6 Kuliner dan Makanan Khas Enrekang yang Lezat dan Harum - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Enrekang yang Lezat dan Harum

makanan khas Enrekang

makanan khas Enrekang

Jika sedang pergi ke Sulawesi Selatan maka jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Enrekang. Ini satu kota di Sulsel yang memang terkenal dengan kuliner-nya yang nikmat dan harganya yang terjangkau. Wisatawan yang pergi ke sini semata karena ingin mencicipi makanan-makanan tersebut.

kuliner enrekang

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa kuliner atau makanan khas Enrekang yang sangat nikmat dan menendang di lidah. Semoga list ini bisa kamu jadikan rujukan ketika sedang bepergian ke kabupaten ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Dangke, Makanan Khas Enrekang

Dangke, Makanan Khas Enrekang

Dangke, Makanan Khas Enrekang – foto kmstour.com

Makanan khas Enrekang yang pertama adalah Dangke. Ini adalah kuliner yang sangat lezat dan memiliki cita rasa yang luar biasa. Jika melihat tekstur bentuknya memang seperti tahu biasa. Tetapi ketika sudah mengkonsumsinya seperti ada rasa keju yang lumer di mulut.

Tidak hanya rasa yang nikmat dan lezat tetapi kuliner ini ternyata juga mengandung betakaroten yang bagus. Karena tergolong protein hewani yang bermanfaat bagi tubuh.

Hingga saat ini Dangke masih menjadi makanan khas yang dilestarikan dengan baik. Bahkan sudah banyak makanan yang diolah dengan menggunakan bahan ini, seperti kerupuk dangke, dangke goreng dan lain sebagainya.

Baca juga ya :

2. Ayam Bundu-Bundu

Ayam Bundu-Bundu, Dangke, Makanan Khas Enrekang

Ayam Bundu-Bundu, Dangke, Makanan Khas Enrekang – foto resepolenak.com

Sesuai dengan namanya Ayam Bundu-Bundu adalah kuliner khas Enrekang yang dibuat dari bahan dasar ayam kampung. Yang mana ayam yang berharga cukup mahal ini dilumuri dengan bumbu-bumbu khusus dari parutan lengkuas serta beberapa rempah-rempah pilihan.

Rempah untuk Ayam Bundu-Bundu yang digunakan adalah kemiri, ketumbar, jahe, serai dan lain sebagainya.  Bumbu ini dihaluskan terlebih dahulu setelah itu dibubuhkan pada ayam, baru digoreng.

Ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang di Enrekang pembuatannya masih tetap terjaga sampai saat ini. Maka dari itu makanan ini juga bisa ditemukan di daerah lain seperti Makassar dan Bone.

3. Pulu Mandoti

Pulu Mandoti, Makanan Khas Enrekang

Pulu Mandoti, Makanan Khas Enrekang – foto genpi.co

Makanan khas Enrekang yang selanjutnya adalah Pulu Mandoti. Jika di bahasa Indonesiakan menjadi beras ketan merah.

Kuliner ini tidak ditemukan di daerah lain di Sulawesi Selatan. Yang ada cuma di Desa Salu Kanan yang masuk ke dalam kawasan kabupaten Enrekang.

Leave a Reply