Daftar Wisata, Bukit, Pantai

5 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan

5 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan 1

yuktravel.com

Tempat Wisata di Painan – Sumatera Barat tengah berbenah untuk menjadi salah satu destinasi wisata dunia halal dan muslim friendly. Salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang cocok dijadikan destinasi wisata adalah Pesisir Selatan dengan ibukota Painan.

Bukit-bukit dan air terjun yang indah adalah panorama unggulan dari Pesisir Selatan seperti di Lewoleba. Jika ingin tahu lebih banyak, simak ulasan tentang 5 tempat wisata di Painan Pesisir Selatan berikut ini.

1.  Air Terjun Bayang Sani

5 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan 2

sumbar.antaranews.com

Air Terjun Bayang Sani adalah air terjun terbesar di Sumatera Barat. Salah satu dari 5 tempat wisata di Painan Pesisir Selatan terdiri dari empat air yang turun dengan deras setinggi 80 meter. Harga tiket untuk menikmati air terjun yang indah dan air yang bening ini adalah Rp 5.000 per orang.

Fasiltas di tempat wisata ini sudah cukup memadai seperti toilet dan ruang ganti. Bahkan, ada warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman sehingga tidak usah takut kelaparan setelah bermain air di tempat ini. Air terjun ini sama indahnya dengan Air Terjun Kedung Kandang.

2.  Bukit Mandeh, Tempat Wisata di Painan yang paling hits

5 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan 3

yuktravel.com

Bukit Mandeh menjadi tempat tujuan wisata yang digemari karena dari puncaknya bisa terlihat Teluk Mandeh dengan jajaran pulau berwarna kehijauan. Benar-benar menyejukkan mata, terlebih air laut yang begitu biru juga membentang di bawahnya. Bukit ini terletak sekitar tiga kilometer dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan.

Aksesnya bisa dilalui oleh motor dan mobil, tetapi tidak bisa untuk bus karena jalannya cukup sempit dan berkelok. Untuk naik ke puncak bukit atau sekadar menikmati suasana di sekitar bukit ini gratis. Tidak perlu membayar tiket masuk. Terdapat tempat parkir yang cukup luas dan warung untuk membeli makanan atau minuman.

3.  Pantai Carocok Painan

5 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan 4

nativeindonesia.com

Pantai ini terletak di Kecamatan IC Jurai yang cukup strategis sehingga pantai ini ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat seperti Pantai Syariah Banyuwangi. Jarak pantai ini sekitar 77 km dari kota Padang yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Terdapat sebuah jembatan di pantai ini yang menghubungkan dengan Pulau Batu Kareta.

Para pengunjung bisa menyebrang dengan berjalan kaki. Selanjutnya, para pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Cingkuak dengan naik perahu yang bisa disewa seharga Rp 20.000 per orang untuk pergi dan pulang.  Pulau Cingkuak adalah sebuah pulau wisata yang menyediakan wahana olahraga air seperti banana boat, jetski, donat boat, dan lain-lain. Wahana-wahana itu bisa disewa dengan harga bervariasi mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 150.000 saja.

4.  Bukit Langkisau

5 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan 5

Bukit Langkisau – pedomanwisata.com

Salah satu dari 5 tempat wisata di Painan Pesisir Selatan ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pemandangan kota Painan bisa terlihat dengan jelas dari puncak bukit ini. Waktu terbaik untuk dating ke bukit ini adalah pada sore hari untuk melihat matahari terbenam.

Unik, bukit biasanya sangat baik untuk dikunjungi ketika pagi saat matahari terbit, tetapi bukit ini justru ketika matahari terbenam. Amazing sunset akan terlihat jelas dari puncak bukit ini. Bukit Langkisau bisa ditempuh selama 10 menit dari Pantai Carocok.

5.  Pantai Batu Kalang

Pantai dengan batu-batu besar identik dengan pantai di Pulau Belitung. Namun faktanya, pantai yang seperti itu ada di Pesisir Selatan Sumatera Barat. Pantai ini bernama Pantai Batu Kalang yang terletak di Kenagarian Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan. Pasir putih dan ombak beriak kecil adalah sajian unggulan pantai ini. Siapapun pasti suka ketika berada di tempat ini, terutama para pecinta pantai.

5 Tempat Wisata di Painan Pesisir Selatan 6

Pantai Batu Kalang – lancangkuning.com

Batu Kalang artinya batu penghalang. Ada dua batu kalang di pantai ini, yaitu Batu Kalang Mandeh yang ada di selatan dan Batu Kalang Ketek di Barat Laut. Perpaduan warna indah di pantai ini begitu memanjakan mata.

Warna biru laut dan langit berpadu dengan warna putih pasir dan batu-batu besar. Benar-benar pemandangan yang sempurna. Di tepi pantai ada payung-payung dan warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Jangan takut lapar atau haus ketika berada di pantai ini.

Sudah berencana ke mana ketika berada di Pesisir Selatan? Jika belum tahu mungkin 5 tempat wisata di Painan Pesisir Selatan ini bisa menginspirasi. Jadikan waktu Anda di Pesisir Selatan begitu berkesan dan tak akan terlupakan. Have a nice vacation!

 

 

Leave a Reply