Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Bener Meriah Aceh

Tempat Wisata di Bener Meriah

Keindahan Air Terjun Tempat Wisata di Bener Meriah - Foto: lintasgayo.com

Tempat Wisata di Bener Meriah – Untuk para wisatawan yang sedang berwisata atau sekedar singgah di Aceh, rasanya tidak boleh melewatkan salah satu kota di kabupaten Aceh Utara ini, yaitu Bener Meriah. Kota yang satu ini memang tidak begitu dikenal oleh wisatawan. Namun, jika menyempatkan sedikit waktu untuk menjelajah, maka akan ada banyak wisata yang bisa ditemukan.

6 Kuliner dan Makanan Khas Bener Meriah

Kopi khas bener meriah Sumber: radarindo.co.id

Bener Meriah memiliki banyak macam wisata, baik wisata religi, alam, edukasi, hingga sejarah. Pemerintah Aceh Utara sendiri sedang mengupayakan supaya wisata-wisata yang ada di Bener Meriah bisa tereksplorasi dengan baik. Upaya tersebut dilakukan pemerintah dengan memperkenalkan wisata-wisata tersebut di sosial media.

Meskipun wisata di Bener Meriah tergolong masih sangat baru dan tidak banyak yang tahu, tapi dijamin wisata-wisata tersebut tidak akan mengecewakan pengunjung yang rela mendatangi wisata tersebut. Simak ulasan tentang 5 tempat wisata di Bener Meriah berikut ini untuk melihat bagaimana keunikan di masing-masing tempat wisata tersebut.

1. Pemandian Air Panas Wih Pesam

5 Tempat Wisata di Bener Meriah Aceh 4

Pemandian Air Panas Wih Pesam. Foto: wisataterbaru.net

Bagi wisatawan yang belum tahu, Bener Meriah ini adalah salah satu kota dengan banyak wisata pemandian air panas, termasuk pemandian air panas Wih Pesam yang menjadi salah satu Tempat Wisata di Bener Meriah. Lokasi dari wisata ini ada di Simpang Balik, Bener Meriah.

Berwisata ke pemandian air panas tentunya akan memberikan manfaat untuk relaksasi tubuh dan juga untuk kesehatan. Untuk fasilitasnya sendiri sudah dilengkapi dengan toilet dan tempat ganti. Selain itu, pengelola kolam juga menerapkan untuk membedakan kolam laki-laki dan perempuan.

2. Pemandian Air Panas Bandar Lampahan

Pemandian Air Panas Bandar Lampahan. Tempat Wisata di Bener Meriah

Pemandian Air Panas Bandar Lampahan. Tempat Wisata di Bener Meriah – Foto; detik.com

Tempat Wisata di Bener Meriah yang kedua juga masih berhubungan dengan pemandian air panas. Sesuai dengan namanya, pemandian air panas Bandar Lampahan ini berada di Bandar Lampahan, Timang Gajah, Bener Meriah.

Pemandian air panas ini termasuk salah satu pemandian yang cukup menjadi favorit wisatawan terutama di Aceh Utara. Bahkan, di akhir minggu atau hari libur, tempat wisata ini bisa kebanjiran pengunjung.

Fasilitasnya juga bisa dibilang lebih lengkap dibandingkan dengan Wih Pesam, dan ukuran kolamnya pun juga lebih luas. Di pemandian air panas Bandar Lampahan, wisatawan juga bisa menyewa ban untuk berenang. Toilet dan ruang ganti pun juga disediakan.

Baca Juga ya :

3. Arung Jeram Samar Kilang

Arung Jeram Samar Kilang, Tempat Wisata di Bener Meriah

Arung Jeram Samar Kilang, Tempat Wisata di Bener Meriah – Foto: lintasgayo.co

Jika datang ke Aceh Utara dan ingin mencoba wisata yang menantang adrenalin, maka arung jeram Samar Kilang inilah pilihannya. Arus sungai di wisata ini cukup bisa memacu keberanian untuk mengarungi  jeram ini.

Serta, pemandangan di sekitar arung jeram ini juga masih sangat alami, sehingga akan menciptakan suasana yang begitu segar. Jangan lupa juga mengajak keluarga atau teman, supaya semakin menciptakan momen liburan yang seru dan penuh tantangan.

Meskipun masih tergolong cukup baru, datang ke tempat ini tidak akan mengecewakan. Pemerintah sendiri juga masih akan terus berupaya mengembangkan tempat wisata yang satu ini. Untuk penamaan arung jeram ini juga disamakan dengan lokasi dari wisata, yaitu Samar Kilang.

4. Air Terjun Reje Ilang

Air Terjun Reje Ilang. Tempat Wisata di Bener Meriah

Air Terjun Reje Ilang. Tempat Wisata di Bener Meriah – Foto: lintasgayo.com

Tempat Wisata di Bener Meriah selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan keindahannya adalah air tejun Reje Ilang. Untuk lokasi tepatnya ada di Meriah Jaya, Timang Gajah, Bener Meriah.

Menjangkau lokasi ini memang tergolong susah, dikarenakan lokasinya masih sangat jauh dari membutuhkan jarak 1000 m dari desa. Namun, para wisatawan tentu akan terpesona saat tiba di lokasi wisata. Pemandangannya akan memberikan kepuasan setelah dengan begitu lelahnya mencapai lokasi ar terjun Ilang.

Bukan hanya itu, wisatawan pasti akan ketagihan berfoto ria dengan latar air terjun. Untuk masalah fasilitas memang air terjun ini tergolong tidak memiliki fasilitas apapun. Saat ini, yang ditonjolkan oleh pengelola wisata adalah keindahan alamnya.

5. Makam Datu Beru, Tempat Wisata di Bener Meriah

Makam Datu Beru. Tempat Wisata di Bener Meriah

Makam Datu Beru. Tempat Wisata di Bener Meriah – Foto: takengonnews.com

Jika keempat wisata yang disebutkan di atas lebih ke arah wisata alam, maka wisata yang satu ini tergolong wisata sejarah dan religi. Tempat Wisata di Bener Meriah berupa tempat ziarah adalah Makam Datu Beru.

Makam Datu Beru ini merupakan salah satu tokoh di masyarakat Gayo yang sangat berpengaruh. Nama lain dari beliau yaitu Qurrata’aini, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan Datu Beru.

Berkunjung ke makam Datu Beru tentunya bisa dijadikan sebagai ajang untuk lebih mengenal dan menghargai sejarah salah satu tokoh penting Aceh. Selain itu, juga bisa dijadikan ajang wisata religi. Jika berminat untuk mendatangi wisata ini, lokasinya terdapat di Tunyang, Timang Gajah, Bener Meriah.

5 tempat wisata di Bener Meriah di atas pastinya menunjukkan kalau Aceh Utara merupakan salah satu daerah di Aceh yang memiliki kekayaan potensi wisata. Wisata-wisata tersebut memang tergolong baru, tapi setidaknya memiliki banyak variasi dan tidak akan membuat bosan.

Jangan lupa baca juga:

Leave a Reply