Alam, Daftar Wisata, Pantai

5 Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau

ombak bomo, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau

ombak bomo, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau - Liputan6

Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan – Pangkalan Kerinci adalah sebuah Kecamatan yang sekaligus Ibu Kota di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Kecamatan yang satu ini memang tidak begitu dikenal masyarakat luas. Tapi, saat ini Pangkalan Kerinci memiliki potensi yang tinggi karena letaknya di Jalan Raya Lintas Sumatera.

Selain itu, Pangkalan Kerinci juga mulai mengembangkan beberapa destinasi wisata yang akan menggaet wisatawan datang ke sana. Nah, apa saja objek wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan? Simak informasinya berikut ini.

1. Danau Tanjungputus

danau tanjungputus, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau

danau tanjungputus, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau – foto wisatasia

Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau yang pertama adalah Danau Tanjung Putus. Danau Tanjung PutusĀ  berada di Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Danau ini merupakan salah satu ikon dari Pangkalan Kerinci. Lokasinya tidak jauh dari tepian Sungai Kampar. Dari Desa Kuala Terusan, kamu membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk sampai di sana.

Kamu harus menyusuri Sungai Kampar sampai ke hulu menggunakan perahu. Jika ingin lewat darat juga bisa, membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pangkalan Kerinci.

Di Danau Tanjungputus, kamu bisa melakukan serangkaian aktivitas, salah satunya adalah memancing. Sebab, di sana tersedia spot-spot memancing yang tentu banyak ikannya.

Baca juga: 5 Danau Terindah di Sumatera Barat

2. Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo,Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau

Taman Nasional Tesso Nilo,Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau – bisniswisata

Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau yang kedua yaitu kalian bisa berkunjug ke Taman Nasional Tesso Nilo. Teso Nilo adalah salah satu kawasan konservasi yang berada di Pelalawan, Riau. Jaraknya dari Pangkalan Kerinci hanya sekitar 2 kilometer saja.

Di tempt wisata ini, kamu akan melihat flora dan fauna langka yang dilestarikan. Beredar informasi jika Taman Nasional Tesso Nilo memiliki sekitar 218 jenis tumbuhan vaskular dalam petakan setiap 200 meter persegi. Lalu ada ratusan hewan yang dilestarikan sesuai dengan habitatnya.

Di sini, banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah edukasi gajah yang akan dipandu oleh petugas yang bekerja. Selain itu, kamu juga bisa melakukan Jungle Tracking menyusuri hutan Tesso Nilo yang melewati rawa, hutan, dan sungai. Jika beruntung, kamu akan melihat beberapa satwa langka, seperti rangkong.

Baca Juga ya :

3. Ombak Bono

ombak bomo, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau

ombak bomo, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau – Liputan6

Ombak bomo menjadi alah satu Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau lainnya yang bisa kamu kunjungi. Ombak Bono adalah salah satu daya tarik tersendiri untuk menggaet wisatawan.

Di kalangan peselancar, pantai ini lebih dikenal sebagai Bono Wave karena ombaknya memang cukup ganas dan menantang bagi para peselancar. Bahkan, ada juga yang menjuluki tempat ini sebagai ombak tujuh hantu.

Untuk sampai di tempat ini, kamu harus menuju Kota Pangkalan Kerinci terlebih dahulu. Kemudian menempuh perjalanan darat sekitar satu jam untuk sampai di sana. Selain lewat darat, kamu juga bisa menempuh jalur sungai melalui Pelabuhan Jembatan Pangkalan Kerinci dengan menggunakan speed boat. Biaya menyewa speed boat sekitar 250 ribu saja.

4. Masjid Agung Ulul Azmi, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau

Masjid Agung Ulul Azmi Islamic Centre Pelalawan

Masjid Agung Ulul Azmi Islamic Centre Pelalawan – anugerahkubah

Kecamatan Kerinci juga punya sebuah wisata religi tersohor yang bernama Masjid Agung Ulul Azmi Pelalawan. Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau ini selalu ramai dikunjungi umat muslim yang berkunjung ke Pelalawan.

Desain dan konsepnya sangat menarik sehingga selain untuk tempat beribadah, juga sering digunakan untuk berswafoto. Ada banyak fasilitas yang disediakan, mulai dari tempat parkir luas, taman, ruang belajar, kamar mandi, sound system, dan penyejuk ruangan.

Tidak ada salahnya kamu singgah di masjid ini untuk beribadah dan beristirahat ketika berkunjung ke Kota Pelalawan. Alamatnya di Pangkalan Kerinci Bar., Kec. Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau 28654.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Lewoleba Lembata

5. Hutan Kota Pangkalan Kerinci

hutan kota pelalawan, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau

hutan kota pelalawan, Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau – putrasunsolution

Pemerintah setempat sedang gencar-gencarnya mengembangkan potensi alam yang dimiliki menjadi sebuah tempat rekreasi. Salah satunya adalah hutan yang berada di jantung Kota Pangkalan Kerinci.

Objek wisata ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Pangkalan Kerinci Pelalawan Riau yang bisa menarik minat wisatawan, baik lokal maupun luar kota. Setiap harinya, tempat wisata ini diserbu oleh pengunjung yang kebanyakan adalah muda mudi setempat.

Namun, di akhir pekan, banyak yang datang dari luar kota. Di Hutan Kota ini ada banyak jenis pepohonan rindang, sarana bermain, dan danau yang indah. Lokasinya cukup strategis, yaitu di Jalan T. Said Jaafar Pangkalan Kerinci yang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota.

**

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang ada di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau. Semoga bisa menjadi referensi liburan kalian. Saat berkunjung, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, ya!

Leave a Reply