Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen Aceh

Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen

Salah Satu Tempat Wisata di Bireuen. Foto: lintasgayo.co

Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen – Bagi yang belum mengetahui tentang Kabupaten Bireuen, kabupaten yang satu ini merupakan bagian dari provinsi Aceh. Letak dari kabupaten ini ada di pesisir utara Aceh dan jarak yang perlu ditempuh untuk sampai di ke sana adalah lebih dari 200 km.

Nama kabupaten ini memang sedikit unik, dan konon merupakan pemberian dari saudagar yang berasal dari Arab. Makna dari nama tersebut pun sangat baik dan diambil dari kata ‘birrun’ dari bahasa Arab yang berarti kebajikan. Lalu, disesuaikan dengan logat Aceh menjadi Bireuen.

Selain namanya yang unik serta memiliki makna yang sangat bagus, Kabupaten Bireuen juga menyimpan banyak keindahan wisata, termasuk wisata alamnya. Namun, bukan hanya sebatas wisata alam saja, di Kabupaten ini juga ada wisata jenis lain seperti halnya wisata sejarah. Jika kebetulan sedang berada di Bireuen dan ingin menikmati pesona wisatanya, maka beberapa wisata berikut patut untuk dikunjungi.

1. Pantai Peuneulet Baroh

Pantai Peuneulet Baroh, Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen

Pantai Peuneulet Baroh, Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen – Foto: ardigaleri.wordpress.com

Tempat wisata di Kabupaten Bireuen yang pertama ini patut dan wajib dikunjungi karena keeksotisannya yang begitu memukau. Pantai Peuneulet Baroh menjadi pantai yang diagung-agungkan oleh masyarakat sekitar karena kebersihan air lautnya. Pasir putihnya juga tidak kalah cantik dan lembut. Pastinya pantai ini juga sangat pas untuk dijadikan spot foto.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan harus datang ke Kecamatan Simpang Mamplam. Jarak yang perlu ditempuh sekitar 38 km dari pusat Bireuen. Dengan keindahannya yang memukau, tentu saja jarak yang jauh pun tidak akan menjadi masalah demi menyaksikan pesona Pantai Peuneulet Baroh.

2. Pantai Reuleng Manyang

Pantai Reuleung Manyang, Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen

Pantai Reuleung Manyang, Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen – Foto: steemitimages.com

Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen yang kedua adalah Pantai Reuleng Manyang. Berbeda dengan Pantai Peuneulet Baroh, Pantai Reuleng Manyang ini menawarkan keindahan pantai dengan karangnya.

Di pantai ini banyak bebatuan serta tebing yang tentunya juga tak kalah apik dijadikan sebagai latar untuk berfoto. Dikarenakan bentuk dari pantai ini yang berkarang dan memiliki banyak tebing, ombak di sini pun cukup besar. Namun, kejernihan dari airnya sendiri tidak dapat diragukan.

Wisatawan pasti akan sangat puas menyaksikan indahnya laut. Bila berminat untuk datang ke Pantai Reuleng Manyang, lokasi dari pantai ini ada di Kecamatan Pandrah, Bireuen.

Baca Juga ya :

3. Air Terjun Piramida

Air Terjun Piramida - Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen

Air Terjun Piramida – Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen – Foto: steemitimages.com

Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen selanjutnya adalah Air Terjun Piramida. Dari namanya saja, bisa ditebak jika air terjun satu ini pasti memiliki bentuk seperti piramida. Batu-batu yang tersusun di air terjun ini memang membentuk piramida sehingga nampak sangat apik dan unik.

Lokasi dari Air Terjun Piramida ini bisa ditemukan di Kecamatan Samalanga, Bireuen. Namun, seperti lokasi air terjun lainnya, untuk bisa tiba di lokasi ini memang butuh perjuangan. Butuh waktu hingga 1,5 jam untuk bisa tiba di lokasi. Meskipun jarak dan lokasi yang ditempuh cukup sulit, tapi hal ini tidak mengurungkan banyak wisatawan untuk tetap datang ke lokasi Air Terjun Piramida.

4. Rumoh Teungku Chik, Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen

Rumoh Teungku Chik. Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen

Rumoh Teungku Chik. Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen – Foto: atjehnews4.blogspot.com

Selain berwisata alam seperti ketiga tempat wisata di atas, ada satu Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen yang bisa dijadikan sebagai wisata sejarah. Tempat tersebut adalah Rumoh Teungku Chik. Lokasi dari tempat wisata ini ada di Gampong Awe Geutah, Peusangan Siblah Krueng, Bireuen.

Seperti namanya, Rumoh Teungku Chik dulunya merupakan rumah milik Teungku Chik yang sekarang sengaja diwariskan untuk menjadi wisata bersejarah. Berkunjung ke rumah wisata ini, wisatawan dapat melihat bagaimana dulunya Teungku Chik sebagai seorang ulama terkenal di Aceh, terurama Bireuen.

Nilai sejarah rumah ini juga terletak pada usianya yang sudah lebih dari 500 tahun dimana awalnya dibangun pada abad ke 13. Di bagian dalam Rumoh Teungku Chik, wisatawan akan menyaksikan banyak barang-barang antik serta ukiran dari rumah yang begitu khas bangunan zaman dulu. Pengunjung tidak akan dibuat bosan bila datang ke rumah bersejarah ini.

5. Cot Panglima

Cot Panglima. Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen

Cot Panglima. Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen – Foto: steemitimages.com

Tempat Wisata di Kabupaten Bireuen yang terakhir ini bisa dikatakan paling unik di antara yang lain. Cot Panglima ini merupakan puncak di Kecamatan Juli, Bireuen. Sensasi saat melewati daerah ini seperti halnya film-film Hollywood, dimana jalanannya cukup berkelok. Namun, pemandangan di sekitar puncak inilah yang paling dicari-cari oleh wisatawan.

Cot Panglima ini juga menjadi salah satu tempat istirahat atau rest area para pengendara mobil maupun motor. Sambil beristirahat, wisatawan atau pengguna jalan juga bisa menikmati indahnya pemandangan Bireuen yang begitu luas.

***

Aceh memang tidak pernah menyajikan keindahan alamnya, termasuk Kabupaten Bireuen. Sebenarnya, masih ada banyak wisata yang bisa ditemukan di Bireuen.

Tapi, bisa dikatakan jika 5 tempat wisata di Bireuen yang sudah disebutkan di atas merupakan wisata yang paling diandalkan oleh Bireuen. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi 5 tempat wisata di atas bila sedang singgah atau melewati Bireuen.

Baca Juga:

Leave a Reply