5 Tempat Wisata di Sipirok Tapanuli Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Pantai

5 Tempat Wisata di Sipirok Tapanuli Selatan

Aek Sijorni di Sipirok

Sumber; Kumparan

Tempat Wisata di Sipirok Tapanuli – Tapanuli Selatan merupakan salah satu kabupaten di Sumatra Utara dengan Ibukotanya Sipirok. Sebelum Sipirok menjadi ibukota kapbupaten, tadinya ibukota berada di Padang Sidempuan. Kabupaten dengan slogan Sahata Saoloan ┬ádalam Bahasa Angkola yang memiliki arti Seia Sekata ini memiliki potensi wisata alam yang menakjubkan.

1. Pantai Barat Muara Batangtoru

Pantai Barat Muara Batangtoru

Pantai Barat Muara Batangtoru – Sumber: Cinta Tanah Air

Tempat Wisata di Sipirok Tapanuli Selatan yang pertama adalah Pantai Barat Muara Batangtoru. Pantai Barat Muara Batangtoru ini Terletak di Desa Muara Opu Kecamatan Muara Batang Toru kabupaten Tapanuli Selatan.

Pantai Barat Muara Batangtoru memiliki garis pantai sepanjang lebih kurang 17 kilometer, pantai berpasir putih ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Salah satu daya tarik yang ditawarkan kepada para pengunjung adalah terdapatnya biota laut yang dilindungi yakni “Penyu Belimbing”.

2. Wisata Aek Sabaon, Tempat Wisata di Sipirok yang unik

Wisata Aek Sabaon

Wisata Aek Sabaon – foto superadventure.co.id

Untuk dapat menjangkau destinasi wisata Aek Sabaon, pengunjung dapat menempuh perjalanan dari Kota Medan kemudian menuju Bandara Aek Godang via udara. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan darat selama kurang lebih 2,5 jam. Untuk dapat menikmati destinasi wisata di Sipirok ini, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000.

Ada banyak fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung salah satunya yaitu Pemandian Air Panas Padang Bujur dan rumah-rumah tempat istirahat yang dibangun langsung menghadap danau. Pemandangan luar biasa cantik di sini terlihat seperti pemandangan di negara Swiss, tentunya tanpa pengunjung harus membayar tiket pesawat dengan harga tinggi.

3. Air Terjun Silima-lima

Air Terjun Silima-lima

Air Terjun Silima-lima – Sumber: Pariwisata Sumatera Utara

Salah satu air terjun di Sipirok ini memiliki ketinggian kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut. Bagi pengunjung untuk dapat mencapai lokasi ini, membutuhkan waktu satu jam dengan menggunakan sepeda motor dari kota Padang Sidempuan. Dari desa ini, pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 15 menit hingga akhirnya disuguhi dengan cantiknya alam Sipirok ini.

Leave a Reply