Daftar Wisata, Pantai, Taman

5 Tempat Wisata di Lewoleba Lembata

Tempat Wisata di Lewoleba Lembata

Tempat Wisata di Lewoleba Lembata

5 Tempat Wisata di Lewoleba Lembata – Halo Kawanku, kalian suka menjelajah pegunungan dan alam bebas? Adalah Kabupaten Lembata, di Nusa Tenggara Timur yang terkenal dengan keindahan pegunungannya nan asri.

Kabupaten Lembata sendiri terletak di antara Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Alor. Daerah yang memiliki luas daerah 1.266,39 km2 ini memiliki destinasi wisata gunung api terpopuler nomor dua se-Indonesia. “Ile Batutara sudah memiliki brand, karena meraih medali perak dengan kategori destinasi wisata terunik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017”, kata Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur.

Jadi sobatku, tunggu apa lagi, sudah terbukti bukan pesona wisata Kabupaten Lembata? Yuk kita jelajahi ada tempat wisata menarik apa saja disana!

1. Pesona Gunung Merapi Ile Batutara

5 Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang pertama adalah Ile Batutara. Ile Batutara adalah gunung jenis Stratovolcano, dan berlokasi di tengah laut, yakni di Pulau Komba, di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata.

Gunung merapi ini sangat unik, sebab meletus setiap 20 menit disusul dengan tsunami kecil. Kita bisa menyaksikan keunikannya ini ditemani pemandu wisata setempat.

Ile Batutara, Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang menantang

ile batutara, Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang menantang – Sumber: mytrip.co.id

Pada sore dan malam hari, keindahan gunung Ile Batutara akan sangat terasa memukau. Pengalaman menyaksikan gunung merapi langsung di gelapnya malam hari, tentu sangat memuaskan hasrat petualangan sobat muda sekalian!

2. Taman Daun Lewoleba

Sobat travelling suka membaca di alam bebas, ditemani pepohonan, semilir dedaunan dan suasana alam yang santai? Cobalah kawanku bermain ke Taman Daun, Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang cukup uni ini kini mulai ngehits loh.  Di Lokasi Taman Daun Loweleba, sobat muda bisa membaca aneka buku bacaan secara gratis.

Taman Daun, Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang unik

Taman Daun, Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang unik – Sumber: @lembatasejauhmatamemandang

Taman Daun Lewoleba sendiri muncul dari keprihatinan sejumlah aktivis akan kurangnya buku bacaan di Lewoleba, dan kemudian melahirkan suatu wisata literasi di alam bebas.

3. Desa Nelayan Lamalera

Ketika berkunjung ke desa ini, sobat muda akan disuguhi atraksi menarik penangkapan ikan paus. Adalah Desa Nelayan Lamalera memiliki tradisi khusus yang jarang ada di desa nelayan lainnya, yakni penangkapan ikan Paus dengan cara tradisional. Desa ini juga menjadi asal muasal penyebaran agama Katolik di Lembata.

Desa Nelayan Lamalera

Desa Nelayan Lamalera – Sumber: pesona.travel

Untuk mencapai desa yang berada di Kecamatan Wulandoni ini pun tidak susah, sebab tersedia berbagai sarana transportasi. Sayangnya, jalan di sana masih belum termasuk layak. Tetapi justru itu menjadi tantangan yang menarik bagi sobat muda travelling bukan? Jadi, berwisata ke Desa Nelayan Lamalera, siapa takut!

4. Tanjung Nuhanera

Kawanku suka nonton acara National Geographic? Suka menjelajahi bawah lautan? Suka berfantasi menyelam bersama ikan-ikan? Kini saatnya kawan muda bermain ke Tanjung Nuhanera. Ya, wisata di Kabupaten Lembata yang satu ini sangat terkenal akan keindahan bawah lautnya. Dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk kegiatan diving dan snorkeling.

Baca Juga ya : 

Tanjung Nuhanera

Tanjung Nuhanera – photo by Lembatakab.go.id

Berlokasi di Kawasan Teluk Waienga, Kabupaten Lembata, NTT. Tiap mengunjungi arena wisata yang satu ini, sobat muda bisa menyaksikan keindahan alamiah bawah laut Indonesia yang memukau mata.

Tentu mengasyikan setelah menyelam dan menyaksikan keindahan alam Nusa Tenggara Timur, sobat moda bisa makan nasi hangat sepuasnya dengan teman-teman. Hmm, suatu sensasi petualangan yang tak terlupakan seumur hidup!

5. Pantai Waijarang

Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang terakhir adalah Pantai Waijarang. Pantai ini Menawarkan pemandangan wisata yang mengagumkan, dengan aroma laut dan suasana angin pantai. Sobat muda travelling bisa bermain di pantai yang terletak di Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, NTT ini. Kawanku jangan merasa takut kecapekan, sebab jika capek bisa beristirahat di Kumah resort yang ada di area sekitar.

Pantai Waijarang

Pantai Waijarang – photo by @sobarjackson

Ya, berwisata di suasana pantai nan asri bersama teman-teman sekolah maupun kampus, sambil berfoto ria, tentu sangat mengasyikkan. Apalagi banyak sekali spot-spot wisata di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur yang sangat instagramable.

Soal spot wisatanya pun, sobat muda jangan kuatir. Pengelolaan destinasi wisata di Kabupaten Lembata dikelola dengan cukup baik, dan menawarkan aneka makanan khas Nusa Tenggara Timur. Tidak mengherankan jika pariwisata Lembata menjadi salah satu tujuan wisata favorit di seluruh Indonesia.

Jadi sobat muda travelling, tunggu apa lagi? Jelajahi keindahan alam Lembata, dan puaskan jiwa petualanganmu sebebas-bebasnya!

 

Leave a Reply