Gunung

Pendakian Gunung Kencana Bogor

Gunung Kencana Bogor

Gunung Kencana Bogor - foto jejakpiknik.com

Gunung Kencana Bogor – Bogor adalah tempat yang terkenal dengan udaranya yang sejuk terutama di daerah puncaknya. Kesejukan dan keindahannya menjadi semakin terkenal di kalangan traveller dan juga pendaki yang mencari tempat berpetualang dan mendaki.

Banyak yang menjadikan Bogor sebagai destinasi pilihan saat liburan tiba mungkin karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Ibukota Jakarta ya. Bahkan selain bisa menjadi tempat melepas penat, di sini ada banyak juga lho tempat wisata edukasi, wisata kuliner, wisata alam, hingga  tempat instagrammable yang bakalan bikin Anda ketagihan untuk berada di sini.

Sejarah Wisata Gunung Kencana

Gunung Kencana Bogor

Gunung Kencana Bogor – Sumber : disbudpar.bogorkab

Wisata alam yang satu ini sudah diresmikan sejak beberapa tahun yang lalu lebih tepatnya tahun 2016. Banyak yang mulai tertarik untuk mengunjungi wisata ini setelah banyak pendaki yang mengunggah fotonya saat berada di Gunung Kencana Bogor.

Yang menjadi daya tarik tersendiri dalam mendaki di puncak ini adalah menyaksikan matahari terbit dan terbenam secara langsung dari ketinggian puncak Kencana. Mungkin Anda akan merasakan sensasi berasa ada di alam yang berbeda karena pemandangannya benar-benar mempesona. Anda berasa ada di atas awan.

Untuk sampai di atas puncak, Anda tidak perlu takut tersesat karena sudah disiapkan banyak petunjuk arah dan banyak pendaki lain yang menyertai pendakian Anda. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan selalu waspada karena namanya mendaki pasti kadang jalanan akan ada yang licin karena embun.

Baca Juga ya :

Lokasi dan Akses Gunung Kencana Bogor

Pendakian Gunung Kencana Bogor

Pendakian Gunung Kencana Bogor – foto janganlupabahagia.com

Lokasi Gunung Kencana ada di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Anda tidak perlu sulit mencarinya karena alamat ini sudah cukup terkenal di daerah Bogor. Untuk rutenya, Anda bisa langsung ke Kampung LC atau Lahan Cadangan.

Sebelum tiba di LC Anda akan melewati pertigaan dan  tiba di SD Cikoneng, Anda bisa mengikuti jalan menuju ke Kampung LC. Setelah itu barulan Anda akan menemukan pos pendakian Gunung Kencana. Namun jika Anda kesulitan mencari lokasinya, Anda bisa langsung bertanya ke warga sekitar. Mereka akan membantu Anda dengan senang hati.

Pemandangan yang Indah di Gunung Kencana Bogor

Gunung Kencana Bogor

Gunung Kencana Bogor – Sumber : JejakPiknik

Gunung Kencana memiliki ketinggian 1.803 MDPL. Puncak ini bisa Anda tempuh dalam waktu 45 menit mulai dari pos pendakian. Anda tidak perlu membawa banyak peralatan atau barang jika tidak ingin berkemah.

Anda hanya perlu persiapan mental dan fisik karena perjalanan yang akan Anda tempuh ini cukup menantang. Namun ini sangat menyenangkan terutama bagi pada pendaki.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah dan menawan. Perkebunan teh yang luas, akan bisa Anda nikmati di jalan sebelum memasuki pos pendakian.

Suasananya sangat sejuk, asri karena masih alami. Dan tentunya jauh dari hiruk pikuk ibukota. Anda bisa bebas berfoto di tempat ini, namun tetap waspada dan utamakan keselamatan ya.

puncak Gunung Kencana Bogor

puncak Gunung Kencana Bogor – foto jejakpiknik.com

Sepulangnya dari tempat ini tentu pikiran Anda akan lebih segar karena udara di pegunungan membuat Anda semakin nyaman. Mata Anda juga akan terbayang-bayang selalu akan keindahan dari tanjakan unik Sambalado yang ada di Puncak Kencana.

Tanjakan ini berupa beberapa anak tangga yang sudah tersusun secara rapi dengan panjang hampir sekitar 100 meter panjangnya. Dengan tingkat kemiringan 45 derajat. Tentu Anda tidak akan kesulitan mencapainya bukan?

Anak tangga ini tidak sebanyak yang Anda kira.  Namun ada yang mengatakan bahwa nama dari Sambalado ini diambil dari sensasi rasa pedas yang Anda rasakan di kaki sesaat setelah melewati anak tangga ini. Jadi siap-siap ya. Tapi yang jelas Anda tidak akan merasa menyesal karena apa yang Anda dapatkan di puncak sangat sebanding dengan perjuangan Anda melewati sepanjang perjalanan.

Tiket Masuk Gunung Kencana Bogor

Puncak Gunung Kencana Bogor

Puncak Gunung Kencana Bogor – Sumber : disbudpar.bogorkab

Anda penasaran untuk tiket masuknya? Wisata alam ini tidak membandrol tiket yang mahal. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 per orang dan biaya parkir motor sebesar Rp 15.000.

Dengan uang Rp 15.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan puncak Gunung Kencana Bogor yang  menawan ini. Harga yang terjangkau ya. Menjadi tempat yang sangat recommended untuk Anda dan orang tersayang. Bisa pasangan bisa juga keluarga.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan wisata alam yang satu ini? Persiapkan semuanya ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply