Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Danau

Wana Wisata Rowo Bayu Banyuwangi

Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi

Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi - foto @wisatasonggon

Wana Wisata Rowo bayu dalam bahasa Indonesia berati Rawa Angin adalah sebuah Telaga atau Danau yang berada dikawasan hutan di kaki Gunung Raung. Wana Wisata Rowo bayu menjadi sangat terkenal setelah heboh dikaitkan dengan cerita mistis yang trending Di Twitter yakni KKN di Desa Penari.

Wana Wisata Rowo Bayu di Banyuwangi

Wana Wisata Rowo Bayu di Banyuwangi – foto @yu.ni.ar

Rowo Bayu merupakan sebuah tempat wisata yang tak hanya menjadi tempat wisata umum bagi mereka yang ingin menikmati keheningan alam dan kesejukan air telaga namun juga menjadi sebuah tempat petilasan dan juga tempat mereka yang ingin meminta sesuatu alias ilmu pergaiban.

Baca juga ya :

Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi

Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi – foto @wisatasonggon

Kawasan Rowo Bayu kini memang tidak lagi banyak dikunjungi wisatawan umum terlebih setelah hebohnya kasus horor yang sempat ngehits di media sosial tersebut yang cukup membuat takut banyak pihak. Namun tak sedikit juga pengunjung yang masih penasaran dengan Rowo Bayu ini sengaja datang jauh-jauh dari berbagai kota diluar Banyuwangi.

Wana Wisata Telaga Rowo Bayu Banyuwangi

Sejuknya Wana Wisata Telaga Rowo Bayu Banyuwangi – foto @mrmargiono

Lokasi Rowo Bayu Banyuwangi

Rowo Bayu berada kawasan KRPH Perhutani Banyuwangi Barat, atau di Dusun Sambungrejo Desa Bayu, Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Jadi buat temen-temen yang ingin datang kekawasan ini kalian harus terlebih dahulu menuju kecamatan Songgon di Banyuwangi.

lokasi Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi

lokasi Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi diantara rimbunya hutan kaki gunung Raung – foto@neearuniar

Nah dari Sana tinggal arahkan saja kendaraan kalian menuju Desa Bayu atau langsung menuju Dusun Sambungrejo. Karena ada signal akan jauh lebih aman kalo kalian menggunakan Maps. Jika masih nyasar juga, tanya sama warga setempat saja.

Tempat Meditasi Prabu Tawang Alun

Menurut masyarakat setempat, kawasan wisata Rowo Bayu ini juga sebenarnya menjadi tempat favorit Prabu Tawang Alun yang memerintah Kerajaan Blambangan menjadi tempat untuk meditasi. Jika kalian melihat sebuah Candi disebelah utara Telaga Rowo Bayu, Nah Candi itulah tempat dimana Prabu Tawang Alun bermeditasi.

Situs Petilasan Prabu Tawang Alun, Rawa Bayu, Songgon

Situs Petilasan Prabu Tawang Alun, Rawa Bayu, Songgon – foto @isunbanyuwangi

Baca Juga ya :

petilasan candi di Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi

petilasan candi di Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi – foto @ghifarialbar

Bahkan dikawasan candi tersebut ada sebuah bekas telapak kaki Prabu Tawang Alun yang bagi masyarakt setempat sangat di sakralkan. Nah makanya bagi kalian yang mau ke Rowo Bayu harus tetap menjaga etika dan bicara terlebih saat dikawasan candi ini.

Ada 3 Sumber Mata Air Sakral

Telaga Rowo Bayu memiliki pemandangan yang indah. Rimbunya hutan disekitar danau menambah kesejukan tersendiri. Air telaga Rowo Bayu juga sangat sejuk sekali. Meski dibeberapa pojok telaga ada beberapa pohon besar yang membuatnya terlihat sedikit angker.

Candi di Wana Wisata Rowo Bayu Banyuwangi

Candi di Wana Wisata Rowo Bayu Banyuwangi – @banyuwangidestination

Oh ya selain candi tempat Prabu Tawang Alun bersemdi, sebenarnya ada tempat sakral lainnya yakni adanya 3 buah sumber mata air yang konon tak pernah kering meski saat kemaraupun. Ketiga sumber ini sangat dikramatkan oleh warga setempat.

sumber mata air Wana Wisata Rowo Bayu Banyuwangi

sumber mata air Wana Wisata Rowo Bayu Banyuwangi – foto @pandhu_atmane

Tiga sumber mata air di sekitar Rowo Bayu ini adalah Sumber Kamulyan, Sumber Rahayu dan Sumber Panguripan. Ketiganya memiliki kesakralan yang juga masih dipegang teguh oleh masyarakat sekitar. Air dari ketiga sumber mata air ini sering digunakan untuk berbagai ritual dan kegiatan adat. Sangking sakralnya, ketiga mata air inipun tidak digunakan untuk buang hajat baik untuk buang air kecil atau buang air besar.

Tempat Camping & Spot Foto Kekinian

Jauh sebelum Rowo Bayu Banyuwangi ini terkenal, banyak wisatawan yang datang ketempat ini tidak hanya sekedar wisata menikmati danaunya saja. Biasanya banyak yang mengadakan camping ditempat ini. Bahkan pengelola wisata banyak membuat spot foto kekinian yang disukai para pengunjung.

wisata Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi

wisata Wana Wisata Rowo bayu Banyuwangi – foto @jhonie99

Banyak warung yang menjual daganganya diarea  Rowo Bayu jadi kalian tak perlu khawatir. Saat liburan biasanya banyak yang bersepeda disekitar telaga ini hingga banyak anak muda yang berkumpul dan berteduh dipepohonan ditepi danau sembari menikmati indahanya pemandangan Rowo Bayu Banyuwangi.

Leave a Reply