Uniknya Omah Honai di Batu Malang, Wisata Replika Rumah Honai dari Papua - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Rumah Adat

Uniknya Omah Honai di Batu Malang, Wisata Replika Rumah Honai dari Papua

Uniknya Omah Honai di Batu Malang, Wisata Replika Rumah Honai dari Papua 1

Omah Honai – Ada begitu banyak rumah adat yang kita ketahui di Indonesia. Tak hanya sebagai tempat hunian, tapi tidak sedikit dari tempat-tempat rumah adat tersebut dijadikan sebagai tempat untuk melindungi diri dari hewan-hewan buas yang ada di sana. Salah satunya ialah Rumah Adat Honai Papua. Mungkin terlihat biasa, tapi siapa sangka bahwa tempat ini wajib banget kalian kunjungi biar bisa lebih dekat sama alam.

So, apa saja sih yang membuat rumah adat Honai ini memiliki daya tarik, yuk kita simak ulasan Rumah Honai berikut ini ?

Sekilas tentang Rumah Honai Papua

Rumah Honai ini merupakan rumah adat yang ditinggali oleh para suku Dani yang ada di Papua. Seperti rumah pada umumnya, rumah adat Honai juga mempunyai fungsi, diantaranya untuk tempat berlindung, melindungi diri dari serangan hewan buas, dan sebagainya.

Rumah Honai memiliki bentuk yang sederhana, tapi pelu kalian ketahui bahwa rumah ini bisa menampung 5 sampai dengan 10 orang suku Dani, tapi tidak semua anaknya bisa berada di satu rumah. Loh kok bisa? Bukannya keluarga harus bersama?

Tumah Honai, Rumah Adat Papua

Tumah Honai, Rumah Adat Papua

Itulah keunikan setiap daerah, bukan hanya masalah kuliner yang di suguhkan, rumah adat, dan sebagainya, namun aturan yang berlaku pun ada yang bisa di kategorikan unik. Suku Dani Papua akan memisahkan anak laki-laki mereka yang sudah dewasa ke rumah Hanoi yang lain.

Rumah adat dengan ukuran sekitar 2,5 meter ini mempunyai dua lantai. Diantaranya lantai satu sebagai ruang tamu. Jika kalian ke sini, kalian akan diperlihatkan bagaimana ruang tamu mereka yang luas. Di sinilah kalian akan merasakan keakraban yang sangat kental di sana.

Baca juga yuk:

Kalian bisa lebih dekat dengan suku Dani, dan mengobrol bersama mereka. Mengingat kalian pada saat di sana tidak duduk di kursi ataupun benda yang memberikan sebuah jarak. Yup, konsep lesehan masih menjadi tradisi juga di sana. Untuk lantai duanya sebagai kamar tidur.

Wisata Omah Honai Batu Malang, Replika Rumah Honai Papua

Omah Honai di Malang

Omah Honai di Malang – foto net.z

Leave a Reply