Pantai

Pantai Penunggul, Pantai yang Menyimpan Sejuta Keindahan

pantai penunggul pasuruan

wisatatempatku.com

Pantai Penunggul Pasuruan merupakan salah satu spot wisata yang berlokasikan di Desa Punggul, Kecamatan Nguling, Jember, Jawa Timur. Pantai ini merupakan spot wisata yang ramai dengan wisatawan baik di hari biasa ataupun di hari libur. Pantai ini juga sangat cocok dikunjungi untuk mengisi hari libur, apalagi saat hari libur panjang seperti libur nasional.

Pantai Penunggul

tempatwisata-indah.blogspot.com

Transportasi Menuju Pantai Penunggul Pasuruan

Untuk datang ke Pantai Penunggul Pasuruan, kamu tidak perlu bingung dan takut kesasar. Karena lokasi Pantai Penunggul sangat mudah untuk dijangkau. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor. Setelah itu, jika kamu ingin menggunakan kendaraan umum, kamu juga bisa menggunakan bus atau angkutan lainnya.

Tapi Jika kamu menggunakan bus, kamu bisa berhenti di terminal bus Nguling, dan kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan ojek sampai Desa Penunggal dan berhentilah di lokasi Pantai Penunggal.

Apa daya tarik Pantai Penunggul?

Pantai Penunggul Pasuruan memiliki pesona keindahan tiada duanya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Akan sangat disayangkan apabila kamu datang ke Pasuruan tapi tidak mampir ke pantai yang satu ini.

Selain pantainya yang indah, penduduk lokal sekitar pantai juga sangat ramah kepada wisatawan yang berkunjung. Jadi, kamu tak perlu sungkan untuk bertanya atau menyapa kepada penduduk sekitar. Di Pantai Penunggul juga tidak hanya ada wisatawan lokal saja, tetapi terkadang ada juga wisatawan asing yang berkunjung untuk menikmati keindahan Pantai Penunggul.

pantai penunggul

Pantai Penunggul Pasuruan – foto wisatatempatku.com

Selain pantai yang memanjakan mata, di sana juga terdapat hutan mangrove yang memiliki luas 144 hektar. Di dalam hutan mangrove tersebut terdapat 4 type tanaman bakau, yaitu Rhyzapora Mucronata, Rhyzapora Apiculata, Alasina Marina, dan Abisina Alba.

Dengan pemandangan laut yang memanjakan mata, semilir angin dan suasana yang syahdu, akan membuat kamu betah untuk berlama-lama di sana. Ombak di Pantai Penunggul juga tidak terlalu besar, sehingga bisa kamu gunakan untuk berenang ataupun bermain air.

Datanglah saat sore hari, karena suasana sunset akan menambah keindahan pantai penunggul. Selain itu, kamu juga bisa datang pagi hari untuk melihat sunrise dengan perpaduan deburan ombak yang tenang.

Baca juga:

Fasilitas di Pantai Penunggul

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Penunggul sudah bisa dibilang cukup lengkap, beberapa di antaranya yaitu area parkir kendaraan, warung makan, kamar mandi, tempat istirahat, mushola, dan masih banyak lagi. Meskipun tidak memiliki fasilitas bintang lima, setidaknya fasilitas di Pantai Penunggul bisa untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Penunggul

Untuk masuk ke dalam Pantai Penunggul, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang saja dan kamu sudah bisa menikmati keindahan Pantai Penunggul.

Oh ya, sebelum datang ke Pantai Penunggal, jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari baju, obat pribadi, dan lainnya. Kamu bisa membawa bekal dan air minum sendiri. Kalau bisa, kamu juga perlu membawa topi dan kacamata agar tidak kepanasan, serta jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di Pantai Penunggul. Apabila tidak mempunyai kamera, kamu bisa menggunakan smartphone untuk berfoto.

Leave a Reply