5 Suku Yang Ada Di Lombok - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Suku, Budaya, Informatif

5 Suku Yang Ada Di Lombok

Suku Bayan, Suku Yang Ada Di Lombok

Suku Bayan - foto ig @sultonhadi

Suku Yang Ada Di Lombok – Lombok merupakan satu daerah yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Satu kawasan berkembang yang didiami oleh beberapa suku bangsa tradisional dan imigran selama turun-temurun sampai sekarang.

Oleh karena masih bagian dari wilayah Indonesia, tentunya masyarakat harus mengetahui nama suku-suku bangsa ini.

Baca juga :

 Suku Yang Ada Di Lombok

Suku Yang Ada Di Lombok // indonesiatrip.com

Nah, pada artikel sosial dan budaya berikut, kami akan menjabarkan tentang suku-suku besar yang berada di Kabupaten Lombok NTB.

Harapannya, semoga dari artikel ini, pembaca bisa mendapatkan informasi lengkap dan termotivasi untuk ikut menjaga kelestarian suku bangsa sebagai aset negara yang memang harus diperjuangkan.

Ini dia suku-suku Lombok yang dimaksud:

1. Suku Sasak

Suku Sasak, Suku Yang Ada Di Lombok

Suku Sasak, Suku Yang Ada Di Lombok – foto ig @natalia.candianawan

Suku Sasak merupakan suku Asli Pulau Lombok yang menurut para ahli, suku ini telah mendiami Lombok sejak 4000 abad sebelum masehi.

Jika Anda melihat dari buku sejarah Negarakertagama karangan Mpu Prapanca, maka Suku Sasak merupakan generasi berikutnya dari beberapa suku asli yang berada di Pulau Jawa.

Sebagian besar Suku Sasak beragama Islam sedangkan sebagian kecilnya terpecah menjadi penganut agama yang lain seperti agama hindu, agama kristen dan budha.

Sekalipun terbilang sebagai penganut agama yang taat, ternyata masih ada beberapa warga yang menyembah roh yang mereka menyebutnya sebagai Boda.

Suku Sasak terbilang kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan atau budaya yang aneh terutama dalam hal pernikahan.

Kabarnya, di suku inilah peristiwa kawin lari menjadi hal yang tidak terlarang bahkan terkadang menjadi sebab musabab terjadinya pernikahan antar warga.

Tak hanya itu, di Suku Sasak perkawinan antara saudara juga masih berjalan dan menjadi entitas kebudayaan yang sejatinya perlu disosialisasikan agar bisa dirubah menjadi perkawinan yang benar.

2. Suku Samawa, Suku Yang Ada Di Lombok

Suku Samawa, Suku Yang Ada Di Lombok

Suku Samawa, Suku Yang Ada Di Lombok – foto ig @adityaalazis

Suku Yang Ada Di Lombok selanjutnya adalah Suku Samawa yang merupakan suku terbesar di Nusa Tenggara Barat yang sebagian besar mendiami Pulau Sumbawa tetapi sebagiannya lagi bermukim di Pulau Lombok.

Namun, menurut kabarnya, suku ini sudah berasimilasi dengan masyarakat luar sehingga identitas sebagai suku asli sudah mulai berkurang

. Sedangkan suku yang benar-benar orisinal memilih keluar NTB pasca terjadinya bencana besar meletusnya Gunung Tambora tahun 1815.

Suku Samawa adalah kelompok masyarakat yang menjunjung tinggi adat istiadat dan kebudayaan baik mereka yang berdiam di Pulau Sumbawa maupun yang berada di Pulau Lombok.

Adat istiadat Suku Samawa yang tetap lestari sampai saat ini di antaranya Karaci atau pementasan pertarungan antar pria dan Karapan Kebo atau lomba lari kerbau yang dilakukan di tanah sawah berlumpur.

3. Suku Bali Lombok

Suku Bali di Lombok

Suku Bali di Lombok – foto inews.com

Suku Bali ternyata juga bisa ditemukan di Pulau Lombok yang bahkan jika melihat dari segi budaya, ada beberapa budaya Bali yang teradopsi ke dalam kebudayaan suku asli Lombok yang salah satunya adalah budaya kesenian.

Asimilasi kebudayaan ini merupakan hal yang wajar, apalagi antara Pulau Bali dengan Pulau Lombok memang memiliki kedekatan geografis yang tentunya bisa berujung pada kedekatan historis bahkan kultural atau budaya.

Sekalipun sudah berasimilasi dengan baik bersama masyarakat asli Lombok, ternyata masih terdapat beberapa perbedaan antara Suku Bali dengan Suku Sasak yang salah satunya perbedaan keyakinan dalam beragama.

Suku Bali merupakan penganut agama Hindu yang taat, sedangkan Suku Sasak menganut agama islam dan sebagian agama budha. Namun, uniknya keduanya bisa hidup berdampingan dengan penuh toleransi dan rukun.

4. Suku Bayan

Suku Bayan, Suku Yang Ada Di Lombok

Suku Bayan, Suku Yang Ada Di Lombok – foto ig @sultonhadi

Suku Yang Ada Di Lombok lainnya adalah Suku Bayan yang juga merupakan kelompok masyarakat yang mendiami Desa Bayan yang masih termasuk ke dalam kawasan Pulau Lombok Utara.

Menurut para ahli sejarah, Suku Bayan merupakan generasi kedua dari Suku Sasak sehingga mereka menyebutnya sebagai Suku Sasak Bayan.

Suku Bayan atau Suku Sasak Bayan sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang sudah terjaga sejak ratusan tahun.

Bahkan dari segi pakaian adat saja, masyarakat suku tidak boleh memakai pakaian sembarangan.

Orang luar sekalipun ketika berkunjung ke Suku Bayan harus menggunakan pakaian adat mereka yaitu kain songket dan ikat kepala baru bisa diterima sebagai tamu kehormatan.

5. Suku Mbojo

Suku Mbojo

Suku Mbojo – foto antara.com

Suku Mbojo bukan merupakan suku asli Lombok melainkan suku asli kota Bima Nusa Tenggara Barat.

Namun tidak dimungkiri kalau suku Mbojo merupakan suku pendatang di Pulau Lombok, karena para ahli menemukan adanya kelompok masyarakat Mbojo juga berdiam di Lombok sekalipun jumlahnya tidak sebesar Suku Sasak.

Sebagian besar Suku Mbojo menempati kawasan pesisir dan bermata pencaharian sebagai nelayan. Saat ini, suku Mbojo sudah modern bahkan ada sebagian yang sudah bekerja sebagai petani bahkan Pegawai Negeri Sipil.

Ini membuktikan kalau masyarakat Suku Mbojo sudah berkembang apalagi di wilayah aslinya yaitu Pulau Bima, telah terjadi asimilasi dengan masyarakat luar yang lebih plural.

Inilah nama-nama suku bangsa yang berada di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Kelompok masyarakat Lombok yang ikut andil membangun kota yang oleh masyarakat disebut kota 1000 masjid tersebut.

**

Semoga apa yang telah kami informasikan di atas bisa menjadi motivasi pembaca untuk lebih mencintai budaya bangsa Indonesia.

Leave a Reply