Gunung

5 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

sumber-metropekanbaru.com

1. Gunung Semeru (3.676 mdpl)

sumber-metropekanbaru.com

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa. Dengan ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut menjadikan gunung ini tujuan atau target para pendaki untuk dapat menaklukkannya.

Pendakian di gunung ini tidak direkomendasikan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger (TNBTS) dikarenakan status waspada yang sewaktu-waktu dapat melontarkan lava pijar ke arah puncak.

Gunung Semeru juga dianggap sakral oleh umat Hindu, oleh karena itu merekapun memuja gunung ini sebagaimana memuja Gunung Agung di Bali.

Namun dibalik itu semua Gunung Semeru mejadi indah karena dipenuhi dengan tumbuhan bernama Verbena brasiliensis vell yang berwarna ungu. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik gunung ini.

2. Gunung Slamet (3.428 mdpl)

sumber-alinea.id

Gunung Slamet merupakan sebuah gunung berapi yang berada di Perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal.

Gunung Slamet terkenal dengan jalur pendakiannya yang sulit karena hampir di sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air. Ditambah lagi dengan kabut asap pekat yang tiba-tiba muncul menjadikan sedikit masalah bagi para pendaki. Untuk itu diharapkan menyiapkan semua keperluan penting seperti air yang cukup sebagai bekal di perjalanan, karena sudah pasti pendaki akan merasa kehausan di tengah jalan dan takutnya persediaan air habis sedangkan disana tidak ada air.

Meskipun jalur pendakiannya sulit dan terjal, namun pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Untuk itulah gunung ini tidak pernah sepi dari pijakan para pendaki.

3. Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

sumbe-befren.com

Gunung Sumbing merupakan gunung berapi yang terdapat di Jawa Tengah. Dengan ketinggian 3.371 mdpl, Gunung Sumbing dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di 3 kabupaten, diantaranya adalah Kabupaten Temanggung, Magelang, dan Wonosobo.

Sebagai gunung tertinggi ketiga, pastinya gunung ini dijadikan target oleh para pendaki.  Mendaki gunung yang tinggi tentunya merupakan sebuah pengalaman yang keren. Terlebih lagi jalur pendakian yang cukup sulit menjadi tantangan bagi para pendaki.

Ada yang unik dari gunung ini, yaitu ada sebuah pasar setan yang sudah pasti penghuninya adalah makhluk tak kasat mata. Adanya pasar setan ini tentu diketahui dari para pendaki yang mendengar suara rama layaknya sedang ada transaksi jual beli disana. Padahal ketika didatangi, tidak ada seorangpun disana.

4. Gunung Arjuno (3.339 mdpl)

sumber-hipwee.com

Gunung Arjuno merupakan gunung yang berada di kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki 4 jalur pendakian yang bisa dilalui, yaitu Jalur lawang, jalur tretes, jalur batu, dan jalur purwosari.

Menariknya, di Gunung Arjuno terdapat objek wisata air tejun yang bernama Kakek Bodo. Namun mengerikannya, gunung ini dijadikan sebagai tempat pemujaan sejak Kerajaan Singosari hingga Kerajaan Majapahit.

Mitos yang beredar juga menyebutkan bahwa sering terdengar suara gamelan oleh masyarakat. Suara gamelan tersebut terdengar seperti suara alunan gamelan pada acara ngunduh mantu. Selain itu, pasar setan juga ada di gunung ini. Kejadiannya hampir sama dengan kejadan di Gunung Sumbing.

5. Gunung Raung (3.332 mdpl)

sumber-sumkes.co

Gunung Raung merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Timur dengan ketinggian 3.332 mdpl. Terdapat empat titik puncak, yaitu puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan yang paling tinggi yaitu Puncak Sejati.

Tak lepas dari mitos, di Gunung Raung juga terdapat mitos seperti keberadaan macan putih, suara aneh, suara kuda, dan masih banyak lagi. Dilihat dari nama pos nya saja sudah angker, yaitu Pondok Sumur, Pondok Mayit, Pondok Demit, dan Pondok Angin.

Leave a Reply