Alam, City Tour, Uncategorised

Melihat Bendungan Tangga Asahan yang Sangat Ikonik di Sumatera Utara

tribunmedan.com

Indonesia punya banyak tempat keren. Meski tujuannya bukan untuk tempat wisata, namun ada beberapa tempat yang daya tariknya tidak kalah dengan tempat wisata alam. Salah satu tempat ikonik tersebut adalah Bendungan Tangga Asahan yang terletak di Sumatera Utara. Bendungan ini punya sejarah yang menarik dan daya tarik yang nggak biasa.

Selama ini Bendungan Tangga Asahan dikenal sebagai sebuah bendungan biasa yang muncul pada uang jadul pecahan 100 rupiah pada tahun 1984. Meski sudah cukup lama, Bendungan Tangga Asahan kini tetap menjadi spot yang membuat banyak masyarakat penasaran. Tempat ini juga dikenal unik dan ikonik karena pernah muncul di pecahan rupiah. Selain itu, Bendungan Tangga Asahan ini juga punya daya tarik wisata lain yang nggak kalah menarik.

travelingyuk

Nah, ketika bertandang ke Sumatera Utara, perlu banget untuk menyempatkan buat mengunjungi tempat legendaris yang satu ini. Berikut adalah ulasan mengenai Bendungan Tangga Asahan.

 Sekilas tentang Bendungan Tangga Asahan

inalum.co.id

Terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Bendungan Tangga Asahan ini berada tepat di atas Air Terjun Ponot dan Air Terjun Sampuran Harimau. Bendungan ini juga tidak jauh dari Bendungan Sigura-gura di Simorea yang berjarak hanya 4 kilometer.

Bendungan Tangga Asahan ini dibangun pada tahun 1978 dan selesai pada tahun 1982. Ada hal unik mengenai Bendungan Tangga Asahan ini yaitu merupakan bendungan busur pertama di Indonesia dengan tinggi bendungan 82 meter dari dasar Sungai Asahan. Bendungan Tangga Asahan ini memang difungsikan sebagai penyuplai air untuk membangkitkan tenaga listrik di daerah.

Bendungan Tangga Asahan ini punya bentuk yang tidak biasa seperti bendungan-bendungan lain di Indonesia. Dikenal sebagai Concreate Arch atau bangunan berbentuk busur menjadikan Bendungan Tangga Asahan ini cukup ikonik. Meski bentuknya yang khas, Bendungan ini sebenarnya bukan untuk tempat wisata. Karena pemandangan bendungan yang unik dan berbeda dikeliling lembah membuat masyarakat penasaran ingin melihat secara langsung Bendungan Tangga Asahan ini dari dekat.

Tenaga Alam dari Bendungan Tangga Asahan

tribunmedan.com

Bendungan Tangga Asahan ini memiliki peran yang penting dalam pembangkit listrik. Bendungan ini dibangun oleh PT. Inalum untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sendiri yaitu dengan membendung Sungai Asahan. Selain itu, PT. Inalum juga dikenal dengan membuat Bendungan Sigura-gura yang tak kalah populer.

Tak tanggung-tanggung, dari dua bendungan yang dibuat PT. Inalum tersebut menghasilkan listrik sebesar 603 megawatt yang digunakan untuk industry peleburan aluminium di Sumatera Utara.

Pemandangan Indah di sekitar Bendungan Tangga Asahan

inalum.co.id

Bendungan Tangga Asahan punya panorama yang sangat indah. Terletak di lembah Asahan yang ditumbuhi banyak pohon tropis yang hijau menjadikan Bendungan Tangga Asahan ini menjadi tempat yang punya daya tarik tersendiri. Selain itu, Sungai Asahan yang sangat bersih mengalir diantara lembah menjadikan Bendungan Tangga Asahan ini nampak seperti tempat di negeri dongeng.

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi Bendungan Tangga Asahan yang sangat ikonik ini?

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply