Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur - foto suara.com

Tempat Wisata di Martapura – Martapura adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang berada di Sumatera Selatan. Jangan terkecoh dengan Martapura di Kalimantan Selatan. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) ternyata memiliki potensi wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Sudah penasaran ada apa saja di kabupaten ini? Simak 5 tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur berikut ini.

1. Bendungan Perjaya

Bendungan Perjaya adalah Tempat Wisata di Martapura Oku Timur yang pertama. Sesuai dengan namanya, Ogan Komering Ulu Timur dilalui oleh dua sungai besar di Sumatera Selatan, yaitu Sungai Ogan dan Sungai Komering.

Debit air di kedua sungai ini cukup tinggi ketika pasang sehingga pemerintah daerah setempat berinisiatif untuk membangun sebuah bendungan yang diberi nama Bendungan Perjaya. Diberi nama Bendungan Perjaya karena bendungan ini berada di Desa Perjaya yang dikenal sebagai ikon OKU Timur.

Bendungan Perjaya, Tempat Wisata di Martapura Oku Timur

Bendungan Perjaya, Tempat Wisata di Martapura Oku Timur – srivijaya.id

Bendungan Perjaya adalah bendungan terbesar di Sumatera Selatan. Warga setempat kerap memakai bendungan ini sebagai tempat bersantai sehingga pemerintah setempat memberdayakan tempat ini sebagai lokasi wisata air, area perkemahan, dan outbond.

Selain itu, bendungan ini juga berfungsi sebagai sumber irigasi lahan pertanian yang ada di Belitang. Salah satu dari 5 tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini berjarak sekitar 4 km dari poros Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Kota Baru. Tempat wisata ini masih gratis sehingga kerap menjadi tempat tujuan rekreasi warga setempat.

2. Bukit Batu Mencar

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur – foto suara.com

Bukit Batu Mencar adalah tempat wisata air yang juga sering dikunjungi oleh masyarakat Martapura. Bukit Batu Mencar berlokasi di Desa Lingot, Kecamatan Jayapura, OKU Timur.

Aliran air di pemandian Bukit Batu Mencar berasal dari celah bebatuan besar yang keluar secara alami. Hebatnya kuasa Tuhan, air di Bukit Batu Mencar terus mengalir pada musim kemarau.

Harga tiket masuk Rp 5.000 per orang. Jika membawa mobil pribadi harus membayar parkir Rp 6.000 dan motor Rp 3.000, bahkan jika ingin menitip helm harus bayar Rp 2.000 lho. Cukup komersil ya tempat ini. Namun, keindahan tempat ini tidak usah diragukan. Air di kolam pemandian pun sangat jernih.

3. Desa Betung

Desa Betung adalah salah satu dari 5 tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang wajib dikunjungi. Desa tertua yang berada di wilayah pesisir Komering ini sudah ada sejak tahun 1520.

Nama Betung artinya rumpun bambu betung yang banyak terdapat di desa ini pada zaman dahulu. Desa ini ditempati oleh puak-puak atau kelompok-kelompok kecil yang mengungsi dari Lampung.

Desa Betung,Tempat wisata di Martapura Oku Timur

Desa Betung, Tempat wisata di Martapura Oku Timur – segi3hijau.wordpresscom

Desa ini sebenarnya berjarak 72 km dari Martapura karena sudah termasuk bagian Kecamatan Semendawai Barat. Namun, desa ini masih termasuk Kabupaten Oku Timur. Ada 52 makam bersejarah yang bisa dijadikan destinasi wisata budaya di desa ini.

Bahkan, adat asli yang berasal dari asimilasi budaya Hindu, Budha dan Islam seperti Ambali-bali (perdamaian), Anjojok, Sidokah Rumpok, Rogoh, Manjau Diharani, Manjau, Bumiah dan Turun Bara (Rogoh Bara) masih sangat terjaga. Para pengunjung seperti pelajar dan mahasiswa bisa belajar sejarah Suku Komering dan Tari Kipas Serumpun secara langsung dari sumbernya di desa ini.

4. Air Terjun Villa Masin

Air Terjun Villa Masin, Tempat wisata di OKU Timur

Air Terjun Villa Masin, Tempat wisata di OKU Timur – foto tribunews.com

Air terjun yang berada di Desa Mendah, Kecamatan Jayapura ini sangat indah. Walau tinggi air terjun ini kurang dari 10 meter, tetapi tempat ini menjadi salah satu dari 5 tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang wajib dikunjungi.

Untuk dating ke air terjun ini harus berjalan kaki sekitar 10 menit karena lokasinya tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Jika membawa kendaraan pribadi maka sebaiknya dititipkan di rumah warga, lalu membayar parkir kepada orang yang dititipkan tersebut. Tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Air terjun ini buka dari pukul 8 hingga 18 saja.

5. Desa Darma Buana

5 Tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur 1

Desa Darma Buana – wartarepublika.com

Desa Darma Buana terbentuk atas pengaruh masyarakat transmigran yang menempati OKU Timur, khususnya masyarakat Bali. Mereka tinggal di wilayah Belitang 2 dan mendirikan komunitas yang diberi nama Desa Darma Buana. Desa ini adalah sebuah miniatur Bali yang lekat dengan adat Hindu di Bali.

Bahkan, setiap tahun diadakan Festival Ogoh-Ogoh dan setiap lima tahun diadakan kegiatan Ngaben Massal. Acara ini sering dihadiri oleh masyarakat Bali yang berasal dari luar daerah OKU Timur. Keunikan desa ini sehingga pemerintah setempat tengah mengembangkan secara intensif sebagai desa wisata budaya pada masa yang akan datang.

Sebenarnya, OKU Timur memiliki banyak potensi wisata. 5 tempat wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur tersebut adalah sebagian kecilnya, tetapi potensi tersebut memang belum dioptimalkan oleh pemerintah setempat.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten OKU Timur merencanakan pemanfaatan lahan kosong seluas 137 hektar untuk dijadikan destinasi wisata agro yang berbasis pertanian, peternakan, dan hutan wisata. Selamat menjelajah OKU Timur sambil menikmati makanan khas Sumatera Selatan!

 

 

Leave a Reply