Pantai, Alam, Bukit, Kuliner

Pesona Batu Karang di Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung Malang - foto fitria fitria

Pantai Batu Bengkung – Kabupaten Malang bisa menjadi salah satu tempat yang menjadi tujuan utama dan paling familiar bagi para pecinta wisata pantai. Sebab, kabupaten yang memiliki motto Satata Gama Karta Rahardja ini menyimpan banyak surga wisata pantai. Terlebih di daerah Malang Selatan dan tak sedikit pula yang dianggap masih asri karena jarang terjamah manusia.Salah satunya adalah Pantai Batu Bengkung, sebuah sebuah destinasi wisata di pesisir selatan yang terkenal karena keeksotisannya. Diketahui, pantai ini terhubung langsung dengan Samudera Hindia yang memiliki panorama indah dan terkenal dengan ombak besarnya. Pantai Batu Bekung memiliki pesisir yang memiliki pandangan langsung kearah Barat, sehingga membuat pemandangannya lebih eksotis.

Pesona Batu Karang di Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung – foto Andreas Nugroho

Hal yang paling terkenal dari pantai yang terletak di daerah Gedangan, Gajahrejo Malang ini adalah batu karangnya yang eksotis. Batu-batu karang tersebut membentang di sepanjang pantai sehingga membuat ombak dan air laut yang melewatinya terjebak di cekungan-cekungan batu. Hal tersebut tentu saja menciptakan kolam-kolam air asin berukuran lebih kecil.

Kolam-kolam tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena kerap digunakan untuk berenang. Pasalnya, pantai Batu Bengkung sendiri memang menaruh larangan kepada wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas renang di pantainya. Hal itu jelas karena ombaknya yang besar dan dikhawatirkan membahayakan nyawa pengunjung.

Supaya tidak dilanggar oleh wisatawan, pengelola memasang larangan “No Swim” (Dilarang Berenang). Jika waktunya tepat, biasanya Tim SAR memerbolehkan wisatawan berenang, tergantung dari angina dan juga ombak yang dirasa lebih aman. Selain itu, aktivitas berenang tetap dipantau Tim SAR untuk memastikan wisatawan tetap aman.

Berenang di Kolam Alami Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung Malang – foto fitria fitria

Meskipun harus menahan hasrat berenang di pantainya, namun masih ada kolam-kolam alami berukuran kecil yang dapat memuaskan dahaga wisatawan. Mereka bisa menikmati berenang dikelilingi oleh birunya air laut yang jernih. Seolah berada di kolam renag pribadi dengan pemandangan yang begitu menakjubkan.

Di sekitar kolam itu juga ada batu karang yang menjadi awal mula penamaan pantai tersebut. Bebatuan itu membentuk sebuah lengkungan yang sekilas bentuknya mirip seorang wanita yang sedang dibengkung. Tak lengkap rasanya jika hanya membayangkan tanpa dating langsung ke lokasi wisatanya.

Berkemah dan Manjakan Mata di Atas Tebing Pantai Batu Bengkung

Tebing Pantai Batu Bengkung

Tebing Pantai Batu Bengkung – foto Lila’s Life

Berwisata sehari mungkin kurang, jadi tidak ada salahnya jika berkemah dan menikmati suasana malam hari Pantai Batu Bengkung. Tidak perlu khawatir karena ada satu bukit di daerah Barat Daya yang kerap digunakan untuk berkemah. Selain itu, lokasi tersebut begitu cocok sebagai tempat menanti sunset, terlebih jika bersama orang-orang terkasih.

Lain halnya bagi para pecinta alam, adanya tebing tinggi di Pantai Batu Bengkung seolah memberikan sebuah tantangan. Dengan kemiringan hamper 90 derajat, tebing ini jelas menjadi daya tarik tersendiri. Setelah menaklukkan terbing tersebut, semua rasa Lelah akan terbayarkan dengan pemandangan indahnya. Tidak perlu khawatir, karena di lokasi tersebut sudah terdapat tali yang sesuai dengan standart keamanan.

Kuliner Seafood di Pantai Batu Bengkung

Tak lengkap rasanya ke pantai tanpa mencicipi menu makanan berbahan dasar seafood. Di Pantai Batu Bengkung, wisatawan tidak perlu khawatir karena ada warung yang menyediakan menu tersebut. Menu andalan yang ada di warung tersebut adalah ikan asam manis dan kepiting saus pedas, tentunya dengan harga terjangkau.

Di kawasan Pantai Batu Bengkung ini juga terdapat gubuk dan saung untuk wisatawan yang lelah dan ingin sekedar beristirahat sejenak. Selain itu, lokasi ini juga bisa digunakan untuk menikmati kuliner seafood, jika tidak ingin menikmatinya langsung di warung. Rasanya akan semakin nikmat jika liburan tersebut bersama keluarga terdekat.

Baca Juga ya:

Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung Malang – foto fitria fitria

Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Batu Bengkung

Tidak jauh berbeda dengan kawasan pantai di malang Selatan lainnya, harga tiket masuk yang dibanderol Pantai Batu bengkung juga tergolong murah. Setiap orang dikenakan biaya Rp 10.000,- sedangkan jika membawa kendaraan bermotor dikenakan biaya tambahan untuk parkir. Untuk sepeda motor seharga Rp 5.000 dan bagi yang ingin menginap harus merogoh kocek Rp 10.000,- per orangnya.

Seiring namanya yang makin kondang, Pantai Batu bengkung juga menyediakan fasilitas yang begitu memadai untuk wisatawan. Fasilitas pertama adalah tempat parkir yang memadai, karena hamper tiap pekannya pantai ini dikunjungi ratusan orang. Kemudian tempat ibadah dan juga toilet yang memadai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Bengkung

Dari kota Malang, wisatawan dianjurkan untuk mengikuti petunjuk arah ke Pantai Sendang Biru. Setelah itu lanjutkan perjalanan kearah Pantai Goa Cina kemudian Pantai Bajulmati, dari sini jarak ke Batu Bengkung sekitar dua kilometer. Tidak perlu khawatir akan mati bosan selama perjalanan, karena rute yang dilewati menyajikan pemandangan yang indah.

Jalanan menuju pantai juga tergolong mudah tidak sesulit dahulu meskipun sedikit berkelok-kelok. Selain rute ini, wisatawan juga bisa mengambil rute ke Pantai Balekambang. Yakni dari kota Malang kearah Kepanjen, Pagak hingga sampi di daerah Bantur. Dari sini ambil kearah Balekambang hingga sampai di perempatan. Untuk sampai ke Batu Bengkung ambil belokan ke kiri, lokasinya sebelum Pantai Bajulmati.

Leave a Reply