Pengetahuan

Petilasan Rambut Monte

Petilasan Rambut Monte

https://www.lazone.id/

Petilasan Rambut Monte atau Candi Rambut Monte terletak di Blitar, Jawa Timur. Lebih tepatnya terletak di lereng gunung, Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Keindahan Petilasan Rambut Monte

Di Petilasan Rambut Monte terdapat telaga dan sumber air yang airnya bening jernih.  Dasar telaga sampai terlihat jelas dan ikan-ikan juga dapat kita lihat dengan jelas. Selain itu pemandangan Petilasan Rambut Monte terdapat pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan telaga ini.

Petilasan Rambut Monte tidak terlalu luas dan dikelilingi oleh bukit-bukit. Di Petilasan ini terdapat candi dan disebut sebagai Candi Rambut Monte. Menurut informasi dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Blitar, candi tersebut memiliki nilai historis Kerajaan Majapahit.

Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada literatur lengkap yang mengulas tentang sejarahnya. Candi yang terdapat di lokasi Rambut Monte merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada zaman Kerajaan Majapahit.

Pada telaga Petilasan Rambut Monte dihuni oleh ratusan ikan langka asli Indonesia yang dikeramatkan oleh penduduk setempat, yaitu ikan Sengkaring. Dan ikan tersebut dipercaya penduduk setempat merupakan ikan dewa. Konon jika ada yang menangkap ikan itu hanya mendatangkan kutukan dan malapetaka.

Dan konon ikan Sengkaring di telaga tersebut jumlahnya tetap.  Di Jawa Timur terdapat tempat wisata yang kita akan menemui ikan Sengkaring, yaitu Pemandian Banyu Biru Pasuruan dan telaga ini. Mitosnya ikan Sengkaring juga merupakan wujud dari Mbah Monte yang dikutuk karena tidak melakukan perintah.

Dan ada mitos lagi yang mengatakan Ikan Sengkaring merupakan wujud dari prajurit-prajurit Majapahit yang dikutuk juga. Terdapat gazebo juga untuk para wisatawan beristirahat. Dan juga terdapat kolam renang pada belakang bangunan beton. Setelah berenang Anda dapat bilasan terdapat bilik untuk Anda bilasan.

Memang tempat wisata ini beraura mistis dan terdapat beberapa larangan tertulis maupun non-tertulis.

Sejarah Petilasan Rambut Monte

Petilasan ini menjadi tempat wisata terbuka sejak tahun 1976 dan dikelola oleh swasta. Namun pada tahun 1996 tempat wisata ini perpindah tangan menjadi dikelola oleh pemerintah daerah. Pada tahun 1965 terjadi perluasan area oleh mantan-mantan tahanan PKI yang masih hidup.

Asal mula bernama rambut monte ada beberapa versi tergantung dari beberapa sisi, yaitu :

  • Sisi legenda : ada seorang Mbah Monte pada zaman Kerajaan Majapahit. Mbah Monte berperang melawan rahwana dan naga yang kemudian dikutuk menjadi Candi dan Telaga Rambut Monte.
  • Sisi alam : keluarnya sumber air dalam telaga berupa gelumbung – gelembung panjang menyerupai monte.
  • Sisi mistis : dinamakan Rambut Monte karena Mbah Rambut Monte dan Mbah Ratu Bakah adalah tertua penunggu telaga. Sehingga hari Jum’at Legi, Jum’at Kliwon, dan Selasa Kliwon sering diadakan ritual perorangan untuk ujub pribad.

Perjalanan Menuju Petilasan Rambut Monte

Jarak menuju petilasan ini kurang lebih 30 km dari Kota Blitar sekitar 40-60 menit. Jalan menuju petilasan ini sudah bagus namun terdapat beberapa jalan rusak juga.  Dalam perjalanan menuju tempat wisata ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan sepanjang jalan.

Akan terlihat hamparan sawah warga setempat dan pemandangan yang hijau dari perkebunan teh. Petilasan ini digunakan untuk bermeditasi juga karena pengujung bisa menemui sumber mata air pegunungan yang bersih dan suasana tenang dan rileks.

Harga Tiket Masuk Petilasan Rambut Monte

Setelah sampai di lokasi, untuk masuk ke dalam area wisata akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.3.000,- untuk orang dewasa dan Rp.2.000,- untuk anak-anak. Dan untuk tarif parkir dikenakan biaya Rp.1.000,- sampai dengan Rp.3.000,- untuk kendaraan bermotor, mobil, mini bus atau bus. Semua tarif tersebut akan berubah jika terdapat acara atau musim tertentu, misalnya musim liburan.

Pulang dari tempat wisata ini Anda akan merasa lebih rileks dan tenang. Ingin tahu asal usul dari tempat wisata lainnya ataupun artikel lainnya, baca juga ya artikel kami lainnya :

4 Fakta Kedung Badrun

4 Fakta Pantai Surumanis

Green Kubu Cafe Tempat Nongkrong Yang Asik di Ubud

Asal Usul dan Sejarah Tari Lengger

6 Tari Adat Bengkulu

 

Leave a Reply