Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Enrekang yang Lezat dan Harum

makanan khas Enrekang

makanan khas Enrekang

Jika sedang pergi ke Sulawesi Selatan maka jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Enrekang. Ini satu kota di Sulsel yang memang terkenal dengan kuliner-nya yang nikmat dan harganya yang terjangkau. Wisatawan yang pergi ke sini semata karena ingin mencicipi makanan-makanan tersebut.

kuliner enrekang

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa kuliner atau makanan khas Enrekang yang sangat nikmat dan menendang di lidah. Semoga list ini bisa kamu jadikan rujukan ketika sedang bepergian ke kabupaten ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Dangke, Makanan Khas Enrekang

Dangke, Makanan Khas Enrekang

Dangke, Makanan Khas Enrekang – foto kmstour.com

Makanan khas Enrekang yang pertama adalah Dangke. Ini adalah kuliner yang sangat lezat dan memiliki cita rasa yang luar biasa. Jika melihat tekstur bentuknya memang seperti tahu biasa. Tetapi ketika sudah mengkonsumsinya seperti ada rasa keju yang lumer di mulut.

Tidak hanya rasa yang nikmat dan lezat tetapi kuliner ini ternyata juga mengandung betakaroten yang bagus. Karena tergolong protein hewani yang bermanfaat bagi tubuh.

Hingga saat ini Dangke masih menjadi makanan khas yang dilestarikan dengan baik. Bahkan sudah banyak makanan yang diolah dengan menggunakan bahan ini, seperti kerupuk dangke, dangke goreng dan lain sebagainya.

Baca juga ya :

2. Ayam Bundu-Bundu

Ayam Bundu-Bundu, Dangke, Makanan Khas Enrekang

Ayam Bundu-Bundu, Dangke, Makanan Khas Enrekang – foto resepolenak.com

Sesuai dengan namanya Ayam Bundu-Bundu adalah kuliner khas Enrekang yang dibuat dari bahan dasar ayam kampung. Yang mana ayam yang berharga cukup mahal ini dilumuri dengan bumbu-bumbu khusus dari parutan lengkuas serta beberapa rempah-rempah pilihan.

Rempah untuk Ayam Bundu-Bundu yang digunakan adalah kemiri, ketumbar, jahe, serai dan lain sebagainya.  Bumbu ini dihaluskan terlebih dahulu setelah itu dibubuhkan pada ayam, baru digoreng.

Ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang di Enrekang pembuatannya masih tetap terjaga sampai saat ini. Maka dari itu makanan ini juga bisa ditemukan di daerah lain seperti Makassar dan Bone.

3. Pulu Mandoti

Pulu Mandoti, Makanan Khas Enrekang

Pulu Mandoti, Makanan Khas Enrekang – foto genpi.co

Makanan khas Enrekang yang selanjutnya adalah Pulu Mandoti. Jika di bahasa Indonesiakan menjadi beras ketan merah.

Kuliner ini tidak ditemukan di daerah lain di Sulawesi Selatan. Yang ada cuma di Desa Salu Kanan yang masuk ke dalam kawasan kabupaten Enrekang.

Makanan ini biasanya dikonsumsi dengan lauk Ayam Bundu Bundu dan Nasi cemba. Keduanya juga kuliner yang menjadi khas dari Enrekang yang akan terasa nikmat jika dikonsumsi bersama beras ketan merah.

Seporsi makanan ini dijual dengan harga Rp25.000 sampai Rp50.000 rupiah. Ini sesuai dengan rasa makanan yang sangat lezat dan memang harga beras ketan mencapai Rp50.000 rupiah per kilo gram.

4. Deppa Tetekan, Kue Khas Enrekang

Deppa Tetekan, makanan khas enrekang

Deppa Tetekan, makanan khas enrekang – foto bukalapak.com

Makanan khas Enrekang dari jenis kue adalah Deppa Tetekan. Ini merupakan kuliner dari ketan yang dicampur dengan taburan biji wijen. Kue ini tidak hanya berasa gurih di lidah tetapi juga memiliki aroma yang harum. Sangat bagus jika dijadikan sebagai olahan lebaran atau makanan cemilan ketika berbuka puasa.

Sejatinya di sekitar Enrekang banyak yang membuat kue ini. Tetapi Deppa Tetekang khas Enrekang memiliki cita rasa aroma yang lebih mantap dan kental.

Baca juga ya :

5. Pisang Epe

Pisang Epe - foto cookpad.com

Pisang Epe – foto cookpad.com

Sesuai dengan namanya Pisang Epe adalah jajanan khas Enrekang yang menggunakan bahan dasar buah pisang. Namun tidak seperti kue pisang lainnya melainkan cemilan yang sangat unik.

Sebelum dimasak, pisang dijepit terlebih dahulu dengan menggunakan kayu. Setelah itu baru disiram dengan kuah yang manis hasil campuran beberapa toping pilihan.

Silakan memilih mau toping apa yang menjadi kuah pada kue ini. Seperti keju dan cokelat. Kamu juga bisa memilih toping kuah durian yang rasanya lebih nendang dan aromanya tajam.

Ini merupakan makanan yang sangat disukai oleh para turis. Bahkan di beberapa tempat wisata seperti Pantai Losari ini menjadi makanan yang sangat laris.

6. Dodol Malino

Dodol Malino

Dodol Malino – foto travelingyuk.com

Jika di Jawa ada dodol Garut maka di Sulawesi Selatan ada Dodol Malino. Ini merupakan camilan yang berada di desa Malino yang masih masuk ke dalam area kabupaten Enrekang.

Tidak ada yang berbeda dengan dodol yang lain. Karena camilan ini juga dibuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula merah. Cuma dari rasa gurih dan kerenyahan Dodol Malino lebih terasa. Karena ada beberapa bahan olesan yang resepnya hanya diketahui oleh masyarakat setempat.

Nah itulah beberapa makanan khas Enrekang Sulawesi Selatan yang rugi jika tidak kamu cicipi. Maka dari itu silakan persiapkan budget sekarang juga lalu datangi tempat ini bersama keluarga.

Leave a Reply