Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Harga Tiket

Keindahan Wisata Alam Curug Cipurut Wanayasa

Curug Cipurut Wanayasa

Panorama Curug Cipurut Wanayasa - foto wisataterdekat.com

Curug Cipurut Wanayasa – merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memang memiliki berbagai kekayaan yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Salah satu kekayaan yang ada di Indonesia adalah wisata alamnya, dan air terjun atau yang biasa dikenal sebagai curug dapat menjadi pilihan para pelancong untuk melepaskan penat dari kehidupannya sehari – hari.

Curug Cipurut Wanayasa dapat menjadi pilihan para wisatawan untuk dapat melampiaskan stress yang dimiliki dengan mandi di air terjun ini.

Baca juga :

Curug Cipurut Wanayasa

Panorama Curug Cipurut Wanayasa – foto wisataterdekat.com

Selain mandi dan menyegarkan diri di Curug Cipurut Wanayasa, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan keasrian alam yang ada di Curug tersebut.

Berdasarkan cerita rakyat, Curug Cipurut Wanayasa berasal dari nama pohon yang katanya dulu pernah tumbuh disekitar air terjun. Namanya adalah Pohon Jeruk Purut, namun terdapat keanehan dari pohon tersebut.

Konon katanya buah dari pohon tersebut tidak bisa dikonsumsi sehingga tidak ada yang tahu rasa dari pohon yang melegenda tersebut.

Luas area Curug Cipurut Wanayasa adalah sekitar 4 hektar dengan jumlah air terjun kurang lebih ada 7, namun yang biasa dikunjungi hany 3 Curug saja. Sedangkan tinggi dari Curug utama adalah sekitar 25 meter.

Lokasi Curug Cipurut Wanayasa

Curug Cipurut Wanayasa berada di Kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar I, namun untuk pengelolaan dilapangannya, di urus oleh masyarakat sekitar.

Curug Cipurut Wanayasa

Curug Cipurut Wanayasa Memiliki Tinggi +- 25 Meter – foto bilikpurwakarta

Masyarakat sekitar Curug Cipurut Wanayasa ini membantu membersihkan berbagai sampah yang tersebar di daerah wisata, agar wisata tersebut tetap memiliki pemandangan yang indah dan juga bersih.

Curug Cipurut Wanayasa lokasinya tepat ada di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Jarak tempu dari pusat Kota Purwakarta itu sekitar 30 Kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk sampai di Curug Cipurut Wanayasa ini, para pengunjung diharuskan untuk berjalan sektar 1 km. Walaupun perjalanan cukup jauh dan melelahkan, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan eksotis sehingga akan memberikan kesan serta energi positif kedalam tubuh.

Perlu diingatkan bahwa untuk sampai ke curug utama tersebut, para pengunjung harus berhati – hati apabila sedang musim hujan, karena track yang akn dilalui menjadi lebih sulit untuk dilewati.

Baca juga : Yuk Kunjungi Curug Badak Tasikmalaya yang baru dibuka

Curug Cipurut Wanayasa

Penampakan Curug Cipurut Wanayasa – foto newsdeti.com

Perlu persiapan yang lebih ketika ingin menikmati keindahan dari Curug Cipurut Wanayasa ini, karena sepanjang perjalanan, kamu tidak akan menemukan warung yang berjualan makanan atau minuman.

Kawasan Curug Cipurut Wanayasa ini juga bisa dimanfaat kan untuk berkemah karena memang memiliki camping ground yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Harga Tiket Curug Cipurut Wanayasa

Untuk bisa menikmati keindahan dari Curug Cipurut Wanayasa ini, kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10.000. Murah kan? Dengan suasana yang disuguhkan, uang segitu adalah harga yang sangat murah. Mengingat kamu juga bisa menginap di area perkemahan dari Curug Cipurut Wanayasa ini.

Mungkin sekian informasi terkait dengan wisata Curug Cipurut Wanayasa ini, semoga dapat bermanfaat dan jangn lupa untuk berkunjung ya ke wisata satu ini!.

Leave a Reply