Daftar Wisata, Kuliner, Tips Travelling

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Sumber: rencongpost.com

Makanan Khas Lhoksukon – Lhoksukon merupakan pusat pemerintahan sekaligus ibukota dari Kabupaten Aceh Utara. Kabupaten ini merupakan kawasan industri terbesar di Nangroe Aceh Darussalam. Kabupaten Aceh Utara juga merupakan salah satu kawasan industri yang besar diluar Pulau Jawa. Banyak pabrik-pabrik terkenal yang beroperasi di Aceh Utara. Pabrik tersebut antara lain: pabrik kertas Kraft Aceh, pabrik pupuk AAF (Aceh Asean Fertilizer), dan pabrik Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Banyaknya pabrik dan merupakan kawasan industri tidak menghalangi Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara untuk memiliki budaya. Mayoritas etnis di tanah Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, adalah etnis Aceh. Maka, budaya dan tradisinya pun khas dengan adat istiadat etnis Aceh.

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Sumber: kab.acehutara.go.id

Jika membicarakan budaya dan tradisi, hal itu tidak akan lepas dari makanan tradisional. Makanan khas Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, hampir mirip dengan kabupaten di sekitarnya. Namun jika ditelisik lagi, penggemar kuliner mungkin bisa membedakannya dengan kemampuan mencicipi makanannya. Berikut merupakan makanan khas dan kuliner yang bisa dijumpai di Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Kutacane, Aceh Tenggara

1. Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan salah satu Makanan Khas Lhoksukon Aceh yang dapat ditemui dengan mudah bla kalian datang ke kota Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Dinamai ayam tangkap karena bahan bakunya merupakan ayam kampung yang dipelihara di alam. Menangkap ayamnya pun perlu berusaha dulu sebelum diolah.

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Sumber: hypermart.co.id

Cara membuat makanan ini ialah ayam digoreng kering bersama beberapa bumbu pilihan. Bumbu tersebut antara lain daun salam koja, irisan bawang merah, dan cabai hijau keriting. Daun salam koja atau daun temurui merupakan bumbu wajib dan memang biasanya ada dalam masakan aceh. Namun, daun temurui di ayam tangkap disantap seperti sayur. Untuk ayamnya, bumbu yang digunakan adalah jeruk nipis, garam, bawang putih, kemiri, jahe, dan merica.

2. Sie Reuboh, Makanan Khas Lhoksukon yang Lezat

Sie reuboh merupakan Makanan Khas Lhoksukon suku Aceh. Makanan ini selain dapat ditemui di Lhosukon, Aceh Utara, bisa ditemui juga di Kabupaten Aceh Besar. Sie reuboh adalah daging sapi dan lemak daging yang direbus hingga hampir menyerupai rendang basah.

Makanan Sie Reuboh diolah dengan bumbu khusus, yaitu cuka aren. Bumbu lain yang digunakan adalah bawang putih, garam, kunyit, cabai merah, cabai bubuk, dan lengkuas.

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Sie Reuboh, Makanan Khas Lhoksukon yang Lezat – Sumber: rencongpost.com

Hidangan ini biasanya disantap bersama dengan sayur bening dan kerupuk. Makanan ini juga dibilang sebagai sajian spesial yang mewah. Umumnya, sie reuboh hanya dimasak ketika Ramadhan dan hari raya tiba.

3. Keumamah

Keumamah merupakan salah satu makanan favorit bagi masyarakat aceh khususnya menjadi salah satu makanan khas Lhoksukon. Makanan ini berupa ikan tuna yang dimasak hingga berbentuk seperti abon. Rasanya pun gurih.

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Sumber: tempo.co

Untuk membuat hidangan ini, ikan kayu direbus, kemudian dijemur seharian. Setelah dijemur, ikan disuwir lalu diaduk bersama bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu tersebut antara lain bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai rawit, jahe, ketumbar, merica, garam, dan asam sunti. Setelah itu, ikan ditumis hingga kering. Keumamah dapat bertahan hingga kurang lebih satu bulan.

4. Asam Keu Eueng

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Asam Keu Eueng, Makanan Khas Lhoksukon –Sumber: dapur-teh-enur.blogspot.com

Asam Keu Eueng berarti sayur asam pedas. Makanan ini hanya terdapat di Aceh dan merupakan kuliner kesukaan masyarakat Aceh. Bahan utamanya adalah ikan laut, sehingga makanan ini sering disebut juga eungkot asam keu eueng. Ikan yang digunakan beraneka ragam, bisa ikan tongkol, ikan kakap, ikan bandeng, atau ikan lainnya.

Baca juga: 6 Kuliner dan Makanan Khas Karangbaru, AcehTamiang

5. Tumeh Ungket Sure

Tumeh Ungket Sure

Tumeh Ungket Sure – Sumber: alannabryan.blogspot.com

Dalam bahasa Aceh, tumeh berarti tumis, ungket (eungkot) artinya ikan, dan sure artinya tongkol. Maka, tumeh ungket sure berarti tumisan ikan tongkol. Makanan ini khas dari Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Ketika dihidangkan, bentuk makanan ini mirip dengan sardin dan/atau gulai ikan. Bahan utamanya merupakan ikan tongkol, kemudian terdapat juga belimbing wuluh, cabai hijau keriting, ketumbar, adas manis, dan bumbu-bumbu lainnya.

6. Martabak Durian

6 Kuliner dan Makanan Khas Lhoksukon, Aceh Utara

Martabak Durian Makanan Khas Lhoksukon Sumber: mediapijar.com

Martabak durian merupakan kuliner yang sudah cukup terkenal di Lhoksukon, Aceh Utara. Wisatawan yang berkunjung ke Lhoksukon, Aceh Utara, wajib mencoba makanan ini. Harga yang cukup murah untuk tekstur martabak yang lembut menjadikannya sangat lezat ketika dimakan.


Sudah merasa lapar? Merasa ingin mencicipi makanan tersebut? Kalau begitu, segera kunjungin Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Bukan hanya makanan dan kuliner yang bisa kamu temui, tapi juga suasana yang nikmat untuk menikmatinya.

Leave a Reply