Kuliner, Budaya, Daftar Wisata

6 Makanan Khas Pangkajene Yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Pangkajene

Sop Saudara, Makanan Khas Pangkajene- Foto: id.tastemade.com

Makanan Khas Pangkajene – Kabupaten Pangkajene adalah sebuah kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan.  Wilayah dari kabupaten ini terbagi dua, yaitu daratan dan kepulauan.  Karena wilayahnya yang terbentuk dari banyak kepulauan, Kabupaten Pangkajene terkenal akan olahan hasil lautnya.

Kabupaten ini dahulu bernama Pangkajene Kepulauan dan biasa disingkat menjadi Pangkep. Jika kamu berkunjung ke wilayah ini, wajib hukumnya untuk mengunjungi kawasan wisata Karst Maros Pangkep.

Di kawasan ini, kamu dapat mencoba berbagai macam kuliner khas Kabupaten Pangkajene yang tentunya berbeda dan memiliki keunikannya sendiri jika dibandingkan dengan daerah – daerah lain di Indonesia.

6 Makanan Khas Kabupaten Pangkajene

Tim seringjalan.com telah merangkum 6 makanan khas Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan yang wajib untuk kamu cicipi. Penasaran seperti apa? Yuk langsung aja scroll kebawah.

1. Sop Saudara

Sop Saudara, Makanan Khas Pangkajene

Sop Saudara, Makanan Khas Pangkajene – Foto: id.tastemade.com

Sop Saudara adalah makanan khas Pangkajene yang sejatinya sangat mirip dengan Coto Makassar. Kedua makanan ini menggunakan bahan utama daging sapi. Yang membedakan antara Sop Saudara dan Coto Makassar adalah kuahnya.

Kuah pada Sop Saudara ditambahkan bihun dan perkedel kentang, serta susu yang menambah keunikan cita rasa dari makanan ini. Susu yang ditambakan kedalam Sop Saudara menambah cita rasa manis pada sop ini.

Selain kuah, perbedaan antara kedua makanan terletak di cara penyajiannya. Coto Makassar biasanya dihidangkan dengan ketupat, sementara Sop Saudara disajikan dengan nasi putih. Sop Saudara juga biasanya dihidangkan dengan ikan bandeng bakar dengan sambal kacang.

2. Kue Dange, Makanan Khas Pangkajene

Kue Dange adalah salah satu makanan yang populer di kalangan masyarakat Bugis. Selain rasanya yang enak, Kue Dange juga dikenal sebagai makanan yang menyehatkan karena kadar gulanya yang cukup rendah, sehingga penderita diabetes pun dapat menikmati kue ini.

Baca juga ya :

Kue Dange, Makanan Khas Pangkajene

Kue Dange – Sumber : koran pangkep

Bahan dasar Kue Dange adalah beras ketan hitam atau putih, parutan kelapa muda, serta gula merah. Proses pembuatan Kue Dange cukup mudah, cukup tuangkan ketiga bahan tersebut ke dalam loyang atau cetakan Dange yang sudah dipanaskan.  Tunggu sekitar 15 menit, maka Kue Dange pun siap untuk dihidangkan.

Kue Dange saat ini menjadi salah satu oleh – oleh yang diburu wisatawan dan juga menjadi Makanan Khas Pangkajene yang wajib dicoba saat berkunjung ke wilayah Sulawesi Selatan karena selain enak dan sehat, makanan ini pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 10.000 untuk satu kotak kecil.

3. Es Cao

Es Cao Minuman Khas Pangkajene

Es Cao Minuman Khas Pangkajene – foto aminahstore.com

Jangan keliru ya, Cao yang dimaksud disini bukanlah Es Cao yang banyak dijumpai di Pulau Jawa. Cao adalah salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang hampir punah, lho. Sudah menjadi tugas kita untuk melestarikan kembali makanan ini.

Cao adalah makanan hasil fermentasi beberapa bahan tradisional yang disimpan dalam botol. Bahan utama makanan ini biasanya adalah ikan atau udang yang kemudian di fermentasi dengan ragi dan disimpan dalam botol selama 3 hari. Setelah 3 hari, warna makanan ini biasanya berubah menjadi pink.

4. Abon Ikan Bandeng

Abon Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene

Abon Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene – Foto: ukmpangkep.blogspot.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Kabupaten Pangkajene sangat terkenal akan olahan hasil lautnya. Salah satu olahan yang wajib kamu coba adalah Abon Ikan Bandeng.  Oleh – oleh khas Kabupaten Pangkajene ini banyak dijual di toko – toko di wilayah Pangkajene dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000 saja per bungkusnya.

Abon Ikan Bandeng ini adalah salah satu alternatif pilihan jika kamu sudah bosan dengan olahan abon yang terbuat dari sapi. Dan Abon Ikan Bandeng ini juga menjadi salah satu Makanan Khas Pangkajene yang juga wajib kalian coba.

Baca juga ya :

5. Udang Khas Pangkajene

Udang Bakar

Udang Bakar – foto resepmasakanterbaru.com

Udang khas Kabupaten Pangkajene berbeda dengan olahan udang daerah lain karena menggunakan udang jenis vanamae. Harga dari udang ini cukup bervariasi, antara Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 per kilonya. Untuk mendapatkan udang khas Pangkajene, kamu bisa berkunjung ke wilayah pesisir Labakkang.

Udang yang ada dikawasan ini kini telah menjadi salah satu kuliner atau Makanan Khas Pangkajene yang sayang untuk dilewatkan. Selain olahan seafood ikan dan cumi, Udang khas Pangkajene juga cukup enak apalagi dibakar dengan olahan sausnya yang khas.

6. Ikan Bandeng Tanpa Duri (Baduri)

Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene

Ikan Bandeng, Makanan Khas Pangkajene – Foto: Facebook UMKM Kab Pangkep

Jika kamu termasuk orang yang tidak mau repot untuk mencabuti satu – satu duri saat memakan ikan, maka kamu akan jatuh cinta dengan makanan Baduri. Baduri adalah olahan Ikan Bandeng Tanpa Duri mentah yang siap diolah atau ditambahkan ke dalam berbagai jenis masakan.

Harga jual Baduri pun terbilang sangat murah, hanya Rp. 8.000 per ekor tergantung besar ukuran ikannya. Untuk membeli oleh – oleh Baduri, kamu bisa langsung datang ke pusat okeh – oleh Pangkajene yang terletak di Jl. Sultan Hasanuddin No. 33, Pangkajene, Sulawesi Selatan.

Olahan Ikan bandeng ini bisa kalian coba langsung saat kalian berada dikota yang indah ini dan ikan bandeng ini juga kini masuk kedalam salah satu kuliner atau Makanan Khas Pangkajene yang wajib dicoba.

Leave a Reply