6 Tari Adat Riau Yang Biasa dipentaskan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Pengetahuan, Tari Adat

6 Tari Adat Riau Yang Biasa dipentaskan

Tari Adat Riau

Tari Adat Riau - Sumber : blog kulo

Tari Adat Riau – Indonesia terkenal akan beragam kebudayaannya. Dari mulai sabang sampai Merauke seluruhnya terdapat kebudayaan yang sangat beragam dan berbeda. Dari keragaman suku bangsa dan adat ini timbul lah berbagai jenis kebudayaan seperti seni tari, upacara adat sampai ritual-ritual adat tertentu.

Dibalik ribuan tarian yang ada dinegeri tercinta Indonesia, kali ini saya akan menjelaskan tarian yang berasal dari daerah Sumatra tepatnya yaitu Provinsi Riau. Provinsi yang ibukotanya terletak di Pekan Baru ini memiliki banyak tarian daerah.

Seperti contohnya ada tari Zapin dan juga ada tari persahabatan. Kebudayaan melayu yang sangat pekat lah yang membuat keberagaman tarian didaerah Provinsi Riau ini. Dan berikut lah penjelasan 6 Tari Adat Riau atau tarian adat yang berasal dari Provinsi Riau.

1. Tari Zapin Matahari

Tari Zapin, Tarian adat Provinsi Riau

Tari Zapin, Tari adat Riau – Sumber : halloriau

Tari Zapin merupakan Tari adat Riau yang pertama. Sebenarnya tari Zapin ini berasal dari daerah arab lebih tepatnya daerah Yaman. Oleh karena itu tarian ini dipengaruhi oleh kebudayaan arab dan menyaratkan nilai agama. Pada awalnya tarian ini sebagai tarian penghibur di kalangan istana.

Baca Juga ya : Inilah sejarah dan makna Tari Bidadari Teminang yang unik

Pada awal perkembangannya Tari Zapin hanya di lakukan oleh seorang pria namun seiring perkembangan zaman dimainkan pula oleh penari wanita. Tari Zapin ini memerlukan pakaian baju kurung cekak musang, kain songket, kopiah dan bros.

2. Tari Tandak Sedati

Tari Tandak Sedati

Tari Tandak Sedati – Sumber : hownesia

Tari adat Riau selanjutnya adalah Tari Tandak Sedati yang merupakan tarian yang cukup digemari di Provinsi Riau. Karena tarian ini juga sebagai media silaturahmi dan tempat bertemunya para pemuda dan pemudi antar kampung. Tarian ini juga sering disebut tari cari jodoh. Tarian ini diperani oleh perempuan dan laki-laki yang dipentaskan dimalam hari.

Penari perempuan biasanya menggunakan kebaya dan kain Panjang serta juga memakai aksesoris pemanis seperti gelang, kalung dan juga hiasan kepala. Laki-laki menggunakan baju lengan Panjang dan celana Panjang serta dihiasi oleh peci.

3. Tari Makan Sirih

Dalam kebudayaan di Provinsi Riau tarian ini juga sering disebut tari persembahan. Karena sering digunakan dalam penyambutan tamu yang datang dari negara lain atau tamu agung. Disaat persembahan berlangsung salah satu penari akan membawa kotak berisi sirih dan tamu agung akan mengambil sirih tersebut sebagai penghormatan.

Tari Makan Sirih, Tari Adat Riau

Tari Makan Sirih, Tari Adat Riau – Sumber : GoRiau

Sirih ini merupakan suatu symbol untuk mendekatkan pergaulan antar masyarakat sekitar dengan tamu agung tersebut. Tarian ini biasanya dimainkan oleh 5-9 penari. Salah satu penari yang dianggap istimewa akan membawa kotak berisi sirih tersebut.

Leave a Reply