Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Tempat Wisata di Talang Ubi

Candi Bumi Ayu, Tempat Wisata di Talang Ubi - triptrus.com

Tempat Wisata di Talang Ubi – Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI) di Talang Ubi adalah salah satu kabupaten muda karena baru dibentuk pada 11 Januari 2013. Kabupaten ini adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Muara Enim di Sumatera Selatan. Kabupaten di Talang Ubi ini tidak besar karena wilayahnya hanya seluas 1.840 km persegi yang terbagi atas 5 kecamatan saja.

Namun, kabupaten ini ternyata memiliki cukup banyak destinasi wisata menarik seperti Rupit di Kabupaten Musi Rawas Utara. Simak ulasan tentang 5 tempat wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir berikut ini.

1.  Candi Bumi Ayu

Tempat Wisata di Talang Ubi Lematang Ilir yang pertama adalah Kompleks Candi Bumi Ayu yang berada di lahan seluas 76 hektar. Salah satu dari 5 tempat wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ini menjadi satu-satunya kompleks candi di Sumatera Selatan.

Candi Bumi Ayu diyakini sebagai bekas istana Kerajaan Gedebong Undang yang dibangun pada tahun  819 saka atau 897 Masehi. Candi ini adalah candi Hindu terbesar di luar Pulau Jawa. Kompleks Candi Bumi Ayu terletak di Desa Bumiayu, Kecamatan Tanah Abang.

Kompleks Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu – triptrus.com

Para pengunjung boleh melihat 11 candi yang beraliran Siwa dengan berbagai bentuk dan berbagai fasilitas penunjang di area ini. Bahkan, di kawasan ini juga terdapat sebuah museum yang menceritakan tentang sejarah terbentuknya candi ini.

Lokasi candi ini sekitar 85 km dari Muara Enim dengan menempuh perjalanan selama 2 jam dengan kendaraan bermotor. Namun, jika menempuh perjalanan dari Palembang sekitar 300 km sehingga mungkin baru sampai setelah 4 hingga 5 jam. Objek wisata ini masih dalam proses pemugaran sehingga belum ada harga tiket masuk yang pasti.

2.  Pantai Jodoh, Tempat Wisata di Talang Ubi yang indah

Salah satu dari 5 tempat wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ini diberi nama Pantai Jodoh karena pada zaman dahulu, Jokotole melamar kekasihnya di lokasi pantai ini. Bahkan, banyak pemuda-pemudi yang berkunjung ke tempat ini untuk mendapatkan kenalan, lalu saling jatuh cinta, dan berujung di pelaminan.

Fenomena itu didapat berdasarkan cerita dari orang-orang setempat. Pada kenyataannya, tempat ini bukan daratan yang ada di pinggir laut, tetapi di pinggir Sungai Batang Hari. Ya, ini adalah sungai bukan laut.

Pantai Jodoh PALI, Tempat Wisata di Talang Ubi yang indah

Pantai Jodoh PALI, Tempat Wisata di Talang Ubi yang indah – sumseltribunnews.com

Diberi nama pantai karena ombak sungainya cukup besar sehingga area pinggir sungai terlihat seperti pantai. Pantai Jodoh tidak hanya menyuguhkan keindahan panorama alam, tetapi juga sejumlah spot menarik untuk berfoto. Dijamin hasil fotonya pasti sangat keren.

Spot instagramable tersebut yang menyebabkan wisata kekinian yang satu ini banyak dikunjungi oleh muda mudi terutama mereka yang sedang kasmaran. Tempat ini masih gratis, hanya perlu membayar parkir kendaraan sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000 saja seperti tempat wisata di Pagaralam.

3.  Danau Air Itam

5 Tempat Wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir 1

Danau Air Itam – wisato.id

Namanya sama dengan nama sebuah danau yang ada di Kalimantan Selatan. Danau ini berlokasi di Desa Air Itam tepatnya di Kecamatan Panukal sehingga diberi nama Danau Air Itam. Danau ini sudah sejak lama diberdayakan sebagai objek wisata sehingga menjadi salah satu dari 5 tempat wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Baca Juga ya :

di Tempat Wisata di Talang Ubi Danau Air Itam ini sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang di lokasi danau ini. Mulai dari kamar mandi, mushola, warung-warung, dan kolam renang untuk anak-anak sampai dengan berbagai macam wahana permainan di darat dan air. Namun, tempat ini masih gratis.

4.  Telaga Calak

5 Tempat Wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir 2

Telaga Calak Pali – gelagatsumsel.com

Telaga Calak memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu dari 5 tempat wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Lokasinya strategis, yaitu berada di tengah kota yang menjadi ibukota Kabupaten Pali sehingga tersedia akses jalan yang cukup mudah dilalui.

Tidak usah dikhawatirkan lagi keindahannya karena telaga seluas 2 hektar ini airnya jernih. Bahkan, panorama sangat menawan karena dikelilingi oleh rindangnya pepohonan. Namun, tempat wisata ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat sehingga belum ada fasilitas yang memadai di lokasi ini. Jika sudah dikelola dengan baik maka bisa dipastikan danau ini akan ramai dikunjungi setiap harinya. Dengan demikian, danau ini masih gratis untuk dikunjungi kapan saja.

5.  Danau Konger, Tempat Wisata di Talang Ubi yang lagi hits

Danau Konger, Tempat Wisata di Talang Ubi yang lagi hits

Danau Konger, Tempat Wisata di Talang Ubi yang lagi hits- gelagatsumsel.com

Danau seluas 10 hektar ini secara administratif menjadi bagian dari Desa Sungai Dua, Kecamatan Sungai Keruh, Sumatera Selatan. Salah satu dari 5 tempat wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ini menyediakan berbagai fasilitas bagi para wisatawan seperti jogging track yang mengelilingi kawasan danau, berbagai macam wahana permainan air, warung, dan kios-kios. Harga tiket hanya Rp 5.000 per orang setiap hari. Untuk anak-anak terkadang digratiskan.

Itulah 5 tempat wisata di Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yang terkenal. Jadikan wisata di kabupaten baru ini menjadi tak terlupakan seperti Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Happy traveling good people!

 

 

Leave a Reply