mata air yang tidak sengaja ditemukan oleh masyarakat setempat saat sedang berburu burung.

Air Paccu Napitu keluar dari sela-sela batu yang ada dibagian dasar kolam sehingga airnya jernih dan menyegarkan. Kamu harus coba berkunjung ke Paccur Napitu saat musim panas agar kesegarannya maksimal.

Tidak ada biaya khusus untuk mengunjugi Paccur Napitu. Namun walaupun seperti itu ada baiknya kamu juga memperhatikan waktu kedatangan. Saat sore hari kolam ini biasanya ramai penduduk sekitar yang juga ketagihan merasakan kesegaran air Paccur Napitu.

Baca juga:  Melihat Bendungan Tangga Asahan  Yang Sangat Ikonik Di Sumatera Utara

4. Arung Jeram Sungai Asahan

Tempat wisata di sekitar Kisaran yang harus kamu kunjungi selanjutnya adalah wisata air Arung Jeram.

Wisata Arung Jeram sungai Asahan ini merupakan terbaik nomer 3 di Dunia yang sangat cocok untuk kamu yang ingin memacu adrenalin. Arung Jeram Sungai Asahan berada pada posisi setelah sungai Zambezi di Zambia Afrika Selatan dan sungai Colorado di Amerika Serikat.

Arung Jeram Sungai Asahan

Arung Jeram Sungai Asahan – foto yudistira1983

Dengan pamandangan yang masih asli disekitar sungai menjadikan sungai Asahan memiliki ciri khasnya sendiri dibandingkan sungai-sungai Arung Jeram lainnya di dunia.

Sungai Asahan memiliki bibit air yang stabil setiap waktunya sehingga kamu bisa datang kapan saja. Nantinya kamu tidak hanya akan basah tapi juga akan terpukau dengan pesona alam yang sangat eksotis disepanjang aliran sungai.

Baca juga:  Lima Danau Terindah Di Sumatera Barat

5. Alun-Alun Rambate Raya

Tempat wisata di Kisaran Asahan terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah Alun-Alun Rambate Raya yang biasa dijadikan tempat kegiatan pemerintah setempat.

Alun-alun ini menjadi salah satu tempat alternatif bagi masyarakat yang ingin berolahraga atau sekedar bersantai di kota Kisaran.

Selain memiliki fasilitas yang cukup lengkap, Alun-Alun Rambate Raya juga biasa dijadikan tempat untuk kegiatan out door anak-anak dari sekolah.

Leave a Reply