Daftar Wisata

5 Tempat Wisata di Payakumbuh yang Paling Populer

rumah gadang sungai baringin, Tempat Wisata di Payakumbuh

rumah gadang sungai baringin, Tempat Wisata di Payakumbuh - liputanoke.com

Tempat Wisata di Payakumbuh – Payukumbuh adalah sebuah kota di Sumatera Barat yang berada di dataran tinggi sebagai bagian dari Bukit Barisan. Selain itu, kota ini juga berada di kaki Gunung Sago sehingga kenampakan kenampakan alam di kota ini sangat indah.

Banyak potensi wisata di kota Payakumbuh ini yang sama menariknya seperti 5 tempat wisata di Padang Aro, tetapi ada 5 tempat wisata di Payakumbuh yang paling terkenal. Simak ulasannya berikut ini.

1.  Kelok Sembilan

Kelok Sembilan adalah jalan yang berkelok-kelok dramatis yang menghubungkan Riau dengan Sumatera Barat. Jalan ini terbentang sejauh 300 meter yang berada di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Diberi nama kelok 9 karena jalan ini berkelok atau membentuk 9 tikungan tajam dengan lebar sekitar 5 meter di setiap ruasnya dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Kelok Sembilan, Tempat Wisata di Payakumbuh

Kelok Sembilan, Tempat Wisata di Payakumbuh – foto pegipegi.com

Salah satu dari 5 tempat wisata di Payakumbuh ini membutuhkan keahlian yang handal dari si pengemudi karena tikungannya sangat ekstrem. Kelok 9 sudah dilengkapi dengan enam ruas jalan laying sepanjang 959 meter dan jalan penghubung sekitar 1.537 meter.

Jalan ini kerap dijadikan venue balap sepeda internasional ‘Tour de Singkarak.” Kelok 9 ini menjadi sangat terkenal karena memiliki latar belakang dengan pemandangan indah yang bervariasi. Ada taman dengan pagar yang di belakangnya sungai yang jernih atau konstruksi jembatan layang yang megah. Hayo, mau pilih yang mana?

2.  Lembah Harau

lembah Harau, Tempat Wisata di Payakumbuh

lembah Harau, Tempat Wisata di Payakumbuh – foto phinemo.com

Lembah cantik ini berada di kabupaten Lima Puluh Kota yang dekat dari Payakumbuh. Bahkan, lembah ini lebih dikenal sebagai salah satu dari 5 tempat wisata di Payakumbuh. Lembah Harau diapit oleh dua bukit terjal dengan ketinggian tebing sekitar 150 meter.

Selain itu, lembah ini juga dikelilingi na batu pasir berwarna-warni yang menjulang setinggi 100 hingga 500 meter. Tak heran jika lembah ini begitu terkenal karena kecantikannya. Didukung oleh udara khas pegunungan yang sejuk, lembah ini memang terletak di ketinggian sekitar 500 hingga 850 meter di atas permukaan laut.

3.  Panorama Ampangan

Panorama Ampangan, tempat wisata di Payakumbuh

Panorama Ampangan, tempat wisata di Payakumbuh – wisataasia.com

Panorama Ampangan adalah salah satu dari 5 tempat wisata di Payakumbuh yang begitu disukai oleh masyarakat setempat. Mengapa demikian? Karena panorama di tempat ini begitu indah.

Lokasinya di perbukitan hijau sehingga menghadirkan suasana yang menyegarkan. Lokasi tepatnya di kaki Gunung Sago, perbukitan Kenagaraaan Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Hanya sekitar 6 km dari pusat kota Payakumbuh, panorama elok ini bisa dinikmati. Tempat ini bisa didatangi dengan kendaraan umum karena lokasinya strategis sehingga dilewati oleh angkutan umum.

Baca Juga ya :

4.  Rumah Gadang Sungai Beringin, Tempat Wisata di Payakumbuh

Rumah Gadang Sungai Beringin, Tempat Wisata di Payakumbuh

Rumah Gadang Sungai Beringin, Tempat Wisata di Payakumbuh – foto liputanoke.com

Rumah Gadang Sungai Beringin khas Payakumbuh ini adalah salah satu dari 5 tempat wisata di Payakumbuh yang wajib dikunjungi. Rumah adat nan megah yang sudah berdiri sejak zaman dahulu ini sudah diresmikan oleh Menteri Pariwisata Indonesia pada tahun 1994.

Rumah nan elok ini dipersembahkan untuk Bundo Kanduang (Ibu Kandung) dan anak cucu masyarakat Minangkabau. Rumah Gadang Sungai Beringin ini sangat terawat karena dikelola secara resmi oleh PT Pusako Rumah Gadang sehingga menjadi objek wisata ikonik di Sumatera Barat.

Bangunan ini akan terus dilestarikan karena menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya dan tradisi Minangkabau kepada masyarakat luar yang berkunjung ke Sumatera Barat. .

5.  Ngalau Indah

Ngalau Indah, Tempat Wisata di Payakumbuh

Ngalau Indah, Tempat Wisata di Payakumbuh – indonesiakaya.com

Salah satu dari 5 tempat wisata di Payakumbuh ini adalah sebuah goa yang berada sekitar 4 km dari pusat kota Payakumbuh . Goa alami ini memiliki beberapa mulut goa yang bisa dijadikan jalan masuk dan keluar para pengunjung yang ingin melihat isi goa ini.

Keindahan stalaktit dan stalagmit yang masih terjaga ini pasti membuat para pengunjung terkagum-kagum karena keindahannya. Goa yang berada di ketinggian 640 mdpl ini memiliki beberapa bagian yang begitu unik dan khas.

Goa yang paling unik adalah batu gong. Sebuah batu berlubang besar yang bentuknya seperti kerucut berongga ini terlihat seperti lonceng raksasa.

**

Setelah membaca tentang 5 tempat wisata di Payakumbuh tentu membuat Anda ingin segera pergi ke Sumatera Barat karena ada juga 5 tempat wisata di Lubuk Sikaping Pasaman. Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan terutama kamera agar kunjungan menjadi lebih berkesan karena ada foto yang menjadi kenang-kenangan. Happy traveling!

 

 

Leave a Reply