Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Tempat Wisata di Baturaja

Tempat Wisata di Baturaja

Tempat Wisata di Baturaja – Ogan Komering Ulu (OKU) adalah salah satu kabupaten tertua di Sumatera Selatan dengan ibukota bernama Baturaja. Seluruh wilayah OKU adalah daratan sehingga tidak ada objek wisata bahari seperti pantai.

Namun, hal ini tidak berarti alam kabupaten ini kurang indah untuk dijadikan objek wisata seperti 5 tempat wisata di Martapura OKU Timur. Baturaja menyimpan banyak destinasi wisata indah seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, dan wisata sejarah. Simak 5 tempat wisata di Baturaja Ogan Komering Ulu berikut ini.

1.  Air Terjun Desa Tanjung Karang

Air Terjun Desa Tanjung Karang, Tempat Wisata di Baturaja yang hits

Air Terjun Desa Tanjung Karang, Tempat Wisata di Baturaja yang hits – hipwee,com

Air terjun yang berada di kawasan hutan ini tidak terlalu tinggi. Sesuai dengan namanya, air terjun ini berada di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Baturaja Barat. Terdapat kolam alam yang sangat luas dan airnya sangat segar. Inilah daya tarik bagi para pengunjung.

Hal-hal yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain mandi, berendam, dan berenang. Suasana yang asri dan alami karena banyak pohon besar tentunya membuat kawasan ini begitu istimewa. Salah satu dari 5 tempat wisata di Baturaja Ogan Komering Ulu ini masih gratis karena belum dikelola secara profesional. Mungkin hanya perlu bayar parkir jika membawa kendaraan pribadi.

2.  Goa Putri, Tempat Wisata di Baturaja yang bersejarah

goa putri sumatera selatan, Tempat Wisata di Baturaja yang bersejarah

goa putri sumatera selatan, Tempat Wisata di Baturaja yang bersejarah – jelajah-wisataalam.blogspot.com

Salah satu dari 5 tempat wisata di Baturaja Ogan Komering Ulu ini berada di Desa Bindun, Kecamatan Semindang Aji. Goa ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari goa ini. Semua hiasan di dinding-dinding goa terbentuk secara alami.

Keindahan tersebut semakin menonjol karena adanya sorot lampu di beberapa titik. Goa identik dengan kesan mistis. Sama halnya dengan goa ini yang begitu kental aura mistisnya. Begitu masuk mungkin bulu kudu merinding karena suasananya yang remang-remang dan suara gemericik air Sungai Sumuhun. Para pengunjung harus berhati-hati ketika melangkah karena  lantai goanya licin sehingga disarankan untuk memakai alas kaki yang tebal.

Baca Juga :

Fasilitas di tempat ini cukup baik dan lengkap seperti tempat beristirahat, mushola, tempat bercuci muka yang katanya mampu mencerahkan kulit, dan warung makan. Waktu berkendara sekitar 30-45 menit dari Baturaja hingga sampai di tempat ini.

3.  Batu Lesung Bintang

5 Tempat Wisata di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu 1

Batu Lesung Bintang – vscbaturaja.blogspot.com

Batu Lesung Bintang terletak di Bukit Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat. Salah satu dari 5 tempat wisata di Baturaja Ogan Komering Ulu ini memiliki keindahan alam yang tak perlu diragukan lagi. Tempat seluas 2.500 meter2 ini menyimpan beberapa benda bersejarah seperti Batu Tapak Kaki, batu berukiran sandi dan peta wilayah, dan batu segi delapan dengan lubang di tengah yang menyerupai lesung untuk menumbuk padi.

Keberadaan batu yang bentuknya seperti lesung padi ini yang membuat tempat ini diberi nama Batu Lesung Bintang. Dari atas Bukit Lesung Bintang juga terlihat panorama kota Baturaja sehingga wisata di kawasan ini benar-benar memuaskan. Destinasi wisata ini gratis dan boleh dikunjungi kapan saja.

4.  Air Panas Gemuhak

5 Tempat Wisata di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu 2

Air Panas Gemuhak – suara1996.blogspot.com

Salah satu dari 5 tempat wisata di Baturaja Ogan Komering Ulu ini berada di kawasan hutan lindung, Desa Gunungtiga, Kecamatan Uluogan. Objek wisata ini begitu unik karena berupa gletser atau sumber air panas yang menyembur dari dalam tanah setinggi 3 meter dengan selang waktu 15 detik.

Air panas yang memancar ini suhunya mencapai 97 derajat celcius di beberapa titik. Kondisi di sekitar sumber air panas terselimuti uap sehingga terlihat berembun, meski dikelilingi oleh pepohonan. Suhu air tidak usah diragukan lagi karena telur yang dimasukkan ke air akan segera matang. Lokasinya sekitar 398 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 6 kilometer dari Desa Gunung Tiga.

Warga setempat percaya bahwa air panas ini mampu  mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Cukup membayar tiket Rp 5.000 saja per orang maka Anda akan puas merasakan khasiat air panas ini.

5.  Taman Kota Baturaja

5 Tempat Wisata di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu 3

Taman Kota Baturaja – pesona.travel.com

Taman Kota Baturaja sengaja dibangun oleh Pemerintah OKU untuk menyediakan sarana rekreasi bagi masyarakat setempat. Tentu saja taman ini gratis, walaupun tersedia fasilitas seperti kursi-kursi taman di bawah pepohonan dan berbagai wahana permainan untuk anak-anak.

Di taman ini tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman bagi para pengunjung. Cukup bayar parkir jika membawa kendaraan pribadi dan membeli tiket untuk anak-anak yang ingin mencoba wahana permainan maka Anda akan merasa senang.

Itulah 5 tempat wisata di Baturaja Ogan Komering Ulu yang digemari oleh masyarakat setempat. Keberadaan tempat-tempat wisata harus terus dijaga kebersihannya agar selalu menarik. Kunjungi juga 5 tempat wisata di Painan Pesisir Selatan!

 

 

 

Leave a Reply