Gunung

5 Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Bara

Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Bara - sumbe-radarcirebon.com

Gunung Tertinggi di Jawa Barat – Seperti yang kita tahu jika Provinsi Jawa Barat memiliki banyak sekali gunung-gunung indah yang biasa dijadikan sebagai target pendakian oleh para pendaki. Gunung-gunung di Jawa Barat ini tersebar hampir disebagain wilayah pegunungan di Jawa Barat seperti di Garut dan di Bogor.

Meski Gunung Tertinggi di Jawa Barat tingginya mencapai 3.079 mdpl namun medan yang dilalui cukup berat dan sangat menantang. Butuh persiapan yang matang untuk menaklukan gunung gunung Tertinggi di Jawa Barat ini. Berikut ini saya sudah merangkum 5 Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang mungkin bisa jadi refrensi kamu untuk didaki.

1. Gunung Ciremai (3.078 mdpl)

Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat – sumbe-radarcirebon.com

Gunung Ciremai merupakan Gunung Tertinggi di Jawa Barat. Gunung Ciremai adalah gunung berapi kerucut yang termasuk kedalam wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Untuk  mencapai puncak Gunung Ciremai diperlukan waktu sekitar 10 jam dengan kondisi fisik yang baik. Gunung Ciremai merupakan gunung yang kaya akan flora dan fauna nya.

Mulai dari tanaman anggrek, kantung semar, pohon pinus, beringin karet, kecapi, cantigi, hewan elang jawa, perkutut, macan kumbang, burung punai, dan masih banyak lagi. Untuk menuju kesini, pendaki dari arah Jakarta bisa menyiapkan uang sebesar Rp 50.000 untuk tiketnya.

Oh ya, kalau kamu sudah sampai disini, sebaiknya perhatikan hal ini. Pertama, kamu jangan mengeluh. Kedua, jangan buang air kecil dan besar sembarangan . Yang ketiga, kamu harus menginjakkan bumi 3 kali dan memberi salam. Ini dipercaya bisa menjauhkan dari gangguan makhluk halus.

2. Gunung Pangrango (3.019 mdpl)

Gunung Pangrango, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Gunung Pangrango, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat – sumber-blog.traveloka.com

Gunung Pangrango menjadi Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang ketiga. Gunung Pangrango Terletak di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai.

Puncak Gunung Pangrango dinamakan puncak Mandalawangi yang juga merupakan titik pertemuan batas tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Waktu terbaik untuk mendaki adalah dari pukul 04.00-06.00 WiB, dan diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi merusak lingkungan.

Disini pendaki bisa menikmati pemandangan di Telaga Biru, mandi di Air Terjun Lumut Cibeureum, mandi di sumber air panas Gunung Gede, Kemah di Kandang Badak dan Kandang Batu, menikmati keindahan kawah gunung Gede Pangrango, dan menikmati panorama alam dari atas alun-alun Suryakencana.

Baca Juga ya :

3. Gunung Gede (2.958 mdpl)

Gunung Gede, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Gunung Gede, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat – sumber-nyero.id

Gunung Gede adalah Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang juga bisa kalian daki. Gunung Gede merupakan gunung yang berada dalam lingkup Taman Nasional Gede Pangrango. Berada di wilayah Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, gunung ini memiliki objek pariwisata yang tak kalah menakjubkan dari gunung lainnya.

Gunung ini juga memiliki 3 jalur pendakian, yaitu Jalur Cibodas, Jalur Gunung Putri di Cipanas dan Jalur Selabintana di Sukabumi. Untuk jalur Selabintana, merupakan jalur terpanjang dan paling melelahkan. Untuk itu para pendaki diharapkan menyiapkan fisik dan mental terlebih dahulu.

Beberapa objek wisata yang bisa kamu nikmati adalah Telaga biru yang selalu nampak biru karena ditutupi oleh ganggang biru, Air Terjun Cibeureum dengan ketinggian 50 meter, Air Panas, Kandang Batu dan Kandang Badak, Puncak dan Kawah Gunung Gede, serta Alun-alun Suryakencana dengan dataran yang dipenuhi bunga edelwis.

Gunung ini dijadikan tempat pertapaan oleh penganut agama sunda wiwitan. Mereka bertapa di goa-goa untuk melakukan upacara religius. Mereka melakukan itu karena percaya bahwa Eyang Suryakencana yang merupakan bangsa jin masih bermukin disana.

4. Gunung Cikuray (2.821 mdpl)

Gunung Cikuray, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Gunung Cikuray, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat – sumber-pesona.travel

Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat nomor empat adalah Gunung Cikuray. Gunung Cikuray terletak di Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pendaki dari arah Bandung bisa menempuh perjalanan menuju terminal Guntur.

Selanjutnya kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju jalur pendakian. Bisa dari Desa Dangiang, Bayongbong, Cikajang, dan Dayeumanggung. Setiap gunung memiliki keindahan yang berbeda namun tetap sama-sama indah. Namun dibalik keindahan itu, tersimpan cerita mistis yang masih menjadi ketakutan bagi setiap orang.

Hal ini diKarenakan berbagai kecelakaan yang menimpa para pendaki, pasti dikaitkan dengan keberadaan makhluk halus disana. Selain itu, kabut tebal juga sering menjad masalah bagi para pendaki. Untuk itu tetaplah berhati-hati dan selalu waspada terhadap apapun yang terjadi terkait dengan dunia perdakian.

Baca Juga ya : 

5. Gunung Papandayan (2.665 mdpl)

Gunung Papandayan, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Gunung Papandayan, Salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat – sumber-alinea.id

Diurutan ke lima sebagai salah satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat adalah Gunung Papandayan. Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki kawah terkenal diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

Darimanapun asalmu, Bogor maupun Bandung, kamu harus terlebih dahulu berangkat menuju Terminal Guntur Garut dan baru lah ke kaki gunung. Para pendaki dkenakan tiket masuk Rp 35.000 per orang ditambah dengan biaya parkir mobil Rp 30.000 per mobil.

Bagamana, apakah kamu berminat untuk mendaki kelima gunung diatas?

Leave a Reply