Alam, Budaya, City Tour, Daftar Wisata, Danau, Rumah Adat, Taman

5 Tempat Wisata di Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir

Tempat Wisata di Kayu Agung

Tempat Wisata di Kayu Agung

Tempat Wisata di Kayu Agung – Kota Kayu Agung adalah salah satu kecamatan yang berada di Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Dalam sejarahnya nama Kayu Agung berasal dari Kata Kayu dan Agung. Kayu Artinya Pohon dan Agung artinya besar, karena di daerah Kota Kayu Agung ini banyak terdapat pohon berukuran besar yang memiliki ciri khas urat pohonnya yang timbul dan memiliki akar yang besar dan menjular.

Kota Kayu Agung Berjarak sekitar 65km dari pusat kota Palembang, Kota Kayu Agung memiliki beberapa suku asli yang mendiami wilayah tersebut yang bernama Suku Ogan, Suku Komering, Suku Kayu Agung, Suku Penesak, serta Suku Pegagan.

Untuk potensi wisata sendiri, Kota Kayu Agung di Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki cukup banyak pariwisata yang bisa dijelajahi. Banyaknya alam terbuka yang indah dan keanekaragaman budaya yang dimiliki membuat Kota Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi di Provinsi Sumatera Selatan.

Berikut seringjalan akan memberikan informasi tentang 5 tempat wisata di Kota Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir :

1. Danau Teloko

Danau Teloko Kayu Agung OKI

Danau Teloko – sumber : Metropalembang.com

Tempat Wisata di Kayu Agung yang pertama adalah danau Teloko. Danau ini Memiliki pemandangan alam yang indah, Danau Teloko adalah obyek wisata andalan Di Kota Kayu Agung. Walaupun wisata ini terbilang masih sangat baru, tapi fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, karena pengembangan yang sangat gencar dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

Baca juga : Inilah 5Tempat wisata di Lahat  yang menarik untuk dikunjungi

Hal unik yang terdapat di Danau Teloko ini adalah adanya pulau terapung yang berada di tengah danau. Untuk bisa menuju pulau terapung ini, cukup berjalan melewati jembatan panjang yang telah disediakan.

Untuk mencapai obyek wisata ini diperlukan perjalanan yang dapat menghidupkan jiwa petualangan, karena wsiatawan harus menyisir sungai menggunakan perahu dari desa Tanjung Serang menuju Danau Teloko.

Pemandangan alam yang masih terlihat begitu alami di Danau Teloko akan memberikan pengalaman yang berkesan selama berwisata di Kota Kayu Agung.

2. Rumah Seratus Tiang

Rumah Seratus Tiang

Rumah Seratus Tiang, Tempat Wisata di Kayu Agung – Sumber : Tribunnews.com

Selain wisata alam, Kota Kayu agung juga memiliki bangunan-banguna tua yang unik dan penuh dengan sejarah, salah satunya adalah Rumah Seratus Tiang.

Selain arsitekturnya yang unik, sejarah dibalik berdirinya tempat ini pun juga cukup unik. Dimana konon katanya bahwa rumah ini dibangun oleh seorang raja demi mendapatkan restu dari orangtua sang calon mempelai wanita.

Banyak informasi sejarah yang bisa dikulik jika berkunjung ke tempat itu, selain itu walaupun bangunannya sudah berusia ratusan tahun namun masih kokoh dan terlihat bersih di sekitarnya karena memang tempat ini selalu dirawat oleh pengelola bersama warga sekitar.

Untuk menuju ke Rumah Seratus Tiang bisa menuju ke Desa Sugih Waras, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Hilir dan berjarak sekitar 30km dari pusat Kota Kayu Agung.

3. Pantai Love, Tempat Wisata di Kayu Agung OKI yang indah

Pantai Love Kayu Agung Oki

Pantai Love Kayu Agung Oki – sumber : morgesiwe.com

Jika menyebut pantai, pasti yang terbesit di pikiran adalah sebuah tempat luas dengan air berwarna biru yang menari-nari, ombak dan hamparan pasir yang dihiasi pohon kelapa. Namun Pantai Love di Kota Kayu Agung ini sangat berbeda, karena ini adalah sungai yang luas dan digunakan sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat sekitar.

Meski begitu, pemandangan di Pantai Love tak kalah eksotis, terutama saat sore ketika matahari tenggelam. Pantai Love bisa menjadi destinasi yang cocok untuk sekedar bersantai menikmati semilir angin sore di Kota Kayu Agung. Adanya fasilitas berupa gazebo dan juga cukup banyak penjual makanan, menjadikan tempat ini sangat cocok menjadi sarana berkumpul bersama keluarga ataupun teman.

4. Danau Teluk Gelam

Danau Teluk Gelam

Danau Teluk Gelam – foto kompos.com

Tempat Wisata di Kayu Agung OKI yang ke empat adalah Danau Teluk Gelam. Danau Teluk Gelam mulai dikenal luas pada tahun 2004 saat dipercaya menjadi tempat menyelenggarakan olahraga ski air dan dayung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke IV.

Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan asri.sehingga selalu dipadati oleh wisatawan terutama ketika musim liburan. Lokasinya yang begitu strategis pulalah yang menjadi alasan Danau Teluk Gelam menjadi rekomendasi wisata yang haru dikunjungi di Kota Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Hilir.

5. Danau Teluk Rasau

Danau Teluk Rasau

Danau Teluk Rasau – Sumber : Gesahurangdiri.blogspot.com

Tempat Wisata di Kayu Agung OKI yang terakhir adalah Danau Teluk Rasau. Daerah Ogan Komering Hilir memang menyimpan banyak sekali wisata danau yang eksotis. Setelah Danau Teloko dan Teluk Gelam, ada juga satu lagi danau yang tak kalah menarik, yaitu Danau Teluk Rasau.

Danau Teluk Rasau ini sebenarnya adalah sebuah aliran sungai yang apabila musim kemarau airnya akan menjadi dangkal dan memperlihatkan dasarnya yang berupa pasir putih seperti di pantai. Tetapi ketika musim hujan air akan meluap dan menutupi seluruh daratan yang berada di sekitar aliran sungai.

Atas alasan itulah, Danau Teluk Rasau adalah tempat wisata yang hanya bisa dikunjungi ketika musim kemarau tiba.

Demikian itu tadi 5 tempat wisata di Kota Kayu Ageng Kabupaten Ogan Komering Hilir versi seringjalan.com. Memadukan wisata alam dan sejarah ketika berkunjung ke Kota Kayu Agung akan menjadi pengalaman yang menarik. Selain menikmati alam, dapat sekaligus belajar sejarah juga dari budaya yang berada di Kota Kayu Agung.

Leave a Reply