Danau, Alam, Daftar Wisata, Pantai

5 Tempat Wisata di Selatpanjang Kepulauan Meranti

hutan mangrove meranti, Tempat Wisata di Selatpanjang

hutan mangrove meranti, Tempat Wisata di Selatpanjang - foto tribun

Tempat Wisata di Selatpanjang – Kota Selatpanjang adalah pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, yang mana merupakan pecahan dari Kabupaten Bengkalis. Kota Selatpanjang cukup strategis, pasalnya ketika kamu ingin melancong ke Singapura dan Malaysia menggunakan jalur laut, kamu akan singgah di kota ini.

Di Provinsi Riau, Selatpanjang terkenal dengan sagu dan alat transportasi konvesional, seperti becak dan ojek. Dua alat transportasi inilah yang biasa mengantar pengunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Selatpanjang.

Nah, bicara tentang wisata di Selatpanjang, ternyata kota yang jumlah penduduknya tak lebih dari seratus ribu ini memiliki banyak objek wisata, loh. Walau jarangĀ  terekspos media, Selatpanjang juga menyimpan tempat-tempat wisata itu yang cukup cantik untuk kamu kunjungi saat liburan tiba.

Penasaran dengan tempat wisatanya? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Tanjung Selor

1. Ekowisata Hutan Mangrove Meranti

hutan mangrove meranti

Ekowisata Hutan Mangrove Meranti – foto tribun

Tempat Wisata di Selatpanjang yang pertama adalah kawasan Ekowisata Hutan Mangrove. Tempat ini ini adalah sebuah upaya pemerintah yang bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk memanfaatkan potensi alam yang dimiliki.

Awalnya, Hutan Mangrove ini adalah pesisir pantai seperti biasa, namun tak butuh waktu lama akhirnya mereka menyulap menjadi sebuah tempat wisata. Meski belum memiliki fasilitas yang lengkap, tempat wisata ini sudah banyak yang mengunjungi, terlebih di akhir pekan.

Lokasinya pun cukup strategis, yaitu berada di Desa Banglas, Meranti, Riau. Dari pusat Kota Selatpanjang jaraknya hanya 3 kilometer yang dapat ditempuh dengan waktu 5 menit saja menggunakan kendaraan bermotor.

2. Vihara Sejahtera Sakti

vihara Sejahtera Sakti, Tempat Wisata di Selatpanjang

vihara Sejahtera Sakti, Tempat Wisata di Selatpanjang – Wikipedia

Vihara Sejahtera Sakti adalah salah satu Tempat Wisata di Selatpanjang berupa wisata religi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada saat perayaan Imlek.

Ada parade festival dan pelepasan burung-burung yang membuat suasana menjadi lebih gebyar. Vihara ini juga dikenal sebagai Kelenteng Hoo Ann Kiong yang diakui sebagai cagar budaya.

Kabarnya, Viraha Sejahtera Saktiini diperkirakan sudah berdiri sejak 1868 silam. Jadi, usianya saat ini sekitar 150 tahun. Lokasinya berada di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Dari pusat Kota Selatpanjang, jaraknya hanya 4 kilometer yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 7-8 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Baca juga ya :

3. Losmen Burung Walet

Losmen Walet, Tempat Wisata di Selatpanjang

Losmen Walet, Tempat Wisata di Selatpanjang – foto wego

Kota Selatpanjang tidaklah terlalu besar. Kamu hanya butuh waktu sehari untuk dapat mengelilingnya. Namun, di setiap sudut jalan, kamu akan terpukau dengan keindahan bangunan yang terjejer rapi, salah satunya adalah bangunan burung walet.

Ya, di Kota Selatpanjang, ada beberapa gedung tinggi bermaterial kayu yang sengaja dibuat sebagai rumah burung walet. terkadang pemandangan unik ini menjadi tontonanan tersendiri sehingga menjadi salah satu Tempat Wisata di Selatpanjang yang wajib kamu lihat juga.

Di sore hari, biasanya burung-burung itu beterbangan sehingga membuat banyak pengunjung merasa terhibur. Beberapa fotografer juga tidak melewatkan momen itu dan langsung mengabadikannya. Di tepian jalan, banyak warung atau kedai yang menyediakan minuman serta makanan sehingga kamu bisa menikmati kuliner khas dari Selatpanjang.

Baca juga: Pantai Penunggul, Pantai yang Menyimpan Sejuta Keindahan

4. Jembatan Pelangi, Tempat Wisata di Selatpanjang Meranti

jembatan pelangi meranti, Tempat Wisata di Selatpanjang

jembatan pelangi meranti, Tempat Wisata di Selatpanjang – batamxinwen

Tempat Wisata di Selatpanjang Meranti ini adalah salah satu yang menjadi andalan, bahkan bagi Kabupaten Kepulauan Meranti. Pada mulanya, jembatan ini adalah hutan mangrove yang tidak terjamah.

Namun sekarang sudah disulap menjadi sebuah ekowisata yang diserbu pengunjung setiap akhir pekan. Jembatan ini dijuluki sebagai Jembatan Pelangi karena perpaduan warnanya yang menyerupai pelangi.

Dari atas jembatan, pengunjung dapat melihat beberapa jenis pohon mangrove lengkap dengan namanya karena dipasangi papan nama. Jadi, selain berkreasi, pengunjung juga akan mendapat edukasi baru.

Jembatan pelangi juga menyediakan beberapa spot foto keren yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah pondok dua tingkat yang berada di ujung jembatan. Namun biasanya banyak yang ingin foto sehingga kamu harus sedikit sabar untuk mengantre, ya!

5. Pantai Tanjung Motong

Pantai Tanjung Motong, Tempat Wisata di Selatpanjang

Pantai Tanjung Motong, Tempat Wisata di Selatpanjang – foto mirwans

Pantai Tanjung Motong adalah salah satu Tempat Wisata di Selatpanjang andalan di Kota Selanpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Lokasinya dekat dengan Pelabuhan Peranggas.

Banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang datang ke sini setiap akhir pekan. Di pesisir pantai, ada banyak pondok yang disediakan untuk tempat beristirahat. Tapi ada aturan khusus yang mengatur, seperti tidak boleh buang sampah sembarangan dan dilarang melakukan maksiat.

Jika sampai melanggar, akan ada sanksi tegas dari pemerintah setempat. Ohya, pantai ini juga menerapkan batas waktu kunjungan sampai pukul 23.00 WIB.

Nah, itulah 5 Tempat Wisata di Selatpanjang Kepulauan Meranti yang bisa kamu kunjungi saat musim libur tiba. Jangan lupa ajak keluarga ya!

Leave a Reply