Taman

Urban Farming Purwakarta, Rumah Warna Warni yang Unik

Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta - Foto: Gmap/Bintang laut PT

Urban Farming Purwakarta – Wisata alam semakin gencar digalakkan. Karena, dengan menyaksikan alam pikiran dapat kembali fresh dan hati kembali senang. Apalagi jika wisata alam dipadukan dengan ornamen – ornamen masa kini. Seperti objek wisata Urban Farmin Purwakarta.

Seperti namanya, Urban Farming Purwakarta merupakan objek wisata yang berbentuk peternakan. Suasana alam khas peternakan akan langsung menyambut pengunjung begitu menginjakkan kaki di objek wisata.

Wisata Seru di Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta – Foto: Gmap/Na2-9 FAUZI

Urban Farming Center berdiri di atas tanah seluas 6.500 meter persegi. Yang mana merupakan tempat wisata sekaligus pusat pelatihan pertanian perkotaan. Urban Farming Purwakarta dibuat oleh PT East West Seed Indonesia (Ewindo), produsen benih hortikultura.

Di Urban Farming Center, pengunjung diberikan pengenalan media tanam, penyemaian benih, serta pelatihan pembibitan berbagai varietas hortikultura. Tujuan dari didirikan Urban Farming adalah sebagai pusat informasi, edukasi, serta pelatihan teknis pertanian perkotaan.

Menyusuri Desa Impian dengan Rumah Mungil Penuh Warna

Begitu memasuki kawasan Urban Farming Purwakarta, pengunjung akan disambut deretan rumah mungil warna – warni. Rumah – rumah ini bergaya Eropa, yang dicat dengan warna – warna ceria. Di sekeliling rumah terdapat pagar kecil berwarna putih, yang sangat pas dipadukan dengan rumah mungil tersebut.

Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta – Foto: Gmap/Taufik Hariyadi

Rumah – rumah ini berdiri di atas tanah yang ditumbuhi rumput hijau. Rerumputan ini begitu segar, dilengkapi dengan jalan setapak yang terbuat dari batu. Rumah – rumah ini ditata sedemikian rupa supaya mirip dengan pemukiman sempit perkotaan.

Di sekitar rumah – rumah ini terdapat taman yang juga mungil. Supaya menginspirasi wisatawan khususnya yang memiliki lahan mungil di rumah, untuk tetap dapat membuat taman di sekitar rumahnya. Sehingga suasana rumah terasa asri dan nyaman.

Pedesaan dengan Kebun dan Ternak

Selain deretan perumahan, di sini juga terdapat sawah serta kebun dan ladang. Di ladang ini, ditanam berbagai macam sayuran, baik yang berwarna hijau maupun sayur dengan warna unik lainnya. Melihatnya saja sudah menyejukkan mata dan menyenangkan hati karena kesegarannya.

Suasana semakin seru karena di sini juga terdapat ternak – ternak, diantaranya ayam, angsa, serta bebek. Suasana pedesaan begitu terasa. Hal ini bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat perkotaan, meskipun memiliki lahan sempit tapi tetap dapat memiliki kebun serta ternak mungil.

Belajar Bercocok Tanam di Lahan Terbatas

Selain pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat langsung praktik bercocok tanam. Tapi, bercocok tanam kali ini tidak seperti bercocok tanam di ladang atau sawah, melainkan bercocok tanam ala perkotaan. Terutama cara bercocok tanam di lahan terbatas, dengan teknik vertikultur, hidroponik, hingga dutch bucket.

Baca Juga : 

Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta – Foto: Gmap/Bintang laut PT

Pengunjung akan didampingi oleh pelatih – pelatih yang terampil dan berpengalaman. Kegiatan edukasi ini dimulai dengan pengenalan media tanam, penyemaian benih, serta pelatihan pembibitan.

Harga Tiket Masuk Urban Farmin Purwakarta

Untuk dapat menikmati keindahan Urban Farming Purwakarta, hanya diperlukan biaya yang sangat murah, yaitu Rp 15.000. Selain itu, pengunjung dapat menikmati Urban Farming Purwakarta setiap hari Selasa hingga Minggu, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Lokasi dan Rute Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta berlokasi di Desa Benteng, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Purwakarta. Lokasinya tidak jauh dari Sekolah Alam Purwakarta.

Ada beberapa rute yang dapat dilalui pengunjung untuk menuju Urban Farming Purwakarta, salah satunya melalui Jalan Ganda Negara ke Jalan Laks. Laut RE Martadinata. Dari Jalan Ganda Negara, pengunjung dapat mengarahkan kendaraan menuju Jalan Ipik Gandamanah dan Jalan Raya Cempaka.

Setelah itu, pengunjung akan memasuki kawasan Benteng yang kemudian akan segera tiba di lokasi wisata. Disana akan ada papan penunjuk jalan yang menuju ke Urban Farming Purwakarta.

 

Leave a Reply