5 Tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur - foto suara.com

Tempat Wisata di Martapura – Martapura adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang berada di Sumatera Selatan. Jangan terkecoh dengan Martapura di Kalimantan Selatan. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) ternyata memiliki potensi wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Sudah penasaran ada apa saja di kabupaten ini? Simak 5 tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur berikut ini.

1. Bendungan Perjaya

Bendungan Perjaya adalah Tempat Wisata di Martapura Oku Timur yang pertama. Sesuai dengan namanya, Ogan Komering Ulu Timur dilalui oleh dua sungai besar di Sumatera Selatan, yaitu Sungai Ogan dan Sungai Komering.

Debit air di kedua sungai ini cukup tinggi ketika pasang sehingga pemerintah daerah setempat berinisiatif untuk membangun sebuah bendungan yang diberi nama Bendungan Perjaya. Diberi nama Bendungan Perjaya karena bendungan ini berada di Desa Perjaya yang dikenal sebagai ikon OKU Timur.

Bendungan Perjaya, Tempat Wisata di Martapura Oku Timur

Bendungan Perjaya, Tempat Wisata di Martapura Oku Timur – srivijaya.id

Bendungan Perjaya adalah bendungan terbesar di Sumatera Selatan. Warga setempat kerap memakai bendungan ini sebagai tempat bersantai sehingga pemerintah setempat memberdayakan tempat ini sebagai lokasi wisata air, area perkemahan, dan outbond.

Selain itu, bendungan ini juga berfungsi sebagai sumber irigasi lahan pertanian yang ada di Belitang. Salah satu dari 5 tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini berjarak sekitar 4 km dari poros Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Kota Baru. Tempat wisata ini masih gratis sehingga kerap menjadi tempat tujuan rekreasi warga setempat.

2. Bukit Batu Mencar

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur

Bukit Batu Mencar, Tempat wisata di Martapura Oku Timur – foto suara.com

Bukit Batu Mencar adalah tempat wisata air yang juga sering dikunjungi oleh masyarakat Martapura. Bukit Batu Mencar berlokasi di Desa Lingot, Kecamatan Jayapura, OKU Timur.

Aliran air di pemandian Bukit Batu Mencar berasal dari celah bebatuan besar yang keluar secara alami. Hebatnya kuasa Tuhan, air di Bukit Batu Mencar terus mengalir pada musim kemarau.

Harga tiket masuk Rp 5.000 per orang. Jika membawa mobil pribadi harus membayar parkir Rp 6.000 dan motor Rp 3.000, bahkan jika ingin menitip helm harus bayar Rp 2.000 lho. Cukup komersil ya tempat ini. Namun, keindahan tempat ini tidak usah diragukan. Air di kolam pemandian pun sangat jernih.

3. Desa Betung

Desa Betung adalah salah satu dari 5 tempat Wisata di Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang wajib dikunjungi. Desa tertua yang berada di wilayah pesisir Komering ini sudah ada sejak tahun 1520.

Nama Betung artinya rumpun bambu betung yang banyak terdapat di desa ini pada zaman dahulu. Desa ini ditempati oleh puak-puak atau kelompok-kelompok kecil yang mengungsi dari Lampung.

Desa Betung,Tempat wisata di Martapura Oku Timur

Desa Betung, Tempat wisata di Martapura Oku Timur – segi3hijau.wordpresscom

Leave a Reply