Kuliner

8 Kuliner Dan Makanan Khas Bulukumba Yang Lezat Dan Murah

makanan khas Bulukumba

makanan khas Bulukumba

Jika sedang ke Bulukumba rugi jika tidak mencicipi makanan khas Bulukumba. Karena kuliner di kota ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan beraroma. Harga makanannya juga sangat terjangkau. Dijamin tidak perlu menyiapkan budget yang mahal.

Nah pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang makanan-makanan khas Bulukumba yang bis akalian coba. Ini dia makanan yang dimaksud:

1. Coto Kuda, Makanan Khas Bulukumba

coto kuda Makanan Khas Bulukumba

coto kuda Makanan Khas Bulukumba – foto eljhonnews.com

Makanan khas Bulukumba yang pertama adalah coto kuda.  Makanan ini tergolong kuliner yang sangat harum dan rasanya gurih. Karena di dalamnya ada daging dan jeroan sapi yang diolah dengan berbagai macam bumbu khusus.

Dibandingkan coto makassar, coto kuda ini memiliki aroma yang lebih khas. Karena salah satu bahannya juga menggunakan daging kuda yang teksturnya memang sedikit lebih keras daripada daging sapi.

Sekalipun demikian rasa gurihnya sangat luar biasa. Dijamin kalau sudah mencicipi coto kuda khas Bulukumba pasti pengen nambah.

2. Kue Uhu Uhu, Kue Khas Bulukumba

Kue Uhu Uhu, Kue Khas Bulukumba

Kue Uhu Uhu, Kue Khas Bulukumba – foto kab.bukukumba.com

Kue Uhu Uhu adalah Makanan Khas Bulukumba yang wajib kalian coba. kue Uhu Uhu sangat cocok untuk disantap bersama keluarga. Karena ini tergolong makanan jenis camilan yang sangat enak jika dikonsumsi bersama-sama.

Kue uhu uhu terbuat dari adonan tepung yang dibentuk seperti jaring-jaring laba-laba. Setelah itu dilumuri gula aren baru digoreng.

Karena racikan bahan semacam ini maka kue uhu uhu khas Bulukumba memang terkenal dengan rasanya yang manis. Jadi sangat cocok untuk dijadikan referensi oleh-oleh jika kamu sedang bepergian ke kota ini.

Baca Juga ya :

3. Barobbo

Barobbo, Makanan Khas Bulukumba

Barobbo, Makanan Khas Bulukumba – foto suara.com

Makanan Khas Bulukumba lainnya yang bisa kalian coba adalah Barobbo. Sekilas Barobo memang sama dengan bubur jika di Jawa. Namun perbedaannya jika bubur Jawa menggunakan bahan beras tetapi bubur khas barobbo menggunakan bahan jagung.

Perlu kamu ketahui bubur Barobbo adalah makanan khas di Bulukumba. Sekalipun demikian harganya sangat terjangkau serta rasanya nendang di lidah.

Jadi jangan khawatir kalau ke tempat ini dan mengkonsumsinya karena rasanya pasti sesuai dengan lidah kamu. Per porsi barobbo hanya dijual dengan harga Rp20.000. Baru kamu membayar lebih jika menambah lauk khusus.

Pada umumnya makanan ini disantap bersama lauk ikan asin. Sedangkan bubur di toping dengan beberapa sayuran serta kacang-kacangan.

4. Bolu Peca, Makanan Khas Bulukumba

bolu peca, Makanan Khas Bulukumba

bolu peca, Makanan Khas Bulukumba – foto primaberita.com

Makanan khas Bulukumba yang selanjutnya adalah bolu peca. Ini juga kuliner yang wajib kamu jadikan oleh-oleh jika sedang bepergian ke tempat ini.

Sesuai dengan namanya kue ini memang mirip dengan bolu. Namun untuk bolu peca ada beberapa topping yang dimasukkan ke dalamnya.

Selain itu bolu akan dilumuri dengan campuran gula merah yang diracik bersama vanili cair. Setelah itu dibiarkan mengering agar kue memiliki cita rasa renyah. Jadi jika sedang menikmati indahnya suasana Kota Bulukumba jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Seperti bolu peca di atas.

5. Kapurung

Kapurung, bolu peca, Makanan Khas Bulukumba

Kapurung, bolu peca, Makanan Khas Bulukumba – resepkoki.id

Kapurung adalah salah satu kuliner atau Makanan Khas Bulukumba yang sangat enak dan lezat. Jika dilihat sekilas memang mirip dengan makanan khas Papua yaitu papeda. Namun racikan bumbu yang pas membuat cita rasa kapurung lebih beraroma. Sayang makanan ini tidak tahan lama sebab berbahan sagu yang memang sangat mudah mengeras.

6. Bandang-bandang

bandang-bandang, Makanan Khas Bulukumba

bandang-bandang, Makanan Khas Bulukumba – foto cookpad.com

Makanan khas Bulukumba yang selanjutnya adalah bandang-bandang. Ini merupakan kue sejenis kue basah yang diolah dengan berbagai macam bentuk. Bandang-bandang luju biasanya di atasnya ditaburi dengan serutan kelapa namun tidak dibungkus.

Sedangkan bandang-bandang yang khas dari Bulukumba adalah kue basah yang dibuat dari bahan dasar pisang. Kuenya pun dibungkus dengan daun pisang supaya lebih harum. Jadi kalian jangan lupa mencicipinya ya.

Baca Juga ya :

7. Kue Barongko

Kue barongko, Makanan Khas Bulukumba

Kue barongko, Makanan Khas Bulukumba – foto selerasa.com

Kue barongko atau kue baronggo adalah makanan khas Bulukumba yang dijadikan makanan penutup. Biasanya makanan ini dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti resepsi, pengajian, acara sunatan dan acara perkawinan.

Kue barongko ini adalah kue yang dibuat dari pisang kepok yang sudah matang. Setelah itu dibungkus ke dalam daun pisang baru dikukus. Rasa kue ini sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan panas. Apalagi jika disantap bersama kopi jahe yang hangat.

8. Jagung Marning

jagung marning, Makanan Khas Bulukumba

jagung marning, Makanan Khas Bulukumba – foto camilanenak.wordpress

Makanan khas Bulukumba yang terakhir adalah jagung marning. Ini makanan yang sangat populer di kota ini serta seringkali dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Selain karena rasanya nikmat harga makanan ini juga murah. Per porsinya hanya dijual Rp5.000 sampai Rp10.000 saja.

Jagung marning adalah jagung yang digoreng setelah sebelumnya dilumuri dengan bumbu-bumbu khusus. Biasanya makanan ini dijual dengan dua varian rasa yaitu pedas dan manis.

Itulah beberapa makanan khas Bulukumba yang rugi jika tidak mencoba. Apalagi rasanya nikmat harganya juga terjangkau.

Leave a Reply