6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: budaya-indonesia.org

Bener Meriah merupakan salah satu kabupaten di Nanggroe Aceh Darussalam. Kabupaten ini merupakan satu dari tiga kabupaten yang mayoritas penduduknya merupakan suku Gayo. Jika mendengar Gayo, apa yang bisa diingat darinya? Kebanyakan orang akan memikirkan kopi gayo yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Bukan itu saja, selain kopi gayo, masih ada banyak makanan dan kuliner yang bisa dieksplor di Bener Meriah. Berikut merupakan kuliner yang bisa ditemukan di Bener Meriah.

Kopi Gayo

Kopi gayo merupakan kuliner yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia, yang berasal dari dataran tinggi Gayo, salah satunya Bener Meriah. Tingkat keasamannya rendah dan memiliki sedikit rasa rempah. Kopi ini sempat ditolak masuk ke Eropa karena diketahui dari hasil uji laboratorium bahwa kopi gayo mengandung glyphosate yang melampaui ambang batas.

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: radarindo.co.id

Jika tertarik menyesap kopi gayo di rumah, kamu bisa membeli biji kopinya. Harga kopi mentahnya seharga USD 5,5 per kilogram untuk biji kopi hijau atau sekitar 86.000 rupiah.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Masam Jing

Makanan khas Bener Meriah, tepatnya khas Gayo, adalah masam jing atau asam pedas. Di wilayah aceh lainnya, masam jing lebih dikenal sebagai asam keueung. Masyarakat Minang menyebut masam jing sebagai asam padeh.

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: cookpad.com

Bahan utama masam jing adalah ikan dengan bumbu yang kental. Ikan yang digunakan bisa ikan apa saja seperti ikan bawal, ikan mujair, ikan lele, ikan gabus, hingga depik. Bumbu yang digunakan antara lain cabai merah, cabai rawit, bawang merah, kunyit, kemiri, terasi dan garam.

Cecah Terong Angur

Cecah terong angur merupakan makanan yang terbuat dari terong angur, yaitu terong yang tumbuh di tanah Gayo. Biasanya, cecah terong angur dibuat ketika masyarakat Gayo sedang berada di kebun atau sawah karena proses pengolahannya sangat sederhana. Meski begitu, kini cecah terong angur bisa disantap tanpa harus ke kebun atau sawah karena sudah banyak rumah makan yang menjualnya.

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Sumber: m4zone.blogspot.com

Cara membuatnya yaitu buah terong angur yang sudah matang dikupas dan diracik dengan bumbunya. Bumbu yang digunakan antara lain cabai, garam, terasi, bawang merah, dan andaliman. Terong diulek bersama bumbunya dan jadilah makanan cecah terong angur. Penyajiannya bisa disajikan bersama sayur rebus, ikan teping, atau ikan teri.

Depik Belacan

Depik belacan merupakan makanan khas Gayo dan diturunkan dari nenek moyang Gayo di tepi danau Lut Tawar. Depik sendiri merupakan ikan endemik khas Aceh yang hanya tinggal di Aceh. Biasanya depik ditangkap dengan didisen atau bubu karena badannya yang kecil.

Untuk membuat depik belacan, ikan depik harus di keringkan terlebih dahulu dibawah terik matahari. Kemudian, ikan depik yang sudah kering ditumbuk namun tidak sampai jadi serbuk halus. Bumbu yang digunakan adalah lengkuas, kunyit, dan garam. Bumbu ditumbuk namun tidak sampai halus, kemudian direbus. Setelah itu, bumbu dikeluarkan, dimasukkan ke dalam wadah lalu diaduk dengan depik yang sudah ditumbuk.

Leave a Reply